Buku Jadi Jendela Ilmu, Pahami 7 Tips Meningkatkan Kebiasaan Membaca pada Anak

Kenali beberapa tips ini untuk menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak.

oleh Miranti diperbarui 04 Okt 2024, 14:26 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2024, 14:26 WIB
Lupus
Lingkungan sekitar dapat mempengaruhi minat anak dalam membaca buku/ Kredit: pexels.com/Mikhail

Liputan6.com, Jakarta Masa anak-anak adalah salah satu periode penting karena merupakan fase pertumbuhan. Pada masa ini, anak-anak akan belajar banyak hal dan cenderung meniru apa yang ada di sekitar mereka. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan anak melakukan kegiatan yang bermanfaat, salah satunya adalah kegiatan membaca.

Terkadang, kegiatan membaca bisa menjadi hal yang membosankan bagi anak. Namun di sinilah peran orang tua sangat penting untuk bisa membiasakan anak membaca buku.

Kenali tujuh tips ini untuk menumbuhkan kebiasaan membaca pada anak. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (4/10/2024):


1. Ketahui Minat Anak

Sapta Siaga
Ajari anak membaca sejak kecil/ Sumber: pexels.com/cottonbro

Sebelum memilih buku untuk anak, sebaiknya pahami terlebih dahulu minat mereka, seperti pertemanan, superhero, atau cerita fiksi. Setelah itu, Anda dapat mencari buku yang sesuai dengan kesukaan anak. Namun, ingatlah untuk tidak membatasi anak dalam menjelajahi buku-buku mereka. Pastikan tetap ada pengawasan dari orang tua atau orang dewasa.


2. Buat Suasana yang Menyenangkan

Anak baca buku
gambar anak suka membaca/dari unsplash.com/Ben White

Lingkungan sekitar adalah salah satu faktor yang meningkatkan minat membaca anak. Jika ada ruang membaca di rumah, ciptakan suasana yang nyaman di sana. Mulailah dengan dekorasi, penataan ruang, dan suasana yang tenang untuk membaca. Dengan begitu, anak akan merasa lebih nyaman dan betah saat membaca buku.


3. Biasakan Membaca Bersama

Mengajarkan Anak Membaca
Gambar ibu dan anak sedang membaca bersama/ Freepik oleh our-team

Jangan sungkan untuk membaca buku bersama anak. Momen ini bisa menjadi waktu yang ideal untuk mempererat hubungan antara anak dan orang tua. Orang tua juga dapat melakukan penceritaan pada sesi ini. Ceritakan kisah dengan penuh ekspresi untuk membuat anak semakin tertarik dalam membaca buku.


4. Lakukan Aktivitas Menyenangkan Sambil Membaca

Ilustrasi membaca dengan anak
Gambar anak membaca bersama/copyright freepik/tirachardz

Ketika membaca buku, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas pendukung. Misalnya, membuat properti bacaan atau berakting sesuai dengan cerita yang dibaca. Aktivitas menyenangkan selama proses membaca ini akan membuat anak lebih bersemangat dan antusias dalam membaca buku.


5. Sediakan Buku di Sekitarnya

Anak Membaca Buku
Gambar anak dikelilingi banyak buku (Foto: Freepik/freepik)

Salah satu metode untuk membuat anak tertarik membaca adalah dengan menyediakan buku-buku di sekitarnya. Rasa ingin tahu yang tinggi pada anak akan mendorongnya untuk membuka dan membaca buku-buku yang tersedia. Selain menyediakan buku, ajaklah anak untuk rutin membaca juga.

 


6. Diskusikan Cerita

Parenting Story Telling
Tips Parenting yang Cocok untuk Gen Alpha di Era Digital copyright/pexels/Ketut Subiyanto

Setelah membaca, ajak anak berdiskusi tentang cerita yang telah mereka baca. Tanyakan pendapat mereka, karakter favorit, atau apa yang mereka pelajari. Diskusi ini akan meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mereka dengan materi yang dibaca. 


7. Tetapkan Waktu Membaca Rutin

Mengajari Anak Menghitung
Ilustrasi Parenting / Freepik by jcomp

Buat jadwal rutin untuk membaca, seperti sebelum tidur atau saat makan siang. Menetapkan waktu khusus akan membantu membangun kebiasaan dan menjadikan membaca sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya