Amankan Mudik, 600 Anggota Pramuka Bogor Ikut Operasi Ketupat

Ke-600 anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor ini akan ditempatkan di 20 pos penjagaan.

oleh Bima Firmansyah diperbarui 06 Jul 2015, 14:42 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2015, 14:42 WIB
Pramuka
Pramuka diminta membantu pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang (Liputan6.com/ Bima Firmansyah)

Liputan6.com, Bogor - Sebanyak 600 anggota pramuka dilibatkan untuk membantu kepolisian dan Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kabupaten Bogor guna memantau arus mudik. Keikutsertaan mereka masuk dalam Operasi Ketupat Lodaya yang dilaksanakan sebelum hingga sesudah Hari Raya Idul Fitri.

Ke-600 anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor ini akan ditempatkan di 20 pos penjagaan. Di mana pelaksanaannya, mereka turut membantu memantau arus mudik jelang Lebaran.

"Penjagaan dan pemantauannya dibagi menjadi 3 shift, di setiap pos yang jaga sebanyak lima orang per shift," kata Wakil Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Kwarcab Pramuka Kabupaten Bogor, Riny Kusumawati di Bumi Perkemahan Pramuka Cimandala Kabupaten Bogor.

Rini menjelaskan, dalam satu kelompok di setiap shift ada yang bertugas sebagai ketua regu. Kemudian setiap jam diwajibkan untuk melaporkan bagaimana perkembangan lalu lintas dalam momentum arus mudik tersebut. "Jadi tugas ketua regu ini wajib melaporkan perkembangan lalu lintas, seperti apa perkembangannya," jelas dia.

Riny menambahkan, pramuka dilibatkan dalam penjagaan pos penjagaan Operasi Ketupat Lodaya, membantu pihak kepolisian dan DLLAJ memantau pemudik mulai 7 hari sebelum hingga 7 sesudah Hari Raya Idul Fitri. (Bima/Nrm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya