9 Doa Syukur kepada Allah SWT, Bisa Diamalkan Umat Islam Setiap Hari

Islam mengajarkan kepada umatnya agar selalu bersyukur dalam menjalani hidup, untuk itu umat Muslim bisa melafalkan doa syukur setiap hari.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 25 Apr 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 25 Apr 2023, 19:00 WIB
9 Doa Syukur Kepada Allah SWT, Bisa Diamalkan Umat Islam Setiap Hari
Ilustrasi Berdoa.

Liputan6.com, Jakarta Doa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT penting untuk diketahui umat Muslim. Pasalnya ada banyak nikmat yang dilimpahkan oleh Allah SWT kepada setiap hambaNya, baik berupa kesehatan, kebahagiaan, dan masih banyak yang lainnya.

Doa syukur kepada Allah SWT perlu dilafalkan umat Islam setiap harinya. Sebab, Islam mengajarkan kepada umatnya agar selalu bersyukur dalam menjalani hidup. Allah SWT akan menambahkan nikmat kepada hambaNya, apabila seorang muslim bersyukur setiap saat.

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 152, yang artinya:

“Karena itu, ingatlah kamu kepadaKu, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepadaKu dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)Ku,” (Q.S. Al-Baqarah:152).

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa syukur kepada Allah SWT yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/4/2023).


Doa Syukur kepada Allah SWT

9 Doa Syukur Kepada Allah SWT, Bisa Diamalkan Umat Islam Setiap Hari
Ilustrasi membaca doa. (dok.freepik.com)

Bacaan doa syukur kepada Allah SWT tertuang dalam Al-Qur’an Surah An-Naml ayat 19. Berikut bunyi doa syukur atas nikmat Allah SWT:

Rabbi aw zi’niy an asykura ni’matakallatiy an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa an a’mala shaalihan tardhaahu wa adkhilniy birahmatika fiy ‘ibadikashshaalihiin.

Artinya: "Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh." (QS An-Naml ayat 19)


Doa Syukur atas Diberikannya Nikmat Allah SWT

9 Doa Syukur Kepada Allah SWT, Bisa Diamalkan Umat Islam Setiap Hari
Ilustrasi doa sebelum dan sesudah azan. (Photo by rawpixel.com on Freepik)

Berikut bacaan doa syukur atas diberikannya nikmat oleh Allah SWT, yakni:

Fa tabassama daahikam ming qaulihaa wa qaala rabbi auzi'nii an asykura ni'matakallatii an'amta 'alayya wa 'alaa waalidayya wa an a'mala saalihan tardaahu wa adkhilnii birahmatika fii 'ibaadikas-saalihiin

Artinya: "Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."


Doa Pujian kepada Allah SWT

9 Doa Syukur Kepada Allah SWT, Bisa Diamalkan Umat Islam Setiap Hari
Ilustrasi muslim, berdoa, berzikir. (Image by Aamir Mohd Khan from Pixabay)

Selain bacaan doa syukur kepada Allah SWT di atas, anda juga bisa melafalkan doa pujian kepada Allah SWT. Berikut bacaannya:

Alhamdulillahi rabbil 'alamin khamdan katsira yuwafi ni'amahu wa yukafiu mazidahu.

Artinya: "Segala puji Allah Tuhan semesta alam, pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan menjamin tambahannya."

Kemudian, anda juga bisa mengamalkan dan melafalkan bacaan doa syukur yang lainnya, yakni:

Allaahumma a-'innii 'alaa dzikrika wa syukrika wa husni 'ibaadatik.

Artinya: "Ya Allah, bantulah aku untuk senantiasa mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah dengan baik kepada-Mu."


Doa Syukur atas Kesehatan

9 Doa Syukur Kepada Allah SWT, Bisa Diamalkan Umat Islam Setiap Hari
ilustrasi berdoa. freepik.com

Berikut doa syukur atas nikmat kesehatan yang diperoleh dari Allah SWT setiap harinya:

Alhamdulillahil ladzi dzahaba bin nahar wa jaa bil laili sakanan ni'matan minhu wa fadhlan. Allahummaj'alna laka minasy syakirin. Alhamdulillaahil ladzi 'afani fi yaumi hadza farubba mubtalan qad ibtuliya fima madla min 'umri. Allahumma 'afini fima baqiya minhu wa fil akhirati wa qina 'adzaban nar.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan siang hari dan mendatangkan malam untuk waktu beristirahat sebagai nikmat dan karunia dari-Nya. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk golongan orang-orang yang bersyukur kepada-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menyehatkan aku hari ini. Telah banyak cobaan yang telah aku jalani dari umurku. Ya Allah, sehatkan aku dari sisa umurku, dan dikhirat lindungilah aku dari siksa neraka."


Doa Syukur atas Diberikan Rezeki

9 Doa Syukur Kepada Allah SWT, Bisa Diamalkan Umat Islam Setiap Hari
Ilustrasi muslim, berdoa. (Foto oleh Alena Darmel: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-abu-abu-budaya-berdoa-8164575/)

Selain kesehatan, anda juga bisa melafalkan bacan dia syukur atas diberikannya rezeki, yakni:

Ya ghaniyyu ya hamidu ya mubdiu ya mu'idu ya rahimu ya wadudu, aghnini bihalalika 'an haramika wakfinii bifadllika 'amman siwaka.

Artinya: "Wahai Dzat Yang Maha Kaya, wahai Dzat Yang Maha Terpuji, wahai Dzat Yang Menciptakan makhluk dari permulaan, wahai Dzat Yang Maha Penyayang, wahai Dzat Yang Maha Kasih, kayakanlah diriku dengan yang halal dari yang haram, dan cukupilah diriku dengan anugerah-Mu dari pemberian selain dari diri-Mu." 

Tak hanya itu, ada juga doa syukur atas diberikannya kelapangan hati oleh Allah SWT. Berikut bacaannya:

Allahumma radldlini bi qadlaika wa shobbirni 'ala balaika wa awzi'ni syukra ni'amaika.

Artinya: "Ya Allah, jadikan aku ridha dalam menerima qadha (ketentuan)-Mu, dan jadikan aku sabar dalam menerima bala dari-Mu, dan tunjukilah aku untuk mensyukuri semua nikmat-nikmat-Mu."


Doa Syukur Sehari-hari

9 Doa Syukur Kepada Allah SWT, Bisa Diamalkan Umat Islam Setiap Hari
Ilustrasi Muslimah Credit: freepik.com

Sedangkan untuk doa syukur sehari-hari, anda bisa melantunkan bacaan doa berikut ini:

Allahumma anta khalaqta nafsi wa anta tawaffaha laka mamatuha wa mahyaha in ahyaytaha fahfazha, wa in amattaha faghfir laha. Allahumma inni as’alukal 'afiyah.

Artinya: "Ya Allah, Engkau telah menciptakan jiwaku, dan Engkau juga yang akan mengambilnya. Mati dan hidup jiwa ini adalah milik-Mu. Jika Engkau memberikan nyawa pada jiwa itu, tolong jagalah. Tapi jika Engkau cabut nyawa itu, tolonglah ampuninya. Aku memohon pada-Mu keselataman (agama dan duniaku)."


Doa Syukur atas Rahmat Allah SWT

9 Doa Syukur Kepada Allah SWT, Bisa Diamalkan Umat Islam Setiap Hari
ilustrasi wanita muslim berdoa.

Selain nikmat, Allah SWT juga memberikan rahmat kepada hambaNya. Berikut bacaan doa syukur atas rahmat Allah SWT, yakni:

Allaahummaftah lanaa min khazaa-ini rahmatika laa tu'adz- dzibnaa ba'dahaa abadan fid-dunyaa wal aakhirati, wa min fadlikal waasi'i rizqan halaalan thayyiban, wa laa tufqirnaa ba'dahu ilaa ahadin siwaaka abadan, taziidunaa laka bihaa syukran wa ilaika faaqatan wa faqran, wa bika 'amman siwaaka ghinan wa ta'affufan.

Artinya: "Ya Allah, bukakanlah (pintu rahmat-Mu) dari gudang-gudang rahmat-Mu untuk kami, janganlah siksa kami selamanya setelah kami mendapatkan rahmat itu di dunia maupun di akhirat. Dan dari karunia-Mu yang Maha Luas, rezeki yang halal serta baik untuk kami. Setelah itu, janganlah Engkau membuat kami membutuhkan orang lain selain-Mu selamanya, sebab rahmat dan karunia-Mu, membuat kami semakin bersyukur kepada-Mu, dan semakin membutuhkan-Mu, dan semakin tidak membutuhkan orang lain selain Engkau ya Allah." (Doa Imam Muzanni, Zuhd Ahmad Ibnu Hanbal no. 1.854)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya