Gerhana di Bulan Ramadhan Tanda Kiamat? Ini Kata Buya Yahya

Gerhana di bulan Ramadhan ini ada yang mengaitkan dengan tanda kiamat. Hal tersebut pun menjadi pertanyaan dari salah satu jemaah Al Bahjah kepada KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 19 Apr 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi Gerhana Matahari Total
Ilustrasi gerhana matahari. Foto: pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana matahari hibrida yang akan terjadi pada 20 April 2023 masih dalam nuansa Ramadhan. Tepatnya di penghujung akhir bulan suci.

Ada yang mengaitkan gerhana di bulan Ramadhan dengan tanda kiamat. Hal tersebut pun menjadi pertanyaan dari salah satu jemaah Al Bahjah kepada KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya.

“Saya hamba Allah izin bertanya mengenai isu yang berkembang di tengah umat mengenai gerhana di bulan Ramadhan yang dikaitkan dengan kemunculan Imam Mahdi (tanda kiamat). Bagaimana pendapat buya mengenai isu tersebut yang menimbulkan keresahan di tengah sebagian umat Islam?” demikian pertanyaannya yang dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Rabu (10/4//2023).

Buya Yahya menjelaskan, umat Islam ahlussunnah wal jamaah meyakini bahwa kemunculan Imam Mahdi termasuk salah satu tanda kiamat kubra. Imam Mahdi akan membersamai Nabi Isa AS melawan Dajjal.

Imam Mahdi adalah sosok yang akan muncul di akhir zaman. Ia memiliki nama seperti Rasulullah SAW, yakni Muhammad bin Abdullah. Garis nasab Imam Mahdi bersambung hingga Nabi Muhammad SAW melalui Siti Fatimah Azzahra dari Sayyidina Hasan.

“Itu adalah Imam Mahdi yang kita yakini. Biar pun di sana ada Imam Mahdi dengan versi yang tidak sesuai dengan keyakinan kita,” kata Buya Yahya.

Kemunculan Imam Mahdi sebagai tanda kiamat kubra didasarkan pada riwayat-riwayat dari hadis shahih. Kendati demikian, ada sebagian yang menyatakan hadis-hadis tersebut tidak sampai derajat mutawatir. Karena itu, bagi sebagian ulama mengingkari Imam Mahdi tidak dianggap keluar dari iman. 

“Tapi sah kita meyakini karena hadis (kemunculan Imam Mahdi) benar dan kita yakin. Secara peribadi yakin betul insya Allah Imam Mahdi akan datang,” imbuh pengasuh LPD Al Bahjah ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Soal Gerhana di Bulan Ramadhan Dikaitkan Tanda Kiamat

Ilustrasi gerhana matahari
Ilustrasi gerhana matahari. (Photo by Drew Rae on Pexels)

Kembali pada inti pertanyaan jemaah tadi, Buya Yahya menegaskan bahwa gerhana di bulan Ramadhan tidak ada kaitannya dengan tanda kiamat. Sebab, tanda kiamat akan diketahui pada akhirnya dan tidak perlu dicari.

“Gak usah dicari. Gak usah nunggu gerhana. Kita menyiapkan diri dengan keimanan. Jika pada waktunya datang Sayyidina Isa, Imam Mahdi, kita akan menjadi pendukungnya,” kata Buya Yahya. 

“Jadi seperti itu. Hal-hal seperti itu jangan terlalu banyak didengar isu kaya gitu. Gak banyak manfaatnya untuk Anda,” Buya Yahya menegaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya