Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi, Orang Bangga dengan Dosa dan Melupakannya

Bukti tipu daya setan di akhir zaman adalah semakin banyaknya orang yang berbangga dengan dosa. Dimana kemaksiatan terlihat lebih indah dan menarik daripada berbuat amal kebaikan.

oleh Putry Damayanty diperbarui 10 Sep 2024, 03:30 WIB
Diterbitkan 10 Sep 2024, 03:30 WIB
Ilustrasi kesombongan
Ilustrasi kesombongan. (Image by kues1 on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Dunia ini hanyalah tempat persinggahan. Namun, tak sedikit orang yang mati-matian dalam mengejar dunia hingga lupa dengan apa yang seharusnya dipersiapkan untuk kehidupan akhiratnya.

وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا لَعِبٌ وَّلَهْوٌ ۗوَلَلدَّارُ الْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لِّلَّذِيْنَ يَتَّقُوْنَۗ اَفَلَا تَعْقِلُوْنَ 

Artinya: "Dan kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan senda gurau. Sedangkan negeri akhirat itu, sungguh lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Tidakkah kamu mengerti?" (QS. Al-An'am: 32)

Sebab tak ada seorang pun yang mengetahui kapan dunia ini akan berakhir. Namun di antara tanda akhir zaman itu adalah semakin banyak orang yang berbangga dengan dosa.

Maksiat justru terlihat seperti suatu keindahan yang begitu menarik dan menawan. Sehingga orang-orang terjerumus akan tipu daya setan yang menyesatkan dan membuat mereka lupa akan dosa-dosanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Waspada dengan Tipu Daya Setan

Ilustrasi kiamat, hari akhir
Ilustrasi kiamat, hari akhir. (Image by liuzishan on Freepik)

Mengutip penjelasan dari KH Anwar Zuhdi, Mustasyar PCNU Kabupaten Pringsewu, beliau mengatakan bahwa semakin zaman bertambah tua maka semakin indah suasananya. Namun keindahan tersebut hanyalah semu belaka karena makin tua sesuatu, akan berkurang fungsi-fungsinya.

"Zaman akhir ini ibaratnya seperti orang tua yang berdandan cantik. Di balik kecantikannya ada sifat pikun. Sudah gampang lupa. Sehingga zaman sekarang ini banyak orang yang berbuat dosa tapi tidak merasa atau lupa jika itu dosa," jelasnya.

Sehingganya menurut kiai yang akrab dipanggil Abah Anwar ini, kita haruslah berhati-hati untuk melangkah dalam kehidupan. "Hati-hati, zaman sekarang banyak hal yang seolah-olah baik, bagus dan benar, namun sebenarnya hanya tipu daya kehidupan dunia," terangnya.

Terutama yang berkaitan dengan agama, beliau mengingatkan agar selalu teliti dan waspada dalam memahami dan meyakininya. Kemudian juga senantiasa menanyakan kepada para kiai dan orang yang paham tentang permasalahan tersebut.


Kemaksiatan dan Dosa Pertanda Akhir Zaman

Ilustrasi hari akhir, kiamat
Ilustrasi hari akhir, kiamat. (Image by kjpargeter on Freepik)

Menurutnya, tipu daya setan dan iblis sangat luar biasa dalam mempengaruhi hati dan pemikiran manusia. "Iblis itu aslinya adalah malaikat Azazil yang merupakan malaikat paling pintar. Namun karena ketakaburannya dan melawan perintah Allah maka Allah menghukumnya dengan mengeluarkannya dari surga bersama Nabi Adam," katanya.

Jadi, manusia tidak akan mampu mengalahkan kemampuan setan sehingganya manusia diingatkan Allah dengan perintah untuk tidak mengikuti langkah-langkah setan.

"Apalagi di zaman akhir seperti ini banyak sekali orang berbuat dosa dengan terang-terangan dan bangga melakukan dosa tersebut. Ini merupakan bukti pengaruh kepintaran setan," jelasnya.

Beliau menjelaskan bahwa fenomema bangga dengan kemaksiatan dan dosa merupakan tanda-tanda hari akhir. "Tanda-tanda kiamat sughro (kecil) itu di antaranya sedikitnya orang alim, banyaknya orang tak berilmu, berzina dengan terang terangan, banyaknya bangunan, sedikitnya laki-laki dibanding perempuan dan bertambah beratnya orang yang berjuang di jalan Allah," pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya