20 Quotes Ustadz Hanan Attaki yang Menyentuh Hati dan Menginspirasi

Jika kamu sedang merasa kacau, galau, kecewa, atau bahkan putus asa, berikut ini adalah quotes Ustadz Hanan Attaki yang bisa dijadikan motivasi dan refleksi diri.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Sep 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2024, 07:30 WIB
Ustadz Hanan Attaki (https://www.instagram.com/p/C992K82PL7V/?img_index=2)
Ustadz Hanan Attaki (https://www.instagram.com/p/C992K82PL7V/?img_index=2)

Liputan6.com, Jakarta - Ceramah Ustadz Hanan Attaki selalu penuh dengan kata-kata yang bermakna, menyentuh hati, dan bisa menjadi motivasi untuk menghadapi kesulitan hidup.

Pendakwah muda ini sering menyelipkan kalimat-kalimat yang seolah “menampar” dan menyadarkan, terutama bagi anak muda. Jika kamu sedang merasa kacau, galau, kecewa, atau bahkan putus asa, berikut ini adalah quotes Ustadz Hanan Attaki yang bisa dijadikan motivasi dan refleksi diri.

Setiap quotes dilengkapi dengan penjelasan agar lebih mudah dipahami.

1. Saat sudah terlalu berat untuk bertahan, maka cobalah untuk melepaskan secara perlahan.

Dalam hidup, kadang kita merasa harus terus bertahan meski hati sudah terlalu lelah. Melepaskan bukan berarti menyerah, tapi cara untuk menemukan kedamaian. Lepaskan dengan pelan-pelan agar kamu bisa menyembuhkan diri dari dalam.

2. Jangan terlalu dikejar. Jika memang jalannya, Allah akan memperlancar.

Pesan ini mengingatkan kita bahwa segala sesuatu yang dipaksakan belum tentu baik. Jika sesuatu memang sudah menjadi takdir kita, Allah akan membuatnya lebih mudah dan lancar.

3. Tidur itu rehat fisik sedangkan sholat adalah rehat jiwa (mental).

Jadi kalau hati kita lagi capek sama keadaan, enggak bisa dibawa tidur, berdirilah, ruku, sujud, hayati setiap bacaan dalam sholat itu maka jiwa itu akan healing.Terkadang, kita berpikir bahwa istirahat fisik sudah cukup, tetapi hati kita tetap resah. Sholat adalah cara terbaik untuk menenangkan jiwa dan mengembalikan kedamaian hati.

4. Dosa itu memengaruhi hidup kita.

Dosa bukan hanya berdampak pada kehidupan akhirat, tetapi juga pada kehidupan di dunia. Ketika melakukan dosa, hati akan menjadi gelisah, hidup terasa tidak karuan, dan hati menjadi sempit.

5. Teruslah belajar meskipun kamu sedang terluka, biarkan langkahmu membawa dirimu pada kebahagiaan dan mengakhiri sedihmu.

Dalam keadaan terluka sekalipun, jangan pernah berhenti belajar dan bergerak maju. Langkah kecil yang kamu ambil setiap hari akan membawamu ke arah kebahagiaan dan perlahan mengakhiri rasa sedih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Cinta Sejati dan Obat Hati

Ilustrasi matahari, sinar matahari, semangat, motivasi
Ilustrasi semangat, motivasi. (Photo by Jude Beck on Unsplash)

6. Kamu tak akan pernah menemukan cinta sejati sampai kamu terlebih dahulu belajar mencintai Allah.

Sebelum mencari cinta di luar sana, kita harus terlebih dahulu mencintai Allah. Cinta kepada-Nya akan mengajarkan kita makna cinta sejati yang sebenarnya.

7. Obat hati adalah Al-Qur'an.

Ketika hati merasa tidak tenang, Al-Qur'an adalah obat yang paling ampuh. Membaca dan menghayati ayat-ayatnya dapat membawa ketenangan dalam hati.

8. Satu-satunya cara agar tidak kecewa adalah titipkan segala urusanmu kepada Allah.

Kekecewaan sering kali datang dari harapan yang tidak terpenuhi. Dengan menyerahkan segala urusan kepada Allah, kita akan terhindar dari rasa kecewa karena percaya bahwa Allah akan mengatur yang terbaik.

9. Ketika kita tidak berharap kepada siapapun kecuali Allah, saat itulah kita makin kuat.

Saat kita tidak menggantungkan harapan kepada manusia dan hanya berharap kepada Allah, kita akan menjadi lebih kuat. Karena Allah tidak pernah mengecewakan, tidak seperti manusia.

10. Ketika kita menerima satu nasihat, jadikan nasihat itu sebagai cermin untuk melihat kekurangan diri kita, jangan kita jadikan kaca pembesar untuk melihat keburukan orang lain.

Nasihat seharusnya menjadi alat introspeksi diri. Jangan gunakan nasihat untuk menilai orang lain, tetapi jadikan sebagai cermin untuk memperbaiki kekurangan diri sendiri.

 


Ini Soal Curhat sama Allah SWT dan Sabar

Ilustrasi impian, motivasi, inspirasi, semangat
Ilustrasi impian, motivasi, inspirasi, semangat. (Image by jcomp on Freepik)

11. Tetaplah bersabar, meskipun terasa seluruh duniamu berantakan, Tuhan tahu lelahmu.

Di saat seluruh hidup terasa hancur, bersabar adalah kunci. Allah tahu seberapa besar rasa lelahmu dan Dia akan memberikan pertolongan ketika waktunya tiba.

12. Makin lama kita curhat sama Allah, makin Allah sayang sama kita.

Semakin sering kita mengadukan masalah kita kepada Allah dalam doa, semakin besar cinta dan kasih sayang Allah kepada kita. Allah adalah tempat terbaik untuk curhat.

13. Kalau tidurnya sudah diatas sajadah, berarti yang butuh istirahat hatinya, bukan badannya.

Kadang kita merasa lelah meskipun fisik sudah beristirahat. Jika kamu merasa begitu, mungkin yang perlu istirahat bukan tubuhmu, melainkan hatimu. Tidur di sajadah bisa menjadi tanda bahwa kamu butuh kedamaian batin.

14. Teruslah berbuat baik meski itu melelahkan, karena lelahnya akan hilang sedangkan pahalanya InsyaAllah akan terus ada.

Meskipun terasa berat, jangan pernah berhenti berbuat baik. Lelah akan hilang seiring waktu, tetapi pahala dari kebaikanmu akan tetap abadi.

15. Siapa kita untuk bersikap sombong? Apakah amalan kita lebih baik dari Abu Bakar? Beliau saja khawatir tentang dirinya. Umar? Beliau tunduk saat dinasihati seorang nenek bernama Khaulah. Ali? Beliau diam saat istrinya marah.

Kita tidak memiliki alasan untuk bersikap sombong, karena bahkan para sahabat Nabi yang sangat mulia pun masih merasa rendah hati. Jika mereka saja begitu, siapa kita untuk merasa lebih baik?

16. Jangan berputus asa. Allah tak akan mengecewakan hamba-Nya yang ingin memperbaiki diri.

Allah tidak pernah mengecewakan hamba-Nya yang berusaha memperbaiki diri. Selama kamu memiliki niat baik dan terus berusaha, Allah akan membantumu menemukan jalan yang terbaik.

17. Ketika diri sendiri merasakan dizalimi, jangan doakan orang itu keburukan, walaupun hal itu adalah kesempatan kita untuk berdoa.

Saat merasa dizalimi, jangan balas dengan mendoakan keburukan bagi orang lain, meskipun doa orang yang dizalimi tidak terhalang. Lebih baik berdoa untuk kebaikan diri sendiri agar mendapatkan kekuatan dan kesabaran.

18. Anak muda yang keren itu adalah anak muda yang tetap berpenampilan muda, punya selera muda, punya semangat anak muda tetapi enggak jauh dari masjid.

Anak muda yang sejati adalah mereka yang tetap memiliki semangat dan selera muda, tetapi tidak melupakan ibadah dan tetap dekat dengan masjid.

19. Sehebat apapun kita merencanakan sesuatu, tetap rencana Allah adalah sebaik-baiknya rancangan.Sebagus apapun rencana yang kita buat, rencana Allah adalah yang terbaik. Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana kita, yakinlah bahwa Allah telah menyiapkan sesuatu yang lebih baik.

20. Saat sudah terlalu berat untuk bertahan, cobalah untuk melepaskan secara perlahan.

Jika segalanya terasa terlalu berat, mungkin saatnya untuk belajar melepaskan. Melepaskan dengan perlahan bisa memberikan ruang bagi kita untuk sembuh dan menemukan jalan baru.

Semoga quotes-quotes ini bisa memberikan semangat baru dan menjadi pengingat diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya