Gaya Kate Middleton di Wimbledon dari Tahun ke Tahun, Sempat Tampil Kontras dengan Meghan Markle

Tahun ini, Kate Middleton berpenampilan mirip Putri Diana di Kejuaraan Wimbledon 2023 dan ia sempat tampak kontras dengan Meghan Markle.

oleh Asnida Riani diperbarui 16 Jul 2023, 00:00 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2023, 11:14 WIB
Kate Middleton
Gaya Kate Middleton di turnaman tenis Wimbledon dari tahun ke tahun. (LEON NEAL/AFP Adam Davy/PA via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Turnaman tenis Wimbledon telah jadi agenda tahunan yang secara konstan dihadiri Puitri Wales dari tahun ke tahun. Di hari ke-2 kejuaraan Wimbledon 2023, Selasa, 4 Juli 2023, Kate Middleton melangkah keluar mengenakan busana yang terinspirasi gaya Putri Diana.

Melansir Page Six, Rabu (5/7/2023), istri Pangeran William ini mengenakan blazer hijau mint dan rok lipit putih. Blazernya merupakan rilisan Balmain seharga 2.750 dolar AS (sekitar Rp41,3 juta) yang sudah terjual habis. Ansambel itu menampilkan kerah putih lebar, seperti gaun yang dikenakan Putri Diana di Trooping the Color 1988.

Sementara, rok midi putih berlipit Kate mirip dengan yang dikenakan Diana saat mengunjungi pemakaman di Delhi, India, pada 1992. Di tampilan terbaru, Putri Wales memadukan pakaiannya dengan sepatu pump Gianvito Rossi putih seharga 775 dolar AS (sekitar Rp11,6 juta) yang sering ia pakai.

Kate Middleton membuat penampilan kejutan di Wimbledon
Princess of Wales, Kate Middleton tiba di lapangan Wimbledon pada hari kedua kejuaraan tenis Wimbledon di London, Selasa, 4 Juli 2023. (Adam Davy/PA via AP)

Ia pun membawa salah satu tas tangan Mulberry favoritnya. Kate menata rambutnya dengan gelombang lembut, ditambah anting-anting mutiara Shyla London seharga 91 dolar (sekitar Rp1,4 juta) dan gelang manset emas-putih dari Sézane yang pertama kali ia kenakan pada 2020.

Tidak hanya pada 2023, dari tahun ke tahun, Kate telah memperlihatkan pengaturan busana yang sophisticated ketika menghadiri Wimbledon. Berikut daftar penampilannya, dikutip dari Evoke:

Kate MIddleton, Pangeran George dan Pangeran William
Kate Middleton, Duchess of Cambridge (kiri) dari Inggris dan Pangeran William, Duke of Cambridge dari Inggris berbicara dengan putra mereka Pangeran George (tengah) saat mereka menghadiri pertandingan final tenis tunggal putra antara Novak Djokovic dari Serbia dan Nick Kyrgios dari Australia pada hari keempat belas 2022 Kejuaraan Wimbledon di The All England Tennis Club di Wimbledon, London barat daya, pada 10 Juli 2022. (SEBASTIEN BOZON / AFP)

2022

Tahun lalu, Kate membawa gaya khas nan elegan ke berbagai pertandingan Wimbledon. Salah satunya, ia terlihat mengenakan gaun polkadot lipit biru dari salah satu desainer favoritnya, Alessandra Rich, catat WWD.

Ia memasangkan gaun itu dengan anting-anting mutiara, sepatu hak putih, dan tas Mulberry. Ia juga mendukung petenis wanita dengan penampilannya, menyematkan pita hijau dan ungu, lencana yang dikenakan anggota wanita Klub Tenis All England, ke gaunnya.


2 Tampilan Lain pada 2022

Gaun Kuning Kate Middleton Bikin Penonton Final Tenis Wimbledon Tak Bisa Berpaling
Kate Middleton menghadiri kejuaraan tenis wanita Wimbledon, Sabtu, 9 Juli 2022. (dok. Daniel LEAL / AFP)

Kate menghadiri hari ke-13 Wimbledon saat ia melangkah keluar dengan gaun kuning kenari Bridgette karena desainer Serbia Roksanda Ilinčić. Gaun midi yang semarak memamerkan banyak lambang gaya yang ia sukai, mulai dari korset yang pas hingga rok bersiluet mengalir, ditambah detail pita lipat yang mencuri perhatian.

Ibu tiga anak ini menjaga agar perhiasannya tetap minim dengan sepasang anting Citrine Pear Drop oleh Kiki McDonough dan tumit kulit stiletto putih oleh Gianvito Rossi. Ia sebelumnya mengenakan gaun desainer tersebut saat tur di Jamaika awal tahun 2022. 

Kate Middleton
Kate Middleton dan Pangeran William berdiri di Royal Box di lapangan tengah selama pertandingan tenis perempat final tunggal putra antara Novak Djokovic dari Serbia dan Jannik Sinner dari Italia pada hari ke-9 Kejuaraan Wimbledon 2022 di The All England Tennis Club di Wimbledon, London barat daya, 5 Juli 2022. (SEBASTIEN BOZON/AFP)

Pada hari ke-9, Kate tampil sopan mengenakan gaun bermotif seharga 1.515 pound sterling (sekitar Rp28,9 juta) karya Alessandra Rich. Busana itu dipadankannya dengan tas putih kecil bergagang dari Mulberry dan anting-anting mutiara.

Busana ini pun dikenakan Kate untuk Pesta Kebun Jubilee tahun lalu. Hanya saja dalam tampilan Wimbledon, putaran tidak terduga muncul pada formula alas kaki, yang mana ia memilih stiletto slingback putih oleh desainer yang sama.


2021

Kate Middleton
Kate Middleton bertepuk tangan saat penyerahan trofi setelah final tunggal putra pada hari ke-13 Kejuaraan Wimbledon 2021 di The All England Tennis Club di Wimbledon, London barat daya, 11 Juli 2021. Novak Djokovic dari Serbia mengalahkan pemain Italia Matteo Berrettini. (Adrian DENNIS/AFP)

Kate tampil menawan dalam balutan gaun pastel saat ia menghadiri final tunggal putra Wimbledon 2021 bersama ayahnya Michael Middleton. Saat itu, Kate memilih ansambel tonal dengan gaun krep merah muda dari label yang ia kagumi, Beulah.

Itu dipadukan dengan sepasang tumit point-toe krem dengan tali pergelangan kaki dari Aldo dan tas clutch cantik dengan warna krem yang serasi.

Kate Middleton dan Pangeran William
Kate Middleton dan Pangeran William di pertandingan ke-13 Wimbledon Championships di Wimbledon, Inggris, 14 Juli 2019. (BEN STANSALL / AFP)

2019

Untuk hari ke-2 di Wimbledon 2019, ibu tiga anak ini memilih gaun panjang teh crêpe baby blue berlengan topi yang sangat chic dari salah satu desainer favoritnya, Emilia Wickstead. Di sisinya, William tampak mencocokkan gaun cantik Kate dengan kemeja biru muda di bawah jas abu-abunya. Ia memberikan salah satu penampilan Wimbledon yang paling berkesan di final tahun itu ketika hadir bersama saudara iparnya Meghan Markle.

Momen Akrab Kate Middleton dan Meghan Markle di Final Wimbledon
Duchess of Cambridge Kate Middleton (kiri) dan Duchess of Sussex Meghan Markle saat menyaksikan pertandingan final tunggal putri Wimbledon 2019 antara Serena Williams dengan Simona Halep di All England Lawn Tennis and Croquet Club, London, Inggris, Sabtu (13/7/2019). (BEN CURTIS/POOL/AFP)

Tampil kontras dari Meghan yang bergaya serba putih, Kate melangkah keluar dengan gaun midi Dolce and Gabbana berwarna hijau tua. Gaun desainer ini memiliki lengan pendek menggelembung dan kancing emas mencolok yang ia lengkapi dengan kopling serasi dan anting-anting Woodland Oak dari Asprey.


2018

Kate Middleton
Kate Middleton dan Pangeran William tiba untuk menyaksikan Kevin Anderson dari Afrika Selatan melawan Novak Djokovic dari Serbia dalam pertandingan final tunggal putra mereka pada hari ke-13 Kejuaraan Wimbledon 2018 di The All England Lawn Tennis Club di Wimbledon, barat daya London, 15 Juli 2018. (Glyn KIRK/AFP)

Pada 2018, Kate Middleton tidak dapat dilewatkan di keramaian saat mengenakan gaun Dolce & Gabbana berwarna kuning cerah. Itu bukan warna yang biasa publik lihat pada Putri Wales, tapi itu adalah pilihan sempurna untuk menyalurkan cuaca cerah saat itu.

Tenis-Wimbledon-2017-Kate-Middleton
Kate Middleton (tengah) bertepuk tangan setelah petenis asal Inggris, Andy Murray berhasil mengalahkan petenis Rusia, Alexander Bublik pada pertandingan babak pertama Wimbledon di London, Inggris, (3/7). (AFP Photo/Adrian Dennis)

2017

Kate adalah seorang profesional dalam hal berpakaian literal, dan pada 2017, ia menariknya keluar dari tas sekali lagi. Ia menggunakan ansambel yang "penuh dengan aksi memalingkan kepala dan mengangkat rambut," yakni gaun polkadot.

Gaun Dolce and Gabbana berpola dotty, square-neckline, dan lengan tiga perempatnya sangat trendi untuk musim panas dan acara tersebut. Ia memasangkan gaunnya dengan sepasang anting mutiara minimalis yang khas dan tas tangan putih serasi.

Kate Middleton
Kate Middleton tiba di royal box di lapangan tengah selama pertandingan semifinal putri pada hari ke-11 Kejuaraan Wimbledon 2016 di The All England Lawn Tennis Club di Wimbledon, barat daya London, 7 Juli 2016. (GLYN KIRK/AFP)

2016

Wimbledon 2016 melihat Kate dalam gaun kuning cerah. Ia melengkapi gaun Roksanda Ilincic dengan dompet putih agar serasi dengan panel di gaunnya.

Kate Middleton
Kate Middleton dan Pangeran William di royal box di lapangan tengah pada akhir pertandingan perempat final tunggal putra antara Andy Murray dari Inggris dan Kanada Vasek Pospisil pada hari ke-9 Kejuaraan Wimbledon 2015 di The All England Tennis Club di Wimbledon, London barat daya, 8 Juli 2015. (LEON NEAL/AFP)

2015

Efek Kate sedang dimainkan setelah ia muncul dengan gaun midi klasik merah cerah dari label mewah L.K. Bennett. Beberapa jam kemudian, gaun itu telah terjual habis sepenuhnya.


2014

Kate Middleton
Kate Middleton bertepuk tangan dari Royal Box di Centre Court pada akhir pertandingan perempat final tunggal putra antara Andy Murray dari Inggris dan Grigor Dimitrov dari Bulgaria pada hari ke-9 Kejuaraan Wimbledon 2014 di The All England Tennis Club di Wimbledon, London barat daya, 2 Juli 2014. (TOBY MELVILLE/POOL/AFP)

Kate Middleton tidak takut mendaur ulang gaunnya, dan pada 2014, ia mengenakan kembali gaun lubang Zimmerman 'Roamer' miliknya. Pastel dan renda adalah gaya klasik untuk keluarga kerajaan, dengan tampilan klasik dan apik yang sesuai dengan citranya.

Kate Middleton
Pangeran William dan Kate Middleton bertepuk tangan untuk Roger Federer dari Swiss dari Royal Box di Centre Court pada hari ke-9 turnamen tenis Wimbledon Championships 2012 di All England Tennis Club di Wimbledon, barat daya London, 4 Juli 2012. (LEON NEAL/AFP)

2012

Wimbledon 2012 melihat Kate dengan gaun Alexander McQueen, namun dalam potongan vintage. Gaun rajutan beraksen biru tua dan dasi kupu-kupu miliknya berasal dari koleksi tahun 2006.

Ia melengkapi penampilannya dengan menambahkan anting-anting batu biru mungil, yang dengan sempurna melengkapi gaun biru tua dari gaun desainernya.

Infografis The Big 4, Pekan Mode Bergengsi Dunia
Infografis The Big 4, Pekan Mode Bergengsi Dunia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya