Kronologi Insiden Jastiper yang Ditolak Masuk Pesawat karena Kelebihan Bagasi

Sebagai influencer, Isty telah membangun reputasi dengan menawarkan jasa titip (jastip) bagasi antara Indonesia dan Turki.Kejadian tragis ini dibagikannya pada warganet melalui akun TikTok-nya dan video yang merekam momen pahitnya tersebut menjadi viral dengan lebih dari 4,8 juta penonton.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 27 Jan 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2024, 04:00 WIB
Seorang jastiper gagal masuk pesawat lantaran kelebihan bagasi.
Seorang jastiper gagal masuk pesawat lantaran kelebihan bagasi. (Dok: TikTok @is.tyy_)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kejadian menyedihkan dialami wanita bernama Isty, seorang jastiper yang kerap membelanjakan titipan orang saat hendak melakukan penerbangan ke luar negeri. Ia ditolak masuk pesawat dari Indonesia ke Turki dengan sebuah maskapai penerbangan asal negeri tersebut.

Insiden itu membuatnya sangat terpukul lantaran ia merasa diperlakukan tak layak oleh staf maskapai yang diketahui lewat rekaman videonya saat mencoba boarding ke pesawat. "Perlakuan tidak menyenangkan dari staf maskapai Indonesia, saya rugi besar dan gagal terbang," ungkapnya dalam keterangan unggahan pada Senin, 22 Januari 2024.

Isty diketahui adalah seorang influencer dengan akun TikTok @is.tyy_, telah menjadi anggota platinum di maskapai penerbangan tersebut. "Saya anggota platinum tapi saya diperlakukan seperti sampah," tulisnya 

Namun malang tak bisa ditolak, saat hendak terbang di mana meskipun masih tersisa 30 menit sebelum waktu boarding berakhir. Ia tidak diizinkan untuk masuk ke dalam pesawat dengan alasan kelebihan bagasi.

"Saya mempunyai kelebihan bagasi kabin dan saya diminta untuk menguranginya, saya sudah menguranginya sehingga kasus ini harus diselesaikan!" jelasnya.

Sebagai influencer, Isty telah membangun reputasi dengan menawarkan jasa titip (jastip) bagasi antara Indonesia dan Turki.Kejadian tragis ini dibagikannya pada warganet melalui akun TikTok-nya dan video yang merekam momen pahitnya tersebut menjadi viral dengan lebih dari 4,8 juta penonton.

"Solusinya bukan membatalkan penerbangan saya. Begitukah cara staf maskapai Indonesia memperlakukan penumpangnya? Terutama karena saya adalah anggota platinum Etihad." Sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pro dan Kontra Warganet

Seorang jastiper gagal masuk pesawat karena kelebihan bagasi. (Dok: TikTok @is.tyy_)
Seorang jastiper gagal masuk pesawat karena kelebihan bagasi. (Dok: TikTok @is.tyy_)

Isty mengaku juga diperlakukan dengat kurang baik, bahkan ditarik dan didorong seperti pasien rumah sakit jiwa. "Ini kalo ada tambahan biaya dan reschedule saya minta ganti rugi," keluhnya lagi sambil menahan tangis dan mengatakan bahwa apa yang dilakukan petugas maskapai tersebut jahat.

Lalu ia terlihat dihalangi masuk ke dalam pesawat dengan dijaga beberapa petugas. Tak sanggup membayangkan berapa kerugian yang akan dideritanya, suara tangisnya pun terdengar. Kamera ponselnya bahkan terjatuh, ia pun masih terus berusaha agar diizinkan masuk pesawat tapi nyatanya petugas tetap saja tak ditanggapi.

Konten yang disukai oleh lebih dari 1 juta pengguna TikTok itu pun ramai dibahas warganet. Ada yang ikut sedih, namun di antaranya namun merasa tak ingin tertipu dengan air mata jastiper tersebut.

"Dia buka jastip dari luar negeri dan sering muatannya lebih, dia sengaja mepet jam biar terpaksa lolo gitu lah, cuma ini lagi apes aja," komentar warganet.

"Bukannya Etihad platinum dapat lebih bagasi?" tanya yang lain dengan pertanyaan serupa dari banyak warganet.

"Etihad itu bukan penerbangan kaleng-kaleng, berarti ada yang nggak sesuai prosedur," sambung warganet.

"Nyesek banget dengernya gue," yang lain bersimpati. 


Profesi Jastip

Layanan Jastip
Jastip menjadi alternatif berbelanja aman di masa pandemi.

Mengutip dari laman Regional Liputan6.com, Sabtu (27/1/2024), jastip merupakan bisnis jasa titip. Jastip merupakan bisnis jasa yang memiliki tujuan membantu orang melakukan pembelian produk di luar jangkauan.

Nah, bisnis jastip ini belakangan semakin populer. Cara kerjanya pun sederhana, yang paling umum, jalan-jalan, unggah informasi tertentu, mengumpulkan pesanan titipan lalu beli barang titipan.  

Dapat dikatakan jika menjalankan bisnis jasa titip tidak membutuhkan modal besar. Hal ini disebabkan karena bisnis jasa titip umumnya baru membelikan barang saat konsumen sudah melakukan pembayaran. Lalu, apa sih manfaat dari penggunaan jasa ini?

Keuntungan penggunaan jasa ini adalah bisa menghemat waktu. Terlebih jika penyedia jasa tersebut dapat Anda akses secara online, maka segalanya menjadi lebih praktis.

Ini akan sangat bermanfaat terutama jika Anda seorang pekerja dan tidak memiliki waktu luang untuk berbelanja. Sehingga, Anda tidak akan keteteran dengan waktu yang terbatas. Kemudian, Anda bisa memesan layanan titip beli kapan saja dan di mana saja secara mudah. 


Jastip Makin Berkembang

Jastip
Keuntungan penggunaan jasa ini adalah bisa menghemat waktu. Terlebih jika penyedia jasa tersebut dapat Anda akses secara online, maka segalanya menjadi lebih praktis.

Jasa satu ini menawarkan layanan yang menarik, terutama bagi konsumen ‘mager’ alias males gerak berkeliling mall. Hal ini pastinya tidak akan membuat Anda kehilangan banyak tenaga. Sebab dengan bersantai Anda pun bisa dengan mudah memilih dan membeli barang yang dibutuhkan.

Cukup mengecek pembaruan di sosial media, konsumen dapat memilih produk yang ingin mereka beli. Lalu, Anda tinggal berkomunikasi dengan admin penyedia jasa.

Anda tidak perlu mengeluarkan usaha berlebih, atau misalnya berhadapan dengan kemacetan di jalan yang menyebalkan. Semua bisa Anda lakukan lewat ponsel saja. 

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari layanan ini adalah menghemat biaya. Memang, Anda tetap harus membayar biaya jasa titip itu sendiri. Tapi, tentunya Anda bisa memilih jasa dengan biaya yang masuk akal. 

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi dan hal lainnya, apalagi jika berada di lokasi yang cukup jauh. Sekarang, bisnis ini semakin berkembang, kemudian banyak para pelakunya yang semakin kreatif. Tidak hanya membuka jastip di lokasi wisata, bahkan merambah ke tempat perbelanjaan. Ya, kini layanan jastip juga muncul di mal.

 

Infografis Destinasi Belanja di Indonesia
Infografis Destinasi Belanja di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya