Rangkaian Prosesi Pernikahan Pangeran Mateen Dimulai dengan Lamaran, Sosok Kakak Anisha Rosnah Curi Perhatian

Rangkaian prosesi pernikahan putra keempat Sultan Hassanal Bolkiah, Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah dimulai dengan Majlis Istiadat Bersuruh Diraja atau lamaran kerajaan pada Minggu, 7 Januari 2024.

oleh Putu Elmira diperbarui 09 Jan 2024, 03:00 WIB
Diterbitkan 09 Jan 2024, 03:00 WIB
Rangkaian Prosesi Pernikahan Pangeran Mateen Dimulai dengan Lamaran, Sosok Kakak Anisha Rosnah Curi Perhatian
Rangkaian Prosesi Pernikahan Pangeran Mateen Dimulai dengan Lamaran, Sosok Kakak Anisha Rosnah Curi Perhatian (Tangkapan Layar Instagram/janetira)

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian prosesi pernikahan putra keempat Sultan Hassanal Bolkiah, Pangeran Mateen dengan Anisha Rosnah dimulai dengan Majlis Istiadat Bersuruh Diraja atau lamaran kerajaan pada Minggu, 7 Januari 2024. Prosesi ini digelar di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan yang dihadiri keluarga dari kedua belah pihak calon mempelai.

Di prosesi ini, Anisha Rosnah diwakilkan oleh ayah dan kakaknya, Danial Deen Isa-Kalebic, yang menjawab pinangan calon mempelai pria. Danial terlihat berbalut pakaian Melayu Brunei, yakni kemeja lengan panjang warna biru muda dipadu dengan celana panjang warna senada.

Ia juga mengenakan kain songket yang dililitkan di pinggang dan memakai songkok hitam. Kakak Anisha Rosnah ini turut hadir bersama istrinya, Janetira Attaskulchai yang memakai baju kurung dan kerudung warna senada dengan suaminya.

Potret pasangan ini di momen lamaran kerajaan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah dibagikan Janetira melalui akun Instagram pribadi. Keduanya terlihat tengah berjalan berdampingan sembari tersenyum.

Dikutip Hello Magazine, Jumat, 5 Januari 2023, akad nikah Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah bakal digelar pada Kamis, 11 Januari 2024. Namun, rangkaian prosesinya akan memakan waktu hingga 10 hari, yakni 7 hingga 16 Januari 2024.

Prosesi pernikahan Mateen dan Anisha Rosnah itu dimulai dengan lamaran kerajaan pada 7 Januari 2024. Acara ini dimeriahkan dengan pertunjukan para musisi kerajaan.

Sementara, akad nikah akan dilaksanakan beberapa hari kemudian di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien. Pada 14 Januari 2024, Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah akan melangsungkan pesta resepsi yang diikuti dengan perjamuan kerajaan berkilauan dan parade yang akan mengundang tamu dari seluruh dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

Potret Anisha Rosnah Berhijab Saat Khatam Khatam Al-Qur'an

Gaya Kerudung Anisha Rosnah Tunangan Pangeran Abdul Mateen saat Khatam Alquran
Gaya Kerudung Anisha Rosnah Tunangan Pangeran Abdul Mateen saat Khatam Alquran. [Dok. @muash.portofolio]

Potret Anisha berhijab jelang pernikahannya menjadi perbincangan hangat di jagat maya. Potret yang dijepret oleh fotografer Muash Rosman tersebut dibagikan oleh desainer Teh Firdaus di akun Instagramnya. Dalam unggahan itu terlihat Anisha berbalut baju kurung putih dengan bordiran di lengan tangan serta bawah baju.

Baju kurung yang dikenakan pujaan hati Pangeran Abdul Mateen itu terdiri atas atasan lengan panjang dan rok panjang. Anisha juga tampak berhijab putih.

Menurut keterangan desainer, baju kurung Anisha terbuat dari tenunan Brunei. Potret anggunnya itu diabadikan saat momen Khatam Al-Qur'an.

Sebelumnya, Pangeran Abdul Mateen membagikan potret dirinya dan calon istri. Momen manis itu terabadikan dalam sebuah potret yang diunggah pangeran berusia 32 tahun itu melalui akun Instagram pribadi. Dalam potret, Pangeran Abdul Mateen tampil dalam balutan kemeja putih lengan panjang dipadu setelan warna gelap.

Sembari tersenyum ke arah kamera, satu tangannya masuk ke dalam saku celana. Ia didampingi calon istrinya juga tersenyum manis ke arah kamera.


Potret Pangeran Mateen dan Calon Istri Jelang Menikah

Pangeran Mateen dan calon istrinya Dayang Anisha Rosnah Adam mengucapkan pesan selamat tahun baru 2024 dalam unggahan di Instagram (@tmski).
Pangeran Mateen dan calon istrinya Dayang Anisha Rosnah Adam mengucapkan pesan selamat tahun baru 2024 dalam unggahan di Instagram (@tmski).

Perempuan yang juga dikenal dengan nama Anisha Isa-Kalebic tersebut tak kalah mencuri atensi dengan mengenakan blazer dan celana bernuansa ivory. Rambut panjangnya dibiarkan tergerai indah.

Anisha juga tampil dengan polesan riasan dan mengenakan aksesori perhiasan mulai dari anting-anting, cincin, hingga gelang. "Wishing you all the best for 2024 💫," bunyi keterangan dalam unggahan yang dibagikan Pangeran Mateen pada 31 Desember 2023.

Lantas, siapa Anisha Isa? Dikutip dari Murai, Minggu, 8 Oktober 2023, Anisha merupakan cucu dari penasihat sultan di Brunei, Pehin Dato Awang Isa bin Awang Ibrahim. Kakeknya adalah seorang pembesar Brunei.

Kini, kakek Anisha menjabat sebagai Penasihat Khusus Sultan dan Menteri di Departemen Perdana Menteri di pemerintahan Brunei. Ia juga seorang Manteri, yakni golongan pembesar kerajaan yang bergelar "Pehin Orang Kaya Laila Setia Bakti Diraja". Menurut situs pemerintahan Brunei, pmo.gov.bn, Pehin Dato Haji Isa adalah pendiri Royal Brunei Airlines. Pada 1968, kakek Anisha Isa diangkat menjadi Wakil Jaksa Agung dan Wakil Menteri Besar pada 1970. 


Sosok Anisha Rosnah

Anisha Rosnah, Calon Istri Pangeran Mateen dari Brunei Darussalam
Anisha kerap tampil dengan busana warna hitam, misalnya mengenakan long dress lengan panjang hitam polos. Dengan rambut yang digerai. [@anisha.haikk]

Setahun kemudian, yakni 1971 hingga 2005, ia diangkat sebagai Penasihat Umum Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam. Sejak itu, kakek Anisha dekat dengan anggota pemerintahan. Pada November 1974 hingga Januari 1984, Pehin Dato Awang Isa menjabat sebagai Founding Chaieman Royal Brunei Airlines yang didirikannya.

Kakak kandung Anisha yang akrab disapa Danial Ceen Isa Kalebic adalah teman dekat Pangeran Mateen. Mereka kerap bertemu dan punya hobi yang sama, yakni bermain sepak bola.

Anisha diketahui adalah lulusan universitas ternama di Inggris. Ia juga disebut punya bisnis fashion Slik Collective dan bisnis travel bernama Authentinerary yang dibangun bersama sahabatnya, Emily.

Anisha adalah sosok yang suka traveling. Dalam potret yang beredar, Anisha kerap berkunjung ke beberapa negara.

Sebelumnya pada 2020 lalu, sosok Anisha sempat membuat heboh setelah dikabarkan sebagai kekasih Pangeran Mateen. Sederet potret kebersamaan mereka juga beredar luas di jagat maya dan dikabarkan telah menjalin hubungan selama beberapa tahun.

Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia
Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya