Bacaan Doa Setelah Mendengar Adzan Lengkap, Amalan Mulia Penuh Berkah

Bacaan doa setelah mendengar adzan Arab, latin dan artinya

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 19 Okt 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi muslim, berdoa
Ilustrasi muslim, berdoa. (Foto oleh Alena Darmel: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-abu-abu-budaya-berdoa-8164575/)

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan seorang Muslim, adzan memiliki peran yang sangat penting sebagai penanda masuknya waktu shalat fardhu. Namun, tahukah Anda bahwa ada amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan setelah mendengar adzan? Ya, doa setelah mendengar adzan merupakan salah satu sunnah yang memiliki keutamaan luar biasa. Dengan membaca doa setelah mendengar adzan, kita tidak hanya merespons panggilan Allah, tetapi juga membuka pintu keberkahan dan rahmat-Nya.

Doa setelah mendengar adzan bukan sekadar rutinitas, melainkan sebuah kesempatan emas untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menegaskan bahwa waktu antara adzan dan iqamah adalah saat di mana doa tidak tertolak. Ini menunjukkan betapa istimewanya momen tersebut dan betapa pentingnya kita memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Dengan memahami dan mengamalkan doa setelah mendengar adzan, kita dapat meraih keberkahan dan kemuliaan di dunia dan akhirat.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang doa setelah mendengar adzan, mulai dari keutamaannya, bacaan yang dianjurkan, hingga tips untuk mengamalkannya dengan konsisten. Dengan mengetahui lebih banyak tentang doa setelah mendengar adzan, diharapkan kita dapat meningkatkan kualitas ibadah dan memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT. Mari kita pelajari bersama-sama amalan mulia ini dan raih manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber doa setelah mendengar adzan Arab, latin dan artinya pada Sabtu (19/10).

Keutamaan Doa Setelah Mendengar Adzan

Ilustrasi muslim memanjatkan doa
Ilustrasi muslim memanjatkan doa. (Photo Copyright by Freepik)

Sebelum kita membahas bacaan doa setelah mendengar adzan, penting bagi kita untuk memahami keutamaan dari amalan ini. Pengetahuan tentang keutamaan ini akan memotivasi kita untuk lebih konsisten dalam mengamalkannya.

1. Waktu Mustajab untuk Berdoa

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad:

إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ فَادْعُوا

"Sesungguhnya do'a yang tidak tertolak adalah do'a antara adzan dan iqomah, maka berdo'alah (kala itu)." (HR Ahmad)

Hadits ini menunjukkan bahwa waktu antara adzan dan iqamah adalah saat yang sangat istimewa, di mana doa-doa kita memiliki peluang besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT.

2. Mendapatkan Syafaat di Hari Akhir

Dalam buku 'Proyek Kehidupan Sesuai Al-Quran dan Sunnah' karya Aziz Amnan, dijelaskan bahwa orang yang membaca doa setelah adzan akan memperoleh syafaat di hari akhir nanti. Syafaat ini dapat berupa:

  • Syafa'atul uzhma (syafaat terbesar)
  • Peringanan hukuman
  • Ampunan dari adzab neraka
  • Peningkatan derajat di surga

3. Mendapatkan Balasan Berlipat Ganda

Rasulullah SAW juga menjelaskan dalam sebuah hadits:

إِذَا سَمِعْتُمُ الْمُؤَذِّنَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ ثُمَّ صَلُّوا عَلَىَّ فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا

"Jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Kemudian bershalawatlah untukku. Karena siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali." (HR Muslim)

Hadits ini menunjukkan bahwa dengan bershalawat setelah adzan, kita akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Bacaan Doa Setelah Mendengar Adzan

Doa Niat Puasa Ayyamul Bidh
Ilustrasi muslimah, Islami. Credit: freepik.com

Setelah memahami keutamaannya, mari kita pelajari bacaan doa yang dianjurkan setelah mendengar adzan. Ada beberapa doa yang bisa kita baca, tergantung pada waktu shalat.

1. Doa Umum Setelah Adzan

Berikut adalah doa umum yang bisa dibaca setelah mendengar adzan untuk semua waktu shalat:

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ اِنَكَ لاَ تُخْلِفُ اْلمِيْعَاد

Allahumma rabba haadzihid da'watit taammah. Wash shalaatil qaa-imah. Aati muhammadal wasiilata wal fadhiilah, wab'atshu maqoomam mahmuudal ladzii wa'adtahu innaka la tukhliful mi'ad.

Artinya: "Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan ini, yang sempurna dan memiliki salat yang didirikan. Berilah Nabi Muhammad wasilah dan keutamaan, serta kemuliaan dan derajat yang tinggi, dan angkatlah ia ke tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau telah janjikan."

2. Doa Setelah Adzan Subuh

Khusus untuk adzan Subuh, kita bisa menambahkan doa berikut:

اللهم هَذَا إِقْبَالُ نَهَارِكَ وَإِدْبَارُ لَيْلِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فاغْفِرْ لِي

Allahumma hadza iqbaalu nahaarika wa idbaaru lailika wa ashwaatu du'aaika faghfir lii

Artinya: "Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku."

3. Doa Setelah Adzan Magrib

Untuk adzan Magrib, kita bisa membaca doa tambahan sebagai berikut:

اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وإدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فَاغْفِرْ ليْ

Allahumma hadza iqbalu lailika wa idbaru naharika wa ashwatu du'aika faghfir lii.

Artinya: "Ya Allah, ini telah menjelang malamMu, dan telah berlalu siangMu, telah diserukan seruanMu, maka ampunilah aku."

Tata Cara dan Adab Berdoa Setelah Adzan

Untuk memaksimalkan keberkahan dari doa setelah mendengar adzan, ada beberapa tata cara dan adab yang perlu kita perhatikan:

1. Menjawab Adzan

Sebelum berdoa, kita dianjurkan untuk menjawab adzan dengan mengucapkan kalimat yang sama seperti yang diucapkan muadzin. Misalnya, ketika muadzin mengucapkan "Allahu Akbar", kita juga mengucapkan "Allahu Akbar".

2. Bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Setelah menjawab adzan, kita dianjurkan untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini sesuai dengan hadits yang telah disebutkan sebelumnya.

3. Membaca Doa Setelah Adzan

Setelah bershalawat, barulah kita membaca doa setelah adzan yang telah disebutkan di atas.

4. Berdoa untuk Keperluan Pribadi

Setelah membaca doa-doa yang dianjurkan, kita bisa melanjutkan dengan berdoa untuk keperluan pribadi. Ingatlah bahwa waktu antara adzan dan iqamah adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

5. Menghadap Kiblat dan Bersuci

Jika memungkinkan, usahakan untuk menghadap kiblat dan dalam keadaan suci ketika berdoa setelah adzan.

Doa setelah mendengar adzan adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan keutamaan yang begitu besar, sudah sepatutnya kita memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Mulai dari mendapatkan waktu mustajab untuk berdoa, memperoleh syafaat di hari akhir, hingga mendapatkan balasan berlipat ganda, semua itu bisa kita raih dengan konsisten mengamalkan doa setelah mendengar adzan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya