Mengenal Tradisi Sungkeman yang Sering Dilakukan Saat Lebaran Idul Fitri

Saat lebaran ada tradisi yang tak bisa dilewatkan yaitu tradisi sungkem atau sungkeman. Sungkem seringkali dilakukan ketika Hari Raya Idul Fitri tiba sebagai wujud silaturahmi hingga permohonan maaf kepada orang yang lebih tua.

oleh Camelia diperbarui 22 Apr 2023, 14:40 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2023, 14:40 WIB
Ayu Ting Ting
Ayu Ting Ting sungkem di hadapan orangtua menjadi salah satu ritual di hari Lebaran, Rabu (6/7/2016) (Liputan6.com.Herman Zakharia)

 

Liputan6.com, Jakarta Lebaran Idul Fitri tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang pasalnya lebaran menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga. Biasanya saat Hari Raya Idul Fitri, umat muslim akan berkumpul dan saling bermaafan kepada orangtua dan sanak saudara. 

Saat lebaran ada tradisi yang tak bisa dilewatkan yaitu tradisi sungkem atau sungkeman. Sungkem seringkali dilakukan ketika Hari Raya Idul Fitri tiba sebagai wujud silaturahmi hingga permohonan maaf kepada orang yang lebih tua. 

Tradisi ini seolah menjadi tanda bukti yang ditunjukkan oleh anak kepada orangtua sebagai rasa terima kasih atas bimbingan dan pelajaran yang diajarkan sejak kecil hingga dewasa.

Rupanya ada beberapa makna dari tradisi sungkem ini sendiri. Dikutip dari Merdeka.com, makna pertama dari tradisi sungkem adalah sebagai sarana yang dilakukan masyarakat Jawa untuk melatih kerendahan hati. Sebab dengan melakukan sungkem, maka seseorang akan melakukan gestur merendah dan menyembah kepada orang yang lebih tua.


Makna Sungkeman

Acha Septriasa Lebaran
Ia tak lupa meminta maaf dengan tradisi sungkeman. Momen sakral ini tentu tak boleh dilewatkan. [Instagram @septriasaacha]

Makna kedua dari tradisi sungkem yakni sebagai wujud terima kasih dari seorang anak atau orang yang lebih muda kepada orang yang lebih tua. Ungkapan terima kasih ini diwujudkan dengan gestur yang seakan patuh dan hormat kepada orang yang lebih tua.

Tak hanya itu, masih ada lagi makna lainnya dari tradisi sungkem ini. Makna dari tradisi sungkem yang berikutnya yakni wujud penyesalan dan permintaan maaf dari segala perbuatan buruk yang pernah dilakukan kepada orangtua. Sebuah hubungan antara orang yang lebih tua dengan yang lebih muda akan dapat diperbaiki dengan tradisi sungkeman.


Menunjukkan akhlak dan sifat yang mulia dari seorang manusia

Annisa Pohan
Annisa Pohan mengunggah foto sungkeman dengan ibu mertuanya, Ani Yudhoyono, saat Lebaran tahun lalu (Dok.Instagram/@annisayudhoyono/https://www.instagram.com/p/ByWdXjjDb-W/Komarudin)

Selanjutnya, makna terakhir dari sungkeman yakni sebagai ritual penyadaran diri pada jiwa-jiwa anak muda yang sering lupa bagaimana seharusnya memperlakukan orang yang lebih tua. 

Meski begitu, penting untuk digarisbawahi bahwa tradisi sungkem tidak menunjukkan rendahnya derajat seorang manusia kepada manusia yang lain, melainkan hal tersebut menunjukkan akhlak dan sifat yang mulia dari seorang manusia.

Selain itu, tujuan utama dari tradisi yang satu ini bukan hanya untuk memohon maaf kepada orang lain, namun juga sebagai tanda penghormatan kepada manusia lain yang telah memberikan sekaligus mengajarkan berbagai hikmah dari kehidupan.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya