Sosok Pelatih Indonesia di Piala AFF 2020 Shin Tae-yong, Tak Pernah Duduk Selama Pertandingan

Menurut media Korea Selatan, Shin Tae-yong telah membuat keajaiban dengan keberhasilannya membawa Indonesia lolos ke semi final Piala AFF 2020.

oleh Henry diperbarui 22 Des 2021, 15:29 WIB
Diterbitkan 22 Des 2021, 07:03 WIB
Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berbincang dengan Evan Dimas saat sesi latihan jelang Piala AFF di Lapangan B Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia berhasil meraih kemenangan 4-1 atas Malaysia di babak penyisihan grup B Piala AFF 2020, Minggu, 19 Desember 2021. Hasil itu membuat Indonesia melaju ke semi final dan akan menghadapi tuan rumah Singapura.

Performa para pemain mendapat banyak puian, begitu juga dengan pelatih Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu dinilai jitu dalam menerapkan taktik dan strategi di lapangan. Tak hanya di Indonesia, kiprah Shin Tae-yong juga menarik perhatian media di negara asalnya.

Mereka ikut menyoroti keberhasilan pasukan Shin Tae-yong melaju ke babak semi final turnamen dua tahunan itu. Kebetulan, Shin Tae-yong juga bukan satu-satunya pelatih Korsel yang bakal tampil di semifinal Piala AFF 2020 nanti.

Park Hang-soe yang menangani Vietnam juga sukses meloloskan timnya. Namun sebagai sebagai runner up grup, timnas Vietnam bakal bertemu juara grup A, yakni Thailand.

"Keajaiban Shin Tae-yong dan Park Hang-seo masih terus berlanjut. Keduanya berhasil melaju ke babak semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara grup dan runner up," tulis media koran Korsel, Chosun, seperti dikutip dari kanal Bola Liputan6.com.

Keajaiban jadi kata yang dipilih oleh Chosun sejak awal mereka memberitakan perjalanan Shin Tae-yong dan Park Hang-seo mengingat keduanya terbilang baru dengan sepak bola Asia Tenggara. Bukan hanya Chosun, sejumlah media ternama Korsel lainnya juga ikut menyoroti kiprah dua pelatih ini, termasuk Yonhap, Seoul Sports, Herald, Osen, dan sejumlah media Negeri Ginseng lainnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kebiasaan Unik

FOTO: Jelang Uji Coba, Kondisi Fisik Timnas Indonesia Diklaim Masih Payah
Kondisi fisik pemain Timnas Indonesia masih berada di wilayah 60 persen karena situasi pandemi COVID-19 yang membuat pelatih Shin Tae-yong menyesuaikan menu latihan untuk pemain. (Foto: Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sosok Shin Tae-yong yang cukup ekspresif saat timnya bertanding memang kerap menarik perhatian.  Salah satunya, ia terus berdiri dan nyaris tak pernah duduk sepanjang pertandingan.

Tak hanya saat melawan Malaysia, hal itu juga dilakukannya di tiga pertandingan sebelumnya, yaitu saat menghadapi Kamboja, Laos dan Vietnam.  Banyak yang menanyakan kebiasaan unik tersebut, termasuk awak media pada sesi konferensi pers yang digelar secara virtual. 

Ia ternyata punya alasan khusus kenapa melakukan kebiasaan itu. "Selama menjadi pelatih tidak pernah duduk di bench sekalipun," kata Shin Tae Yong, dilansir dari laman Bola.com.

"Selama 90 menit para pemain sangat bekerja keras, dengan begitu saya harus menunjukkan kerja keras saya kepada pemain. Ini salah satu kebiasaan saya," lanjutnya.


Family Man

Jarang Tersorot, Ini 6 Momen Kebersamaan Shin Tae-yong Bareng Keluarga
Jarang Tersorot, Ini 6 Momen Kebersamaan Shin Tae-yong Bareng Keluarga (sumber: Instagram/shin_jaewon77)

Selain itu, kehidupan pribadi Shin Tae-yong kini juga mulai menarik perhatian publik. Seperti diketahui, Shin Tae-yong menikahi perempuan bernama Cha Young-ju pada 1995.

Pernikahan tersebut dikaruniai dua orang bernama Shin Jae-won dan Shin Jae-hyeok.  Potret kebersamaan Shin Tae-yong bersama keluarganya bisa dilihat dari beragam unggahan di akun Instagram salah seorang putranya, Shin Jae Won.

Ia kerap membagikan foto-foto kebersamaan bersama keluarganya. Ia mengikuti jejak ayahnya dengan berkiprah di sepak bola. Shin Jae-won saat ini menjadi pesepak bola profesional di klub FC Seoul di Korsel.

Tak hanya dekat dengan para pemainnya, menurut Shin Jae Won, ayahnya juga sangat dekat dengan keluarga. Shin Tae-yong bahkan dijuluki sebagai Family Man.


Jadwal Piala AFF 2020

Infografis Jadwal Piala AFF 2020
Infografis Jadwal Piala AFF 2020. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya