Ada Perpustakaan Mini di Taman Situ Lembang, Publik Bisa Ikut Sumbang Buku

Tak hanya bersantai, saat ke Taman Situ Lembang Anda juga bisa membaca di perpustakaan mini.

oleh Putu Elmira diperbarui 20 Mei 2021, 07:02 WIB
Diterbitkan 20 Mei 2021, 07:02 WIB
FOTO: Menumbuhkan Minat Baca Lewat Perpustakaan Bersama Bookhive Jakarta
Warga membaca buku dekat perpustakaan bersama Bookhive Jakarta di kawasan Taman Situ Lembang, Jakarta, Selasa (27/4/2021). Pemkot Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Bookhive Jakarta memfasilitasi warga untuk bisa meminjam buku gratis atau menyumbang sukarela. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Taman Situ Lembang jadi salah satu spot asri nan menyejukkan mata yang dapat disambangi kala bersantai. Di dekat kawasan taman ini pula, terdapat sebuah perpustakaan mini bernama Bookhive Jakarta.

Berlokasi di Jalan Lembang No. 16, seberang Situ Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, perpustakaan mini ini hadir dengan sebuah rak buku kayu berbentuk unik. Di sampingnya, terdapat keterangan "Ambil Seperlunya Sumbang Semampunya" yang ditujukan untuk pembaca yang mampir di sana.

Bagi yang tertarik untuk menghabiskan waktu membaca sembari menikmati waktu dengan pemandangan Taman Situ Lembang di hadapan Anda, dapat mengambil buku yang ingin dibaca di dalam rak. Jika sudah selesai membaca, buku dapat dikembalikan ke rak agar orang lain dapat pula menikmatinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

FOTO: Menumbuhkan Minat Baca Lewat Perpustakaan Bersama Bookhive Jakarta
Warga membaca buku dekat perpustakaan bersama Bookhive Jakarta di kawasan Taman Situ Lembang, Jakarta, Selasa (27/4/2021). Rak buku publik tersebut diharapkan bisa memberikan ruang dan menumbuhkan minat baca warga Ibu Kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Namun jika Anda belum selesai membaca dan ingin melanjutkan perjalanan, buku di Bookhive dapat dibawa pulang. Hal ini yang disampaikan dalam unggahan di akun Bookhive Jakarta.

"Bawa pulang buku, emang boleh? Bole banget! Kamu bisa bawa buku dari Bookhive untuk dibaca di tempat lain, tetapi jangan lupa mengembalikan buku tersebut jika sudah selesai atau menyumbang buku lain ya agar orang lain juga bisa mendapat bacaan," bunyi keterangan itu.

Tak hanya membaca, Anda juga dapat menyumbangkan buku di sana. Berdasarkan informasi yang disampaikan, bagi yang ingin menyumbang dapat langsung ke Bookhive karena mengurangi emisi karbon dan sampah pengepakan demi melindungi Bumi.

"Kami ingin kamu juga mengambil buku dari Bookhive agar bisa merasakan pengalaman melihat-lihat dan memilih buku," tulis Bookhive.


Jam Buka

FOTO: Menumbuhkan Minat Baca Lewat Perpustakaan Bersama Bookhive Jakarta
Warga membaca buku dekat perpustakaan bersama Bookhive Jakarta di kawasan Taman Situ Lembang, Jakarta, Selasa (27/4/2021). Warga bisa meminjam dan menyumbang buku pada rak terbuka Bookhive Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bagi Anda yang ingin bersantai sekaligus membaca, Bookhive beroperasi dari pukul 06.00--18.00 WIB. Di luar jam tersebut, Bookhive dikunci dan sumbangan buku bisa dititipkan ke satpam.

Di perpustakaan mini ini tersedia novel, nonfiksi umum, puisi, buku anak-anak, dan textbook dan ensiklopedia. Umumnya buku-buku di Bookhive berbahasa Indonesia dan Inggris.

Bookhive juga mengingatkan pengunjung untuk mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak. "Kita menyemprotkan disinfektan ke Bookhive secara berkala dan kita juga menyediakan sanitiser di rak atas bookhive," tulisnya.


Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah

Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah
Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya