Pelantikan dan Pelepasan Perwira Transportasi Program Diklat Pelaut dan Politeknik Pelayaran Banten

Para perwira yang dilantik terdiri dari Program Diklat Pelaut Peningkatan Serta Program Diklat Pelaut Pembentukan dan Diploma III Politeknik Pelayaran Banten tahun 2024.

oleh Tim Lifestyle diperbarui 04 Feb 2024, 04:06 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2024, 06:48 WIB
Pelantikan dan Pelepasan Perwira Transportasi Program Diklat Pelaut dan Politeknik Pelayaran Banten
Pelantikan dan Pelepasan Perwira Transportasi Program Diklat Pelaut dan Politeknik Pelayaran Banten.  foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Bertempat di Gedung Auditorium Aldebaran Politeknik Pelayaran Banten, 30 Januari 2024 telah dilaksanakan upacara pelantikan dan pelepasan perwira tranportasi laut, sebanyak 2.248 perwira telah dilantik oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut Dr. Ir. Ahmad M.MTr., QIA ., CFr. A., Para perwira yang dilantik terdiri dari Program Diklat Pelaut Peningkatan Serta Program Diklat Pelaut Pembentukan dan Diploma III Politeknik Pelayaran Banten tahun 2024.

Para ulusan Program Diklat Pelaut Tingkat II, III, IV, dan V Bidang Keahlian Nautika dan Teknika, Diklat Pelaut Pembentukan III dan IV, dan Diploma III yang dilantik pada hari itu telah mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai IMO Model Course 7.01, 7.02, 7.03 dan 7.04 dengan sistem dan metode pembelajaran sesuai masa studi masing-masing.

Upacara pelantikan dan pelepasan perwira transportasi kali ini mengusung tema “Perwira Transportasi Laut yang Unggul, Berdaya Saing dan Berbasis Teknologi Menuju Indonesia Emas 2045”.

Hal ini memberi pemahaman secara inklusif kepada masyarakat, khususnya sektor maritim untuk Perwira Transportasi yang unggul merupakan modal untuk mampu bersaing dan berkompetisi di dunia kerja. Softskill dan hardskill yang harus senantiasa ditambah dan diperbaharui agar menyesuaikan dengan kemajuan teknologi yang semakin modern.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut dalam amanatnya menyampaikan agar para pelaut Indonesia yang telah menyelesaikan berbagai jenjang pendidikan dan pelatihan dengan potensi sumber daya maritim yang sangat besar dan visi misi menjadi poros maritim dunia, Indonesia membutuhkan SDM Maritim yang unggul dan kompeten.

“Ssaya mengimbau saudara-saudari memahami betul peran saudara dan dengan semangat mendedikasikan ilmu yang didapat selama pendidikan dan pelatihan guna mewujudkan visi misi tersebut” ucapnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Meningkatkan Kejayaan di Laut

Pelantikan dan Pelepasan Perwira Transportasi Program Diklat Pelaut dan Politeknik Pelayaran Banten.  foto: istimewa
Pelantikan dan Pelepasan Perwira Transportasi Program Diklat Pelaut dan Politeknik Pelayaran Banten. foto: istimewa

Dr. Ir. Ahmad juga mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan pendidikan dan pelatihan dan siap untuk mendharmabaktikan diri untuk mempertahankan dan meningkatkan kejayaan kita di laut.

Serta memberi apresiasi kepada sivitas akademika Poltekpel Banten, khususnya para dosen dan instruktur dalam upaya mendidik dan melatih para generasi maritim Indonesia sehingga mampu melahirkan perwira-perwira transportasi laut yang unggul dan berdedikasi tinggi dan berperan aktif pada perkembangan dunia maritim guna mewujudkan Indonesia emas 2045 melalui sektor maritim.

Hal yang menarik pada acara pelantikan dan pelepasan perwira transportasi laut Poltekpel Banten kali ini yaitu penandatangan MoU kerja sama dengan beberapa Perusahaan pelayaran yang disaksikan langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, serta pemberian santunan kepada anak-anak yatim dari Yayasan.


Pertunjukkan Seni Tari dan Bela Diri

Pelantikan dan Pelepasan Perwira Transportasi Program Diklat Pelaut dan Politeknik Pelayaran Banten.  foto: istimewa
Pelantikan dan Pelepasan Perwira Transportasi Program Diklat Pelaut dan Politeknik Pelayaran Banten. foto: istimewa

Dan yang paling menarik bagi para wisudawan yaitu pelaksanaan sistem Delivery On, atau pemberian ijazah secara langsung kepada para wisudawan setelah selesai pelaksanaan upacara pelantikan.

Seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan proses diklatnya dan dinyatakan lulus serta melengkapi seluruh administrasi dapat langsung mengambil ijazah di loket pelayanan Gedung satu atap Politeknik Pelayaran Banten.

Usai pelaksanaan pelantikan dan pelepasan, wisudawan beserta keluarga disajikan hiburan menarik dari pertunjukkan seni tari dan seni bela diri, dan penampilan marching band Gempita Swara Bahari Politeknik Pelayaran Banten.

Ada pula Pertunjukkan Barongsai yang juga menjadi atraksi yang tak kalah menarik perhatian bagi seluruh tamu yang hadir di lapangan Seven Ocean. Wisudawan dan keluarga sangat antusias dengan hiburan yang diselenggarakan. Acara ditutup dengan joget bersama para wisudawan, keluarga, tamu undangan serta seluruh pengisi acara.

 

Infografis Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pengganti BSNP
Infografis Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pengganti BSNP (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya