Semarak Kolaborasi 100 Tahun Disney, Motif Batik Mickey Mouse sampai Serum Lokal Terinspirasi Karakter Para Penjahat

Disney Indonesia berkolaborasi dengan lebih dari 80 merek lokal dan global dalam deretan koleksi yang terinspirasi 100 tahun kisah Disney.

oleh Asnida Riani diperbarui 08 Jun 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2023, 11:00 WIB
Disney Indonesia X Iwan Tirta Private Collection
Iwan Tirta Private Collection menciptakan motif batik "Merak Sejoli Disney" untuk kolaborasi dengan Disney Indonesia. (dok. Disney Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Bertajuk "Disney100," Disney Indonesia berkolaborasi dengan lebih dari 80 merek lokal dan global, menelurkan sejumlah koleksi yang terinspirasi 100 tahun kisah Disney. Ini merupakan bagian dari selebrasi ulang tahun ke-100 Disney pada 2023.

Turunan produk kolaborasinya beragam, mulai dari fesyen, skincare, hingga perhiasan. Director of Brand Commercialization Indonesia The Walt Disney Company, Tan Wee, menyebut bahwa Disney100 merupakan bentuk perayaan perjalanan yang telah dilalui bersama.

"Terima kasih pada semua penggemar, pencipta, dan pendongeng seperti Anda yang telah menyambut Disney ke dalam hati Anda," katanya dalam jumpa pers di bilangan Jakarta Pusat, Rabu, 7 Juni 2023. "Banyak dari kita tumbuh dengan cerita dan karakter Disney, dan masih memegangnya dekat dengan hati kita sampai hari ini."

"Itulah sebabnya kami sangat senang dapat bekerja sama dengan beragam merek lokal untuk membawa Disney lebih dekat bagi penggemar dari segala usia di Indonesia. Koleksi yang terinspirasi Disney100 ini menawarkan cara baru untuk terhubung dengan karakter favorit di luar layar, dan menampilkan kekuatan merek Indonesia," imbuhnya.

Tanpa meninggalkan sentuhan kontemporer kisah-kisah Disney, koleksi perayaan ini dijanjikan menawarkan pendekatan gaya yang segar dan modern terhadap karakter-karakter favorit Disney. Jenama lokal Iwan Tirta Private Collection, misalnya, yang mengelaborasi visual karakter klasik Mickey Mouse dalam bentuk motif batik.

Head of Marketing-nya, Rindu Melati Pradnyasmita, menyebut bahwa ini merupakan kali ketiga pihaknya bekerja sama dengan Disney Indonesia. Koleksi bertajuk "Merak Sejoli Disney100" disebut menyatukan motif batik khas Iwan Tirta dengan siluet 100 Mickey Mouse yang menghasilkan desain unik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Makna Motif Batik Terinspirasi Mickey Mouse

Disney100
Jumpa pers perayaan 100 tahun kisah Disney bertajuk "Disney100" oleh Disney Indonesia di Ganara Art Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, 7 Juni 2023. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Dalam istilah batik, Rindu menjelaskan, merak membawa pesan persisten. "Sama halnya dengan Disney yang bisa bertahan selama 100 tahun, karena tangguh. Mereka (merak) burung yang cantik. Kami melihatnya sebagai inspirasi. Bagaimana dengan keindahan dan keanggunannya merak bisa jadi inspirasi untuk sekitarnya," ucapnya di kesempatan yang sama.

Dengan semangat "inovasi yang relevan," motif batik terinspirasi karakter Mickey Mouse ini diharapkan bisa menginspirasi pecinta Disney dan batik untuk selalu berbagi pesan kebaikan, sebagaimana cerita-cerita Disney. Rindu berkata, "Untuk Disney100, kami ingin koleksinya menjangkau berbagai macam segmen, termasuk usia."

Karena itu, setelah merilis produk fesyen tahun lalu, mereka memperkenalkan tumbler dan cushion dalam perpanjangan kolaborasi ini. "Agustus dan Oktober (2023) nanti baru akan merilis koleksi fesyen, ready-to-wear maupun runway collection," katanya, menyambung bahwa visualnya masih akan terinspirasi karakter Mickey Mouse.

Rindu melanjutkan, "Kenapa tidak cuma fesyen, kita ingin batik bukan hanya baju. Pak Iwan mention di buku bahwa batik ditampilkan ke berbagai medium. Statement itu kami teruskan ke masa sekarang supaya batik tidak hanya ditampilkan sebagai baju, tapi bagian dari gaya hidup."


Perhiasan sampai Parfum

Disney100
Produk kolaborasi Disney Indonesia X Passion Jewellery diperlihatkan dalam trunk show Disney100 di Ganara Art Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, 7 Juni 2023. (dok. Disney Indonesia)

Lalu, Head of Marketing Communication of Passion Jewellery, Novrico Tooy, menyebut bahwa dengan memanfaatkan berlian natural, yang keseluruhan proses pembuatannya berlangsung di Indonesia, mereka mempersembahkan koleksi perhiasan terinspirasi karakter Mickey Mouse dan Mini Mouse. Rangkaiannya termasuk anting-anting dan kalung.

Sementara, Niraj Jain, Chief Financial Officer of PT Matahari Department Store Tbk, mengatakan pihaknya menyediakan produk kolaborasi dengan Disney Indonesia berupa fesyen "dari ujung kepala sampai kaki." Koleksi ini mencakup busana pria, wanita, dan anak-anak.

"Terinspirasi karakter Disney dari serial Marvel dan Star Wars, koleksi ini mencakup palet warna dan artwork yang bermaksud memberikan sentuhan imajinatif. Desain serbaguna dan universal ini adalah bukti daya tarik dan relevansi abadi dari karakter ikonis, seperti Mickey Mouse, Disney Princess Heroines, dan banyak lagi," sebutnya.

Tidak ketinggalan, ada juga produk parfum dari MORRIS Perfume yang menjanjikan aroma pembawa kebahagiaan dan rasa takjub. "Karena itu, aromanya cenderung manis," kata Chief Marketing Officer-nya, Olivia Regina. "Selain, kami juga menambahkan kesan berkilau dengan pemakaian glitter."

Ia menyambung, "Morris Eau De Toilette bertujuan menghadirkan sifat Mickey dan Minnie yang bersemangat, menyenangkan, dan penuh petualangan dalam wewangian ini."


Serum Lokal Terinspirasi 4 Karakter Penjahat Disney

Disney Indonesia X Azarine
Rangkaian serum kolaborasi Disney Indonesia X Azarine yang terinspirasi dari karakter para penjahat Disney. (dok. Disney Indonesia)

Melengkapi rangkaian produk kolaborasi Disney Indonesia, ada pula empat serum rilisan jenama skincare lokal, Azarine. Product Manager of Azarine, Valerie Phoebe, mengatakan bahwa berbeda dari kolaborasi sebelumnya, kali ini mereka mengangkat produk terinspirasi karakter para penjahat Disney: Loki, Venom, Tanos, dan Deadpool.

"Karakter-karakter ini kuat, jadi kami mengelaborasinya dalam advance ingredient yang lebih powerful dari serum sebelumnya," sebutnya. Dengan begitu, efektivitas produknya juga diharapkan meningkat.

Setelah sebelumnya meluncurkan koleksi bertema Marvel Super Hero, pihaknya menyebut ingin tampil dengan sesuatu yang berani dan segar. "Line-up (serum kolaborasi ini) menampilkan beberapa karakter kompleks favorit kami," kata Valerie.

Melihat lebih banyak produk kolaborasi, Anda bisa mengunjungi pop-up retail bertema Disney100 di Plaza Indonesia yang menghadirkan 15 merek, termasuk LEGO, M231, Royal Selangor, Torch, dan UBS, pada 7--21 Juni 2023. Selain itu, terdapat pula instalasi seni dari Avian Paint, Iwan Tirta, Lego, Passion Jewellery, dan Royal Selangor di Ganara Art Plaza Indonesia pada 7 hingga 11 Juni 2023. 

Infografis Ragam Material Fesyen Berkelanjutan
Macam-macam material fesyen berkelanjutan. (dok. Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya