Sosok Dito Ariotedjo, Menpora Baru Pengganti Zainudin Amali yang Merintis Rans Sport Bareng Raffi Ahmad

Sebelum dilantik jadi Menpora baru, Dito Ariotedjo sempat menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball.

oleh Henry diperbarui 03 Apr 2023, 13:04 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2023, 13:02 WIB
Grand Launching Jersey Rans Nusantara FC Bersama Ronaldinho
Ronaldinho (tengah) berfoto sambil memegang Jersey Rans Nusantara FC bersama Raffi Ahmad (kanan kedua), Rudy Salim (kanan), Dito Ariotedjo (kiri kedua), dan Roofi Ardian saat Grand Launching Jersey Rans Nusantara FC bersama Ronaldinho di Menara Mandiri Level 9, Sudirman, Jakarta, Jumat (24/06/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru. Ia akan menggantikan Zainudin Amali yang sudah mengundurkan diri beberapa waktu lalu untuk menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

"Ya benar dilantik," kata salah satu sumber di kalangan istana kepresidenan pada Senin (3/4/2023) seperti dikutip dari Antara. Presiden Jokowi juga dikabarkan akan melantik Komjen Pol. Rycko Amelza Daniel jadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), hari ini.

Saat ini, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Effendy, merangkap sebagai Pelaksana Tugas atau Plt Menpora. Dalam catatan profilnya, Dito lahir di Jakarta, 25 September 1990.

Ia dikenal luas sebagai pengusaha yang pada 2021 bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport. Di bidang olahraga, Dito pernah pernah jadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Ia kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL). Sejak April 2022, Dito masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Dito pernah menjabat sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017--2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Ia diketahui juga menjadi Ketua Panitia HUT Golkar ke-58 pada tahun lalu.

Melansir berbagai sumber, pemilik nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo ini pernah merintis sejumlah usaha, mulai dari bisnis di bidang energi, pertahanan, coworking space, sampai start-up yang tergabung dalam sebuah induk perusahaan bernama Grupara Ventures.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keluarga Dito Ariotedjo

Calon Menpora Baru, Dito Ariotedjo
Calon Menpora Baru, Dito Ariotedjo bersama istri. foto: Instagram @ditoariotedjo

Selain itu, Dito juga menjadi Komisaris Utama di sejumlah perusahaan, yaitu PT. Kartika Kara Eka Nusa dan Syailendra Pangan Indonesia. Lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini mempunyai dua orang kakak, yaitu Aryo Ariotedjo dan Mesty Ariotedjo.

Aryo Ariotedjo merupakan seorang entrepreneur yang sukses dalam bidangnya. Sedangkan Mesty Ariotedjo dikenal sebagai dokter anak yang sering tampil sebagai pembicara di berbagai acara tentang kesehatan anak.

Dito diketahui menikah dengan Niena Kirana Riskyana Fuad pada Maret 2018 lalu dan mempunyai seorang anak perempuan bernama Sadia. Dito pernah masuk dalam Forbes 30 Under 30 Indonesia pada 2020 lalu.

Sejak kuliah, Dito telah aktif berorganisasi seperti pernah jadi Bendahara Umum Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Dito memiliki perhatian yang besar pada pengembangan pemuda. Hal tersebut dibuktikannya dalam kontribusi bersama AMPI.

Kinerja gemilangnya bersama AMPI membuat Golkar percaya mengangkat dirinya menjadi Ketua DPP Partai Golkar Bidang Inovasi Sosial dan Ormas. Pengangkatan Dito menjadikannya sebagai Ketua Bidang termuda sepanjang sejarah Partai Golkar. Perhatian dan kepedulian yang dimiliki Dito terhadap pengembangan anak muda dinilai sangat cocok sebagai fundamental seorang Menpora.

 


Pengunduran Diri Zainudin Amali

Calon Menpora Baru, Dito Ariotedjo
Calon Menpora Baru, Dito Ariotedjo. foto: Instagram @ditoariotedjo

Saat terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI pada Februari lalu, Zainudin Amali menyampaikan akan mundur dari posisinya sebagai Menpora pada Presiden Jokowi. Kabar tersebut disampaikannya ketika sesi Keterangan Pers yang diadakan di Kantor Presiden, Jakarta, 20 Februari 2023.

"Saya sudah melapor secara pribadi ke presiden dan tentunya beliau sudah mengetahui tentang terpilihnya saya sebagai Waketum PSSI. Beliau serahkan ke saya karena saya sampaikan ke teman-teman harus memilih," terang Amali dalam sesi tersebut. "Saya sampaikan ke presiden ingin fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola dan beliau dapat memahami itu. Beliau akhirnya mengizinkan saya untuk konsentrasi dan fokus kepada sepak bola."

Dengan kosongnya kursi jabatan Menpora, timbul pertanyaan mengenai siapa yang akan menggantikan Amali untuk mengisi posisi tersebut. Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial, Arya Fernandes menjelaskan bahwa kemungkinan besar Golkar akan bergerak dalam mengisi kekosongan tersebut.

"Ya karena Pak Zainudin berasal dari Golkar, kemungkinan besar Golkar akan meng-endorse kader-kader mudanya untuk menggantikan beliau di posisi Menpora,” jelas Arya saat diwawancarai melalui telepon, dikutip dari kanal Bola Liputan6.com.


Dito Sudah Diusulkan Jadi Menteri Sejak 2019

Yusron Fahmi/Liputan6.com
Ketua DPP Partai Golkar Bidang Inovasi Sosial Dito Ariotedjo menyatakan, Aplikasi G4AR

Arya sendiri menganggap ada dua nama potensial yang kemungkinan akan diusung oleh Golkar untuk menggantikan posisi Zainudin Amali. Mereka adalah Ilham Permana dan Dito Ariotedjo.

Partai Golkar ternyata sudah mengusulkan Dito Ariotedjo sejak Jokowi terpilih sebagai presiden untuk masa jabatan kedua pada 2019 lalu. "Golkar telah memiliki calon untuk diusulkan masuk dalam kabinet. Salah satunya, Dito Aritedjo," kata Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, pada acara HUT AMPI ke-41 di 5 Juli 2019, dilansir dari kanal News Liputan6.com.

Menurut Airlangga, Dito Ariotedjo merupakan calon menteri milenial dari Partai Golkar.  "Semoga disetujui dan direstui Pak Presiden," ujar dia. Sementara, Dito Ariotedjo memastikan dukungannya kepada program pemerintah, terutama terkait kepemudaan.

Menurut dia, generasi muda mempunyai harapan besar untuk berkontribusi dalam menata masa depan bangsa. Untuk itu, AMPI meluncurkan program pengembangan karya inovasi sosial bernama muda pembaharu.

Inisiatif ini dirancang untuk membangun ekosistem kepemudaan yang mampu mengembangkan karya anak muda yang kreatif. "Ini sejalan dengan semangat pemerintah kedepan mengembangkan sumber daya manusia terutama pemuda. Inisiatif ini juga mendukung program untuk Jokowi-Ma'ruf sebagai presiden dan wakil presiden terpilih," kata Dito.

 

Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI
Infografis Menpora Zainudin Amali ingin fokus sebagai waketum PSSI. (Triyasni/Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya