Momen Pengibaran Bendera Merah Putih di Gua, Tebing, dan Laut untuk Rayakan HUT ke-76 RI

Pengibaran bendera merah putih oleh EIGER Adventure dalam rangka HUT ke-76 RI ini dilakukan di tiga tempat berbeda di Pulau Jawa.

oleh Asnida Riani diperbarui 17 Agu 2021, 15:02 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2021, 15:02 WIB
HUT ke-76 RI
Momen pengibaran bendera merah putih di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) oleh EIGER Adventure. (dok. EIGER)

Liputan6.com, Jakarta - Bertajuk "Kenali Negeri," EIGER Adventure menggelar rangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI). Menurut keterangan pada Liputan6.com, Selasa (17/8/2021), penyelenggaraannya bertujuan mengajak masyarakat berperan aktif mengenal tanah airnya sendiri.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan upacara kemerdekaan secara virtual pukul 10.00 WIB, yang dihadiri lebih dari 500 peserta terpilih dari berbagai daerah di Indonesia. Bekerja sama dengan komunitas Top Ranger and Mountain Pathfinder (TRAMP), pengibaran bendera di acara itu dilakukan di tiga titik.

Ketiganya adalah Tebing Batu Lawang di Majalengka, Jawa Barat; Gua Grubug di Jomblang, Yogyakarta; dan dari Pulau Pramuka ke Pulau Karya di Kepulauan Seribu, Jakarta. Upacara virtual ini juga dihadiri berbagai tokoh kegiatan luar ruang, seperti Djukardi 'Bongkeng' Adriana dan Mamay S. Salim.

Selain upacara kemerdekaan virtual, EIGER mengadakan Live Shopping, masih di hari ini, pukul 15.30 WIB, dengan memperkenalkan berbagai produk baru. Pihaknya juga menawarkan promosi menarik sepanjang bulan Agustus dan nantinya menampilkan musisi Robi 'Navicula' dan Mustache and Beard.

Aksi pengibaran bendera nyatanya dilakukan berbagai pihak, termasuk Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pulau Morotai. Ketua Tim TP-PKK Kabupaten Pulau Morotai Sherly Djoanda memimpin Giat Parade Bendera Merah Putih di bawah laut Morotai, akhir pekan lalu, lapor kanal News Liputan6.com.

Selain memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, kegiatan ini bermaksud mempromosikan keindahan alam dan bawah laut Pulau Morotai, Maluku Utara. "Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat luas dapat mengetahui keindahan alam Pulau Morotai, sehingga jadi destinasi wisata pilihan," kata Sherly.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengibaran Bendera Merah Putih di Akuarium Raksasa

Ancol
Ancol bakal gelar pengibaran bendera merah putih merayakan HUT ke-76 RI pada 17 Agustus 2021 (Dok. Ancol)

Taman Impian Jaya Ancol juga menggelar upacara bendera merah putih di dalam akuarium raksasa Sea World Ancol untuk merayakan HUT ke-76 RI. Berbeda dengan sebelumnya, upacara ini akan dilakukan anggota Paskibraka.

Penyelenggaraannya merupakan bentuk kerja sama Sea World Ancol dengan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi DKI Jakarta.  Terdapat dua orang anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi DKI Jakarta, yakni Dyfa Zasqya Farrythama dan Chairil Amin Saputra, yang bertugas mengibarkan bendera merah putih di dalam air didampingi penyelam Sea World Ancol.

Mereka melakukan prosesi upacara pengibaran bendera merah putih ditemani ribuan ikan di dalam akuarium utama berkedalaman enam meter di Sea World Ancol. Meski berpengalaman mengibarkan bendera di darat, anggota Purna Paskibraka ini tetap menjalani latihan untuk melakukan hal serupa di dalam air.


Tradisi Tahunan

Ancol
Ancol bakal gelar pengibaran bendera merah putih merayakan HUT ke-76 RI pada 17 Agustus 2021 (Dok. Ancol)

Vice President Sea World dan Samudra Ancol Rika Sudranto mengaku bangga dapat menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di dalam air setiap tahunnya untuk memperingati HUT RI.

"Sebuah kebanggaan bagi kami, tahun ini dapat berkolaborasi dengan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi DKI Jakarta dalam melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di dalam akuarium Sea World Ancol. Kami menyampaikan terima kasih serta penghargaan kepada seluruh PPI Provinsi DKI Jakarta," ujar Rika.

"Sea World adalah salah satu tempat yang mengajarkan kita untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan, jangan pernah sia-siakan kemerdekaan ini. Mari kita membangun negeri, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh!" sambung Ketua Pengurus Purna Paskibraka Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Nizar.


Infografis Perayaan Khas Kemerdekaan

Infografis Perayaan Khas Kemerdekaan
Perayaan khas kemerdekaan RI (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya