Doa Saat Memakai Baju Baru

Berikut doa saat memakai baju baru yang bisa umat muslim panjatkan.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 06 Apr 2023, 05:00 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2023, 05:00 WIB
Ilustrasi muslim berdoa
Ilustrasi muslim berdoa. (Photo created by 8photo on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Nabi Muhammad SAW adalah panutan dan sumber bimbingan bagi seluruh umat manusia. Nabi Muhammad SAW yang membawa manusia dari kegelapan menuju cahaya melalui ajarannya. Ajaran yang sering dipraktikkan oleh Nabi dikenal dengan as-sunnah.

Salah satu sunnah Nabi Muhammad yang diikuti sebagian besar umat Islam di seluruh dunia adalah membaca sejumlah doa untuk hampir semua hal. Mulai dari hal-hal penting seperti doa memohon ampunan Allah SWT hingga doa untuk aktivitas sederhana seperti masuk toilet atau doa memakai baju baru.

Abu Saeed Al-Khudri RA meriwayatkan bahwa ketika Nabi kita tercinta Muhammad SAW akan mengenakan baju baru, dia akan membaca doa berikut, lengkap dengan menyebutkan nama item pakaian baru tersebut, misalnya menyebutkan Turban, kemeja , atau jubah.

Saat membaca doa ini, Rasulullah shallallahu' alaihi wa sallam akan menyebutkan nama pakaian tersebut, misalnya, “Engkaulah yang memakaikan baju ini kepadaku” dsb.

Berikut ini doa saat memakai baju baru:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Doa Saat Memakai Baju Baru
Doa Saat Memakai Baju Baru

Membaca bismillah

Ilustrasi Islami, muslim, berdoa
Ilustrasi Islami, muslim, berdoa. (Photo by Masjid Pogung Dalangan on Unsplash)

 

Selain itu, sebagai umat Islam, kita sangat dianjurkan untuk mengucapkan “Bismillah” saat melepas pakaian karena dengan ini setan tidak akan melihat kemaluan kita” [Hisnul Hasin]

Hazrat Umar (RA) menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa jika seseorang membaca doa sambil mengenakan pakaian baru dan memberikan pakaian lama untuk amal, maka Allah akan melindunginya baik di dunia maupun di akhirat dan dia juga akan di bawah perlindungan Allah SWT (yaitu, dia akan dilindungi dari semua bencana dan dosa-dosanya akan disembunyikan).


Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta

Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta
Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya