Usai Kecelakaan Kereta Brantas Tabrak Truk di Semarang, Tugas dan Tanggung Jawab Masinis Jadi Trending

Masinis dan asisten KA Brantas selamat karena memutuskan meloncat setelah memastikan kereta dalam kondisi aman dan meloncat di tempat yang aman pula.

oleh Henry diperbarui 19 Jul 2023, 15:28 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2023, 15:02 WIB
Hari Pahlawan, Guru hingga Nakes Bisa Naik Kereta Api Jarak Jauh Gratis
Sambut Hari Pahlawan, PT Kereta Api Indonesia membagikan 11 ribu tiket kereta api jarak jauh secara gratis untuk guru, nakes, dan veteran. (unsplash/fasyah halim).

Liputan6.com, Jakarta Masinis kereta api jadi trending di Twitter usai tragedi KA Brantas menabrak truk di Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah pada Selasa malam, 18 Juli 2023). Kabar baiknya jidak ada korban jiwa dari kecelakaan tersebut.

"Masinis jadi trending topic sejak kejadian KA Brantas tadi malam hingga pagi ini. Tindakan heroik masinis dan asisten masinis yang menyelamatkan banyak nyawa sebelum menyelamatkan diri menuai apresiasi besar dr publik,” cuit akun Twitter @zoeflick pada Rabu (18/7/2023).

Masinis dan asistennya kabarnya selamat karena memutuskan meloncat setelah memastikan kereta dalam kondisi aman dan meloncat di tempat yang aman pula.  Sosok masinis KA Brantas kemudian menuai pujian karena aksi heroiknya. Pasalnya saat kejadian KA Brantas yang menabrak truk sempat menimbulkan ledakan dan kobaran api.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko, meski api berkobar, KA Brantas tetap melaju di jembatan Banjir Kanal Barat. "Masinis dan asistennya bisa loncat dari ketinggian sekitar 10 meter," kata Ixfan Hendri Wintoko, dilansir dari kanal Regional Liputan6.com, Rabu (19/7/2023).

"Setelah lompat ke sungai masinis berenang ke sisi barat sungai, asisten masinis ke sisi timur sungai," lanjutnya.  Masinis dan asistennya memastikan kobaran api hanya berada di lokomotif, jadi ketika kereta berhenti di tengah jembatan, penumpang tetap selamat dan kereta tidak sampai terguling masuk sungai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tugas Seorang Masinis

Aksi Heroik Masinis Selamatkan Nyawa Penumpang KA Brantas, Tuai Apresiasi Publik
Aksi heroik masinis selamatkan nyawa penumpang KA Brantas ini menuai apresiasi publik. (Sumber: Twitter/marwanFC/zoelfick)

Kecelakaan yang terjadi di ruas Stasiun Jrakah-Semarang Tawang ini menyebabkan 9 perjalanan kereta api tertunda. "Rangkaian KA 112 menarik dia gerbong eksekutif dan enam gerbong kereta ekonomi," kata Ixfan.

Proses evakuasi dilakukan setelah api berhasil dipadamkan. Gerbong ke belakang ditarik mundur ke stasiun menggunakan Lokomotif KA 178. Meski belum sampai di stasiun, kereta memang bisa dihentikan di tengah perlintasan secara aman.

Tugas tersebut menjadi bagian dari pekerjaan masinis ketika terjadi kondisi darurat atau tak terduga. Lalu, apa sebenarnya tugas dan tanggung jawab seorang masinis yang jadi trending?

Mengutip laman resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI), masinis bertugas untuk mengoperasikan kereta api dan langsiran serta sebagai pemimpin selama dalam perjalanan kereta api. Kata "masinis" berasal dari bahasa Belanda, yakni "machinist" yang sebenarnya berarti juru mesin.

Disebut masinis karena pada awalnya juru mesinlah yang menjalankan kereta api. Sedangkan asisten masinis bertugas membantu masinis dalam mengoperasikan kereta api dan langsiran. 


Kepala Perjalanan Kereta

Masinis kereta api
Masinis kereta api (foto: instagram @keretaapikita)

Masinis juga bertanggung jawab untuk mempercepat, memperlambat hingga menghentikan kereta api. Tindakan itu hanya boleh dilakukan dengan mengikuti sinyal kereta api. Hal itu membuat masinis mendapat sebutan kepala perjalanan kereta.

Meski tanggung jawabnya besar, masinis masih menjadi pilihan favorit pelamar PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan jumlah ribuan pelamar dalam sekali event rekrut. Tidak semua pelamar bisa menjadi masinis, hanya pelamar yang memiliki kualitas dan unggul dalam segi akademik, psikologis dan kesehatan yang bisa lulus menjadi calon masinis.

Sementara itu, jalur kereta Semarang sudah normal kembali dan dapat dilalui usai peristiwa KA Brantas tabrak truk hingga terbakar,. Hal itu diungkapkan Manajer Humas KAI Daop 7 Madiun Supriyanto.

"Tim KAI Daop 4 Semarang memastikan salah satu jalur KA sudah berhasil dilakukan normalisasi dan jalur sudah dapat dilalui pada pukul 22.18 WIB. Bakalan truk tronton yang menghalangi jalur hilir kereta api sudah dievakuasi, sehingga perjalanan KA dapat kembali normal," ujar Supriyanto, Rabu (19/7/2023).

 


Permohonan Maaf PT KAI

Kereta vs truk
Kondisi KA Brantas masih berada di lokasi sementara truk tronton pengangkut alat berat masih dievakuasi dari dalam sungai Banjir Kanal Barat. Foto: lioutan6.com/felek wahyu 

Menurut Supriyanto, KA Brantas relasi Pasar Senen-Blitar diberangkatkan kembali dari Stasiun Jerakah pada pukul 22.23 WIB dengan keterlambatan sebanyak 147 menit.  Meski jalur sudah dapat dilalui dengan kecepatan terbatas, masih terdapat beberapa KA yang mengalami keterlambatan karena menunggu antrean.

Sejumlah KA yang mengalami keterlambatan di Daop 7 Madiun antara lain:

- KA Brantas masuk Stasiun Blitar 05.38 dan terlambat 178 menit dari jadwal yang seharusnya 02.30

- KA Brawijaya tujuan Malang terlambat 279 menit dan KA Majapahit tujuan Malang terlambat 150 menit

Seluruh jajaran KAI terus berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menormalkan kembali semua jadwal perjalanan kereta api. KAI selalu berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA.

Sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan, PT KAI juga memberikan "service recovery" berupa minuman dan makanan ringan kepada para pelanggan yang perjalanan keretanya terdampak. "KAI memohon maaf kepada seluruh pelanggan kereta api atas keterlambatan perjalanan KA yang terjadi," ujar Supriyanto.

 

Infografis Tabrakan 2 Kereta LRT Jabodebek di Jalur Layang
Infografis Tabrakan 2 Kereta LRT Jabodebek di Jalur Layang (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya