Bolehkah Menikah saat Berhaji? Jangan Cuma Ikut Tren, Ternyata Hukumnya Begini

Jangan hanya berfikir bersejarah, Ini hukum berhaji dan menikah sekaligus, di Makkah.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Mei 2024, 12:30 WIB
Diterbitkan 27 Mei 2024, 12:30 WIB
Akui Sudah Menikah di Makkah, Ini 6 Potret Mesra Beni Mulyana dan Istri
Ilustrasi Menikah di Makkah, (Sumber: Instagram/benimulyanasopian)

Liputan6.com, Jakarta - Sambil menyelam minum air, mungkin pepatah lama ini bisa menggambarkan keinginan seseorang yang ingin menikah pada momen berhaji atau naik haji.

Ada beberapa orang yang sengaja memanfaatkan momen di kota suci agama Islam ini, setidaknya memiliki harapan agar tidak terlupakan. Bahkan juga agar pernikahnya diridhai Allah SWT.

Seperti diketahui Makkah kota bersejarah, setidaknya pernikahannya pun ikut bersejarah lantaran resminya di kota suci.

Tren di kalangan artis, mereka menikah di Makkah, bahkan terkadang masih menggunakan pakaian ihram. Mereka sekaligus menjalankan ibadah haji, ataupun umrah.

Sepertinya indah sekali jika dibayangkan, masih pakai pakaian ihram, melakukan pernikahan. Tetapi bagaimanakah hukumnya menikah saat umrah atau berhaji?

 

Simak Video Pilihan Ini:

Begini Pendapat Ulama

Masjidil Haram dipadati jutaan jemaah
Pandangan udara saat Umat Muslim melaksanakan salat menghadap Kakbah di Masjidil Haram, Makkah, (AP Photo/Dar Yasin)

Mengutip islami.co, disebutkan juga dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi bi Syarh Jâmi’ Tirmidzi, bahwa Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad dan jumhur ulama berpendapat bahwa nikahnya orang yang berihram itu tidak sah.

Mereka bersandar pada beberapa hadis dalam bab yang sama (bab kemakruhan nikah orang yang sedang ihram), sedangkan imam Abu Hanifah dan ahli fiqih Kufah berpendapat bahwa nikahnya orang yang sedang muhrim adalah sah.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa nikahnya orang yang sedang ihram (haji atau umrah) menurut jumhur ulama tidak sah, Imam Abu Hanifah dan ulama Kufah yang berpendapat sah.

Namun, dalam kitab Jami’ Tirmidzi terdapat hadis yang menyebutkan bahwa Rasulullah menikah ketika sedang ihram.

عَنِ ابْنِ عَبَّاس أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَزَوَّجَ مَيْمُوْنَةَ وَهُوَ مُحْرِمٌ

Dari Ibnu Abas RA bahwasannya Nabi SAW menikah dengan Maimunah sedangkan beliau sedang ihram (HR. Tirmidzi)

Dalam hadis lain yang juga diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, menyebutkan hadis yang bertentangan dengan hadis di atas.

عن أبي رافع قال: تزوج رسول الله ميمونة وهو حلال

Dari Abu Râfi’, ia berkata, “Nabi menikah dengan Maimunah ketika beliau tidak sedang berihram.”

 

Berikut Ini Kesimpulannya

Ilustrasi - Ka'bah zaman Makkah kuno. (Foto: Tangkapan layar film The Messenger)
Ilustrasi - Ka'bah zaman Makkah kuno. (Foto: Tangkapan layar film The Messenger)

Kedua hadis di atas seolah-olah kontradiktif, yang pertama menyebutkan bahwa Maimunah RA menikah dengan Rasul SAW saat ihram, yang kedua menyebutkan sebaliknya, tidak dalam keadaan ihram.

Lantas bagaimana penjelasan ulama tentang hadis pertama?

Disarikan dari kitab Tuhfatul Ahwadzi, para ulama menjelaskan empat cara menyelesaikan pertentangan dalam kasus ini.

Pertama, Nabi Muhammad SAW dalam keadaan tidak berihram sebagaimana diriwayatkan oleh kebanyakan sahabat. Al-Qodhi berkata, “Tidak ada yang meriwayatkan hadis “Nabi menikah dalam keadaan ihram” kecuali Ibnu ‘Abbas saja, sedangkan Maimunah, Abu Rafi’ dan selainnya meriwayatkan bahwa Nabi menikah saat tidak ihram, selain itu faktor kekuatan hafalanpun berpengaruh, mereka lebih kuat hafalannya dari Ibnu ‘Abbas.”

Kedua, hadis Ibnu ‘Abbas ditakwil, kata محرم dalam hadis tersebut bermakna Nabi sedang di tanah haram, bukan sedang melakukan ihram.

Ketiga, terdapat kontradiksi antara perkataan dan perbuatan. Sebagaimana kaidah yang ada, apabila terjadi kontradiksi antara perkataan dan perbuatan dalam hadis, maka yang diutamakan adalah perkataan. Di sini perkataan yang diambil adalah hadis yang diriwayatkan oleh Maimunah sendiri, orang yang melakukan pernikahan ini.

عن ميونة أن رسول الله صلّى الله عليه وسلم تزوجها وهو حلال

Dari Maimunah RA bahwasannya Rasulullah Saw menikahinya ketika beliau tidak sedang berihram (HR. Tirmidzi)

Keempat, permasalahan tadi bagian dari kekhususan (khususiyyah) Nabi Muhammad SAW. Dan pendapat keempat ini memiliki dua bagian. Pertama, pendapat yang mengatakan pernikahan tadi bagian dari kekhususan Nabi dan ini yang paling kuat, sedangkan pendapat sebaliknya adalah lemah.

Oleh karena jumhur ulama melarang nikah saat haji atau umrah (ihram), maka seorang ulama bermazhab Syafii menyebutkan dalam kitabnya, Fathul Qarib al-Mujib, bahwa salah satu larangan dalam haji adalah melakukan akad nikah, maupun menjadi wali dalam pernikahan:

(و) الثامن (عقد النكاح) فيحرم على المحرم أن يعقد النكاح لنفسه أو غيره، بوكالة أو ولاية

“Kedelapan (dari sepuluh perkara yang dilarang dilakukan ketika ihram) yaitu akad nikah. Akad nikah diharamkan bagi orang yang sedang ihram, bagi dirinya maupun bagi orang lain (menjadi wali” Wallahu a’lam.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya