Wajib Dibersihkan, Ini 4 Area Sarang Debu di Rumah

Kita pasti sering berhadapan dengan debu. Mulai di jalan sampai di dalam rumah. ketika debu terhirup secara terus-menerus atau dalam jumlah berlebih, seseorang bisa berisiko mengalami gangguan pernapasan.

oleh Reza pada 06 Sep 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 05 Sep 2021, 20:47 WIB
Alergi karena Debu
Ilustrasi Alergi Debu Credit: pexels.com/Jean

Liputan6.com, Jakarta Kita pasti sering berhadapan dengan debu. Mulai di jalan sampai di dalam rumah. ketika debu terhirup secara terus-menerus atau dalam jumlah berlebih, seseorang bisa berisiko mengalami gangguan pernapasan.

Nah, di rumah ada beberapa area yang merupakan sarang debu. Hal itu perlu dibersihkan secara rutin. Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

Televisi

Televisi menjadi salah satu area yang kerap berdebu di rumah, apalagi di belakangnya. Maka dari itu, area belakang televisi perlu dibersihkan secara rutin.

Karpet

Debu juga sering hinggap di karpet. Pasalnya, area itu sering diinjak yang bisa menimbulkan debu pada permukaannya. Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkan karpet 1 minggu sekali atau mengantinya dengan yang bersih secara rutin.

Kipas angin

Selain kedua barang itu, kipas angin juga bisa menjadi sarang debu. Coba saja lihat baling-balingnya, debu bakal mudah menempel pada area itu jika tidak rutin dibersihkan.

Rak buku

Area ini juga bisa disebut sebagai sarangnya debu. pasalnya, area ini jarang dijamah oleh setiap orang. Maka dari itu, bersihkan rak buku setidaknya 1 minggu sekali menggunakan kemoceng atau lap basah.

Laci

Terakhir adalah laci meja. Padahal, area itu tertutup yang bisa mencegah debu masuk. Alasanya, karena laci merupakan area tertutup dan lembab. Hal itu bisa menimbulkan debu jika tidak rutin dibersihkan.

Untuk membersihkan area - area yang banyak debu, kamu cukup menggunakan penyedot debu. Kekuatan hisap pada alat tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai material ruangan.

Selain itu, kamu dapat membersihkan gorden, karpet, sofa, dan sela-sela pintu secara mudah bila menggunakan produk alat pembersih yang berkualitas.

 

(*)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya