Warga Palestina Takut Ditangkap Bila Suarakan Dukungan pada Gaza

Kisah menyentuh tiada henti mengalir dari tanah Palestina. Salah satunya ketika penduduk Palestina yang takut ditangkap bila menyuarakan dukungan mereka pada warga Gaza.

oleh Putu Elmira diperbarui 06 Nov 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2023, 15:00 WIB
Pemukiman Warga Palestina Hancur
Seorang pria Palestina yang membawa kantong plastik belanja berbicara dengan seorang wanita ketika mereka berdiri di tengah puing-puing setelah serangan udara Israel di lingkungan al-Rimal, Kota Gaza, pada 10 Oktober 2023. (MOHAMMED ABED/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kisah menyentuh tiada henti mengalir dari tanah Palestina. Salah satunya ketika warga Palestina yang takut ditangkap bila menyuarakan dukungan mereka pada warga Gaza.

Salah satunya datang dari perempuan bernama Dua Abu Sneineh yang terkejut ketika sekelompok petugas polisi menerobos masuk ke rumahnya di Yerusalem Timur pada awal 23 Oktober 2023. "Saya bahkan tidak berpikir sedikit pun bahwa mereka akan datang untuk saya," katanya kepada CNN, dikutip Senin (6/11/2023).

Tapi polisi memang datang untuknya. Perempuan berusia 22 tahun tersebut mengatakan diberitahu bahwa dirinya ditangkap dan diminta untuk menyerahkan teleponnya. "Ketika saya bertanya alasannya, (petugas polisi) mulai mendorong dan merampas ponsel saya," katanya.

Petugas memeriksa ponsel Abu Sneineh untuk TikTok atau Facebook, dua aplikasi yang tidak dimilikinya. Petugas lalu memeriksa akun Snapchatnya, satu-satunya media sosial yang dia gunakan.

"(Petugas) memerhatikan bahwa saya belum mengunggah apa pun. Lalu dia membuka WhatsApp saya. Saya telah mengunggah sebuah ayat Al-Quran, dan ternyata itulah yang mereka incar. Mereka bilang saya menghasut terorisme. Saya tidak dapat mempercayainya," kata Abu Sneineh.

Ayat yang dimaksud, kata Abu Sneineh, adalah "Tuhan bukannya tidak mengetahui apa yang dilakukan para penindas."

Abu Sneineh adalah salah satu dari puluhan warga Palestina dan warga negara Israel yang ditangkap di Israel karena menyatakan solidaritas terhadap Gaza dan penduduk sipilnya, membagikan ayat-ayat Alquran, atau menunjukkan dukungan apa pun kepada rakyat Palestina. Hal tersebut dilakukan sejak perang terbaru antara Israel dan Hamas dimulai bulan lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penangkapan

Perang Israel Palestina
Seorang pria Israel yang mengenakan selendang berdoa di samping rumah-rumah yang dihancurkan oleh militan Hamas di Kibbutz Be'eri, Israel, Minggu (22/10/2023). Kibbutz tersebut dikuasai oleh militan Hamas dari dekat Jalur Gaza pada 7 Oktober lalu, ketika mereka membunuh dan menangkap banyak orang Israel. (AP Photo/Ariel Schalit)

CNN telah meminta komentar dari Kepolisian Israel mengenai penangkapan Abu Sneineh, namun belum menerima tanggapan. Gaza telah dibombardir secara intensif oleh pasukan Israel setelah Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober 2023, menewaskan 1.400 orang dan menyandera lebih dari 240 orang, menurut pejabat Israel.

Lebih dari 9.000 orang, termasuk ribuan anak-anak, telah tewas dalam serangan Israel di Gaza sejak saat itu, menurut angka yang dirilis Jumat oleh Kementerian Kesehatan Palestina di Ramallah, yang diambil dari sumber di daerah kantong yang dikuasai Hamas. Besarnya jumlah korban tewas akibat pemboman Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza telah menimbulkan kritik global terhadap Israel, bahkan beberapa sekutu terdekatnya menyerukan "jeda" atau gencatan senjata.

Namun warga Palestina yang menyatakan solidaritasnya terhadap Gaza menghadapi konsekuensi serius di Israel. "Polisi mengatakan bahwa setiap slogan yang mendukung Gaza atau menentang perang berarti mendukung teroris bahkan jika Anda mengatakan bahwa Anda, tentu saja, menentang pembunuhan terhadap orang-orang," kata Abeer Baker, seorang pengacara hak asasi manusia yang mewakili beberapa orang yang telah telah ditangkap kepada CNN.

Polisi Israel mengatakan bahwa pada 25 Oktober 2023, mereka telah menangkap 110 orang sejak dimulainya perang karena diduga menghasut kekerasan dan terorisme, sebagian besar di media sosial. Dari penangkapan tersebut, hanya 17 yang menghasilkan dakwaan.


Suara Dibungkam

Kondisi Jalur Gaza Palestina
Seorang anak melihat gedung-gedung yang hancur akibat bombardir Israel di Rafah, Jalur Gaza, Palestina, Minggu (22/10/2023). (AP Photo/Hatem Ali)

Kebanyakan orang dibebaskan tanpa biaya lebih lanjut, biasanya setelah beberapa hari. Baker mengatakan rendahnya jumlah dakwaan menunjukkan bahwa orang-orang ditangkap karena membuat pernyataan yang tidak melanggar hukum.

"Orang-orang ditangkap karena mengatakan hati mereka bersama anak-anak di Gaza," kata Baker kepada CNN, merujuk pada kasus seorang komedian dari Israel utara yang ditangkap setelah mengunggah kalimat tersebut di media sosialnya.

Polisi Israel mengatakan bahwa mereka bertindak berdasarkan Undang-Undang Anti-Terorisme Israel. Pasal 24 undang-undang ini menyatakan bahwa siapa pun yang melakukan apa pun untuk "berempati dengan kelompok teror" baik itu dengan "menerbitkan pujian, dukungan atau dorongan, mengibarkan bendera, menunjukkan atau mempublikasikan simbol" dapat ditangkap dan dipenjara hingga tiga tahun.

Namun, sebuah organisasi non-pemerintah (LSM) yang mengadvokasi hak-hak Arab di Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penangkapan ini bersifat sewenang-wenang dan hanya menargetkan warga Palestina. Dikatakan bahwa banyak kasus yang dilakukan dengan kekerasan brutal di tengah malam, dan tanpa pembenaran hukum yang tepat.

"Kriterianya bukan legal atau tidak, kriterianya bikin marah masyarakat atau bertentangan dengan mainstream, kita tidak bicara hukum. Kita berbicara tentang atmosfer," kata Baker, seraya menambahkan bahwa membahas konteks serangan 7 Oktober 2023 adalah hal yang "dilarang."

"Anda tidak bisa bertanya apa yang bisa mendorong orang melakukan kejahatan mengerikan seperti itu. Bisakah Anda bertanya siapa yang gagal di sini? Mengapa Hamas berhasil? Tidak," kata Baker, menunjuk pada sejumlah artikel yang ditulis di media Israel yang mengajukan pertanyaan yang sama.

"Mereka bisa melakukannya. Namun jika Anda orang Palestina, Anda tidak bisa melakukan hal ini,” kata pengacara tersebut.


Bekas Tahanan

Suar Terangi Langit Malam di Gaza
Israel telah membalas serangan Hamas pada 7 Oktober lalu, dengan serangan udara dahsyat ke daerah kantong pesisir, yang merupakan rumah bagi 2,3 juta warga Palestina. (AP Photo/Abed Khaled)

Menanggapi pertanyaan sebelumnya dari CNN mengenai peningkatan umum penangkapan atas unggahan media sosial, Polisi Israel mengatakan bahwa meskipun mereka "menjunjung tinggi hak dasar atas kebebasan berpendapat, namun sangat penting untuk menangani mereka yang mengeksploitasi hak ini untuk memicu kekerasan yang berbahaya." Salah satu orang yang diwakili oleh Baker adalah Dalal Abu Amneh, seorang penyanyi dan ahli saraf Palestina terkenal yang ditangkap setelah meminta bantuan polisi pada 16 Oktober 2023.

Ia menerima banyak ancaman serius melalui unggahan di halaman Facebook dan Instagram-nya yang memuat kalimat Al-Quran "There is No victor but God" dan emoji bendera Palestina. Polisi mengatakan pernyataan itu, menghasut terorisme dan kekerasan.

Pengacaranya mengatakan bahwa pernyataan tersebut diunggah di halaman Facebook dan Instagram Abu Amneh oleh tim PR-nya dan telah dihapus. Baker mengatakan unggahan tersebut, yang dibagikan pada 7 Oktober 2023 malam, setelah serangan Hamas dan serangan IDF pertama terhadap Gaza, dimaksudkan sebagai "reaksi terhadap perang di kedua sisi."

Abu Amneh yang berusia 40 tahun, ditahan selama dua hari, kemudian dibebaskan dengan jaminan pada 18 Oktober 2023 menjadi tahanan rumah, kata Baker kepada CNN. Ia belum didakwa bertindak kejahatan apa pun namun dilarang berbicara tentang perang di Gaza selama 45 hari, tambah Baker.

CNN telah berulang kali meminta Polisi Israel untuk menanggapi mengenai kasus Abu Amneh, namun belum menerima tanggapan apa pun. Abu Amneh menghabiskan dua minggu terakhir ini mengurung di rumah orangtuanya, meskipun tahanan rumahnya telah berakhir.

"Dia sangat takut, dia takut kembali ke rumahnya, kata Baker. "Orang-orang memasang bendera Israel di sekitar rumahnya dan mengancamnya serta membagikan tempat tinggalnya di media sosial."

Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya