Manfaatkan Uang THR, Ini 5 Tagihan yang Lebih Baik Dibayarkan Sebelum Mudik Lebaran

Berikut ini lima tagihan yang disarankan untuk dibayarkan terlebih dulu sebelum mudik Lebaran

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 17 Apr 2023, 05:30 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2023, 05:30 WIB
Pembayaran tagihan
Pembayaran tagihan . (Foto: pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Tunjangan Hari Raya (THR) yang dibagikan jelang Hari Raya Idul Fitri, seringkali juga dipakai untuk menyelesaikan kebutuhan penting terlebih dulu, terutama jika ingin mudik Lebaran.

Salah satunya adalah membayar tagihan-tagihan yang penting, atau melakukan pembayaran untuk berbagai kebutuhan jelang mudik Lebaran.

Mengutip siaran pers, Minggu (16/4/2023), platform e-commerce Tokopedia memberikan saran tagihan, yang bisa kamu bayarkan terlebih dulu dengan memanfaatkan THR, sebelum mudik Lebaran.

Saran Tagihan yang Harus Dibayarkan Sebelum Mudik Lebaran

Berikut ini beberapa tagihan yang disarankan untuk dibayar terlebih dulu sebelum pulang kampung untuk merayakan Lebaran, apabila THR sudah cair.

  • Isi e-money sebelum mudik lewat tol

Pastikan saldo kartu uang elektronik atau e-money cukup, agar tidak menghambat perjalanan pengendara lain, terutama saat melewati jalan tol.

  • Tagihan listrik PLN dan air PDAM

Pastikan tagihan listrik dan air bulan ini sudah dibayar, paling lambat tanggal 20 setiap bulannya untuk menghindari denda keterlambatan. Ini juga agar ketika pemudik kembali ke rumah, listrik dan air tetap dapat digunakan.

  • Internet dan TV kabel

Jangan lupa melunasi tagihan internet dan TV kabel sebelum mudik, agar koneksi internet dan TV kabel tetap tersambung, saat masyarakat kembali ke rumah.

  • Pulsa pra dan pascabayar serta tagihan telepon

Siapkan pulsa dan paket data, agar komunikasi dengan kerabat serta koneksi internet, tetap terjaga selama mudik Lebaran 2023.

  • Donasi dan Zakat

Sisihkan sebagian THR untuk berdonasi kepada masyarakat yang membutuhkan. Pembayaran donasi, zakat fitrah, hingga fidyah pun saat ini bisa dilakukan dengan mudah secara online.


Tokopedia Rilis Fitur Kelola Tagihan

Fitur Kelola Tagihan di Tokopedia (Tokopedia)
Fitur Kelola Tagihan di Tokopedia (Tokopedia)

Tokopedia sendiri baru saja meluncurkan fitur Kelola Tagihan. Platform e-commerce itu mengatakan, fitur ini dapat digunakan tagihan untuk menyelesaikan berbagai tagihan sebelum mudik Lebaran.

Selain itu, menurut Tokopedia, fitur ini dapat membantu pengguna untuk mengelola Tunjangan Hari Raya (THR) mereka, yang biasanya dipakai untuk memenuhi berbagai kebutuhan jelang Hari Raya Idul Fitri.

"Biasanya ketika ada banyak tagihan, kita kadang lupa mana tagihan yang sudah dibayar dan yang belum," kata Digital Goods Senior Lead Tokopedia, Bayu Aditya melalui siaran pers, dikutip Minggu (16/4/2023).

"Implikasinya bahkan bisa kena denda ketika akhirnya lupa bayar tagihan tertentu. Melihat kondisi ini, Tokopedia meluncurkan fitur Kelola Tagihan," imbuhnya.

Perusahaan menyebut, beberapa tagihan dan top-up bisa dikelola dengan fitur baru Tokopedia ini secara sekaligus, lewat satu halaman.

 


Cara Bayar Tagihan dengan Fitur Baru Tokopedia

Tokopedia
Laman utama aplikasi Tokopedia. (Sumber: Tokopedia)

Bayu melanjutkan, selain tagihannya tidak terpisah-pisah dan bisa dibayar sekaligus, fitur ini memudahkan pengguna untuk mengetahui rincian yang harus dibayarkan setiap bulan, serta tanggal jatuh tempo masing-masing tagihan.

Cara Pakai Fitur Kelola Tagihan Tokopedia

  1. Di menu Top-Up & Tagihan pilih Kelola Tagihan
  2. Klik Bayar Sekaligus
  3. Klik Tambah Tagihan untuk menambahkan berbagai macam tagihan yang perlu dibayar dalam satu halaman
  4. Ketika seluruh tagihan sudah didaftarkan, pengguna akan diingatkan secara berkala oleh sistem, agar tidak lupa membayar tagihan tersebut

Selain itu, pengguna dapat mengaktifkan sistem autodebet untuk masing-masing tagihan dengan klik Bayar Otomatis.

Setelah itu, pengguna bisa mengatur Periode Bayar Otomatis (pilih harian,mingguan, bulanan atau tahunan), Frekuensi (setiap berapa bulan sekali tagihan akan dibayar) dan Tanggal Bayar Otomatis.

 


Peningkatan Transaksi di Ramadan 2023

Fitur Kelola Tagihan di Tokopedia (Tokopedia)
Fitur Kelola Tagihan di Tokopedia (Tokopedia)

Untuk mengaktifkan sistem autodebet, pengguna Tokopedia bisa memilih berbagai metode pembayaran, antara lain transfer virtual account, kartu kredit atau cicilan dan pembayaran instan seperti GoPay.

Bayu mengatakan, menurut data internal mereka, transaksi Angsuran Kredit, BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan, Pajak PBB, Listrik PLN dan Air PDAM mengalami peningkatan rata-rata hampir 2 kali lipat selama Ramadan 2023.

Menurut Bayu, angka ini meningkat bila dibandingkan data dengan Ramadhan tahun 2022 yang lalu.

(Dio/Ysl)

Infografis Titik-Titik Keramaian Wisata di Musim Mudik Lebaran 2023
Infografis Titik-Titik Keramaian Wisata di Musim Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya