Industri Perkapalan Topang Perekonomian Nasional, Cek Inovasi Terbaru di INAMARINE 2023

Sebagai negara dengan kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki garis pantai mencapai 95.181 km dan menjadi yang terbesar kedua di dunia.

oleh Liputan6.com diperbarui 24 Agu 2023, 19:11 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2023, 19:08 WIB
INAMARINE 2023
Pameran yang menampilkan berbagai inovasi produk, teknologi, serta layanan terbaru yang berkaitan dengan industri galangan kapal, perbaikan kapal, teknologi kelautan, hingga keselamatan dan keamanan maritim ini melibatkan 210 peserta dari luar dan dalam negeri yang salah satu diantaranya adalah Nippon Paint Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai sektor padat karya, padat modal, dan padat teknologi, industri perkapalan memiliki peran dalam menopang perekonomian nasional. Pemerintah berkomitmen untuk membangun infrastruktur dan konektivitas maritim dengan membangun jalan tol laut, pelabuhan laut, logistik dan industri perkapalan, serta wisata bahari.

Sebagai negara dengan kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki garis pantai mencapai 95.181 km dan menjadi yang terbesar kedua di dunia. Dua pertiga wilayah Indonesia merupakan laut dengan luas 5,8 juta per kilometer persegi.

Hal ini melatarbelakangi hadirnya pameran Indonesia International Shipbuilding, Offshore, Marine Equipment, Machinery & Services (INAMARINE) 2023 pada 23 sampai 25 Agustus 2023 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, Indonesia.

Pameran yang menampilkan berbagai inovasi produk, teknologi, serta layanan terbaru yang berkaitan dengan industri galangan kapal, perbaikan kapal, teknologi kelautan, hingga keselamatan dan keamanan maritim ini melibatkan 210 peserta dari luar dan dalam negeri yang salah satu diantaranya adalah Nippon Paint Indonesia.

Menurut General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia Mark Liew, selain fokus pada decorative dan protective coating, Nippon Paint juga telah menjadi bagian dalam perjalanan industri pelapis kapal di Indonesia sejak 1972.

“Ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (24/8/2023).

Berbicara mengenai industri kapal, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai cat dan pelapisnya. Penggunaan cat dan pelapis pada kapal digunakan untuk memberikan lapisan film agar melindungi material dari gangguan kondisi lingkungan sekitar.

Tidak hanya berfungsi sebagai pemberi estetika (decoration), cat dan pelapis juga memiliki peran sebagai pelindung (protection) hingga tujuan khusus lainnya seperti mencegah menempelnya biota laut pada plat kapal.

Semua kapal baik yang besar atau kecil pasti akan memerlukan pemeliharaan dari waktu ke waktu. Terutama untuk proteksi atau pencegahan terhadap menempelnya biota laut pada permukaan kapal, serta untuk menjaga kualitas dan daya tahan kapal agar tidak mudah korosi, maka diperlukan cat dan pelapis yang berkualitas untuk memberikan perlindungan maksimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya