Tiket Mudik Kereta Api Sudah Terjual 839.683, Buruan Beli Sebelum Kehabisan

KAI menyatakan, hingga 11 April 2022, sudah 34 persen tiket mudik lebaran terjual.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Apr 2022, 14:00 WIB
Diterbitkan 11 Apr 2022, 14:00 WIB
Arus Balik Mudik Kereta Api
Penumpang turun dari rangkaian kereta api Argo Lawu dari Solo di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (17/5/2021). Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa mengatakan, pada hari ini diperkirakan akan ada 2.100 penumpang kereta api jarak jauh yang akan tiba di Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Tiket mudik lebaran kereta api terus terjual. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyatakan, hingga 11 April 2022, sudah 34 persen tiket mudik lebaran terjual.

KAI sendiri sudah menetapkan masa Angkutan Lebaran pada H-10 sampai H+10 Lebaran atau 22 April hingga 13 Mei 2022.

Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus mencatat, per 11 April, KAI telah menjual 839.683 tiket kereta api Jarak Jauh. 

"Itu (penjualan) termasuk perjalanan KA-KA tambahan," ujar Joni saat dihubungi Merdeka.com, Senin (11/4/2022).

Adapun, lanjut Joni, rute-rute favorit masyarakat pada masa angkutan lebaran tahun ini di dominasi tujuan provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Yaitu Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Malang pp, dan lainnya.

"Sedangkan, tanggal keberangkatan favorit masyarakat untuk arus mudik yaitu 30 April dan 29 April, sedangkan untuk arus balik yaitu 7 Mei dan 8 Mei," imbuhnya.

 


Perjalanan Alternatif

Mudik Lebih Awal di Stasiun Pasar Senen
Sejumlah calon penumpang menunggu untuk memasuki rangkaian kereta api Airlangga di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (10/4/2022). PT KAI Daop 1 telah membuka pelayanan kereta api jarak jauh sebanyak 22 perjalanan dengan kapasitas penumpang 100 persen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pihaknya mengimbau kepada calon pelanggan untuk mencari tanggal dan rute alternatif jika KA yang diinginkan telah habis tiketnya.

Calon pelanggan dapat memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan alternatif perjalanan KA dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Masyarakat dapat segera melakukan pemesanan tiket KA Lebaran melalui KAI Access, web kai.id, dan seluruh channel online penjualan tiket resmi lainnya.

"Pelanggan juga diimbau pula untuk dapat segera melakukan vaksin ketiga (booster) jika ingin melakukan mudik. Karena pada angkutan lebaran kali ini KAI ingin mewujudkan Mudik Sehat Mudik Selamat," tandasnya. 


Puncak Arus Mudik Lebaran 2022 Pakai Kereta Api Diprediksi 30 April 2022

FOTO: Suasana Arus Balik Mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen
Suasana arus balik mudik Lebaran dengan Kereta Api Kertajaya tujuan Surabaya Pasar Turi-Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (19/5/2021). Stasiun Pasar Senen tak menerapkan kembali pengecekan dokumen bebas COVID-19 bagi para penumpang yang tiba di Jakarta. (merdeka.com/Imam Buhori)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 2022 bagi masyarakat yang menggunakan transportasi kereta api akan berlangsung H-3 sampai H+1 Idul Fitri 1443 Hijriyah. Jika Hari raya Idul Fitri jatuh pada 2 Mei 2022 maka puncak arus mudik kereta api akan terjadi pada Jumat 29 April 2022. 

Sedangan untuk jumlah penumpang tertinggi jatuh pada H-2 atau pada tanggal 30 April 2022.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub) Zulfikri menjelaskan, prediksi ini dibuat berdasarkan dari keputusan pemerintah terkait tanggal merah hari raya dan cuti bersama Lebaran 2022. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa libur tanggal merah dan cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada 29 April dan 4-6 Mei 2021.

"Berdasarkan kebijakan pemerintah mengenai penentuan hari cuti bersama, hal ini mempengaruhi puncak pemudik dan arus balik," kata Zulfikri dalam Media Briefing terkait Kesiapan Angkutan Lebaran 2022 di Jakarta, Jumat (8/4/2022).

Dalam bahan paparannya, puncak arus balik lebaran dengan moda kereta api diproyeksikan jatuh H+3 hingga H+5 Idul Fitri. Jumlah penumpang tertinggi saat arus balik diyakini terdapat pada H+5 lebaran, atau pada tanggal 8 Mei 2022.

Kemenhub memprediksi, jumlah pengguna moda transportasi pada mudik Lebaran Idul Fitri 2022 mencapai 7,66 juta jiwa. Angka ini meningkat tajam dibanding tahun 2019 yang hanya melayani 6,85 juta pengguna.

"Artinya akan ada peningkatan yang cukup tinggi dibandingkan dengan situasi normal di 2019 lalu," ujarnya.


Mudik Gratis Sepeda Motor

Kemenhub Angkut 18.096 Motor Pemudik Secara Gratis
Pekerja membungkus motor pemudik sebelum dikirim dengan kereta api di Stasiun Jakarta Gudang, Selasa (28/5/2019). Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan mengangkut 18.096 motor pemudik secara gratis pada mudik Lebaran 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kemenhub juga akan menyediakan mudik gratis untuk para pengguna sepeda motor dengan kereta api. Layanan ini diberikan gratis. Oleh sebab itu, masyarakat yang berencana mudik lebaran menggunakan sepeda motor, sebaiknya harus berpikir ulang.

Hal ini dipastikan usai kunjungan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Stasiun bersama dengan Menteri Perhubungan Budi karya Sumadi. Fasilitas ini dihadirkan untuk mengurangi risiko kecelakaan timbul di perjalanan selama mudik lebaran.

"Saya menyarankan supaya disediakan gerbong khusus mengangkut kendaraan. Sehingga mereka yang akan mudik dengan sepeda motor, baiknya jangan menggunakan sepeda motor waktu mudik, tapi sepeda motornya cukup diangkut bersama dengan penumpang melalui kereta api," kata Menko PMK seperti ditulis, Jumat (8/4/2022).

Layanan pengangkutan sepeda motor ini gratis, namun untuk para pemiliknya tetap harus membeli tiket. Layanan mudik gratis sepeda motor ini sebenarnya pernah diadakan Kemenhub yang bekerjasama dengan KAI pada masa sebelum pandemi.

Sampai saat ini, Kemenhub bersama dengan KAI masih menyiapkan anggaran dan pelaksanaan teknisnya. Nantinya, layanan mudik gratis ini akan diumumkan ke masyarakat.

Infografis Stok dan Ketersediaan Vaksin Covid-19 Jelang Mudik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Stok dan Ketersediaan Vaksin Covid-19 Jelang Mudik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya