Panduan Beli Kasur yang Awet dan Cara Tepat Merawatnya

Tidak hanya secara produk, jaminan, seperti 15 hari pengembalian di ShopTokopedia Mall, juga penting dipertimbangkan saat membeli kasur.

oleh Asnida Riani diperbarui 21 Jul 2024, 14:30 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 14:30 WIB
ShopTokopedia Mall
Display produk kasur INTHEBOX di acara pengenalan ShopTokopedia Mall di Park Hyatt Jakarta, 19 Juli 2024. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Kasur merupakan salah satu perabot rumah tangga yang penting dalam menunjang keseharian, dalam hal ini istirahat berkualitas. Karena itu, memilih kasur tidak bisa sembarangan, mengingat harganya juga tidak bisa dikatakan murah.

Founder INTHEBOX Tobi Gunawan mengatakan, pembelian kasur merupakan bentuk investasi jangka panjang. "Kasur yang bagus itu sebenarnya tidak bisa diketahui saat membeli, kendati sudah membaca deskripsi produk," katanya usai jumpa pers peluncuran ShopTokopedia Mall di bilangan Jakarta Pusat, Jumat, 19 Juli 2024.

"Yang kami jaga adalah kepercayaan konsumen," ia menambahkan. "Kalau ada komplain kualitas, bagaimana kami memberi solusi sebaik mungkin. Itu jadi cara kami bertanggung jawab dengan produk kami."

Maka itu, penting membeli kasur dari merek dengan servis setelah pembelian yang baik. Soal daya tahan kasur, lanjut Tobi, itu sebenarnya akan terlihat setelah beberapa waktu, bukan saat baru membeli. Ia juga menyarankan memilih kasur dari merek yang memberi jaminan pengembalian, berjaga-jaga konsumen merasa tidak cocok dengan kasur yang dibeli.

"Di ShopTokopedia Mall, misalnya, ada jaminan pengembalian 15 hari. Periode itu, menurut saya, cukup fair bagi konsumen untuk mencoba dulu kasurnya seperti apa dan bagaimana mereka akan memakainya ke depan," ujar dia.

Terkait kapan sebaiknya sebuah kasur diganti, Tobi menyebut, tidak ada periode saklek dalam hal ini. "Tergantung kualitas kasurnya," kata dia. "Kalau masih bagus, rasanya tidak ada alasan untuk menggantinya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Merawat Kasur

ShopTokopedia Mall
Peluncuran ShopTokopedia Mall di Park Hyatt Jakarta, 19 Juli 2024. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Tobi mengatakan, orang biasanya akan membeli kasur baru setelah menikah. "Ada momen-momen tertentu memang (dalam membeli kasur), tapi yang penting, kasur masih layak. Jangan terus dipakai bila sudah sampai mengganggu keseharian," ia menyarankan.

Terkait perawatan, ia menyebut, penting untuk merotasi kasur dari waktu ke waktu. Ia menjelaskan, "Karena kita biasanya tidur di satu sisi, penting untuk kasur di-rotate. Misalnya, posisi kepala hari ini diputar ke kaki dalam enam bulan. Ada juga kasur yang bisa dirotasi empat sisi. Jadi tidak hanya kepala ke kaki, tapi atas bawah juga."

Bila kasur terkena sedikit noda, ia menyarankan membersihkannya memakai sedikit deterjen dan air. "Jangan terlalu basah, karena air akan menyerap ke bawah. Kasur spring bed secara umum sebenarnya tidak akan cepat rusak, jadi tergantung pemakaiannya."

"Kalau kasur kena air hujan atau banjir, walau sekali saja, itu sudah pasti rusak. (Terkena) ompol juga sama, sebaiknya siap-siap ganti kasur," ia menyarankan.


Upaya Memperluas Penjualan Produk

ShopTokopedia Mall
Jumpa pers ShopTokopedia Mall di Park Hyatt Jakarta, 19 Juli 2024. (Liputan6.com/Asnida Riani)

INTHEBOX merupakan salah satu jenama lokal yang telah jadi partner ShopTokopedia Mall. Menurut Tobi, pengemasan konten kreatif untuk memberi pengalaman berbelanja yang berbeda untuk pelanggan jadi kata kunci di platform penjualan tersebut.

Merek lain yang juga menerima badge "Mall" adalah Somethinc. Co-founder jenama produk kecantikan lokal itu, Benny Yahya, sepakat dengan Tobi, menyebut ShopTokopedia telah berperan meningkatkan awareness, selain sebagai medium edukasi dan pemasaran bagi para pelanggan lewat konten menarik.

"Dengan berstatus 'Mall,' pelanggan jadi semakin percaya," ia menambahkan.

Vice President Aerostreet Rizal Maulana berkata, "Kami memanfaatkan live shopping di TikTok untuk meningkatkan penjualan di ShopTokopedia. Aerostreet berhasil menjual ribuan produk per hari lewat ShopTokopedia. Bergabung di ShopTokopedia Mall tidak hanya meningkatkan kepercayaan pembeli, tapi juga menambah jumlah pengikut dan penjualan kami."

Sementara itu, Senior Director of Ecommerce ShopTokopedia Stephanie Susilo mengatakan, "Tokopedia dan ShopTokopedia melengkapi satu sama lain demi membantu sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia dari berbagai skala bisnis menjangkau pasar lebih luas."


Peluncuran ShopTokopedia Mall

ShopTokopedia Mall
Display produk skincare Somethinc dan fesyen Aerostreet di acara pengenalan ShopTokopedia Mall di Park Hyatt Jakarta, 19 Juli 2024. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Ini salah satunya dilakukan melalui peluncuran ShopTokopedia Mall pada Jumat, 19 Juli 2024. "Melalui ShopTokopedia Mall, kami ingin membantu pelaku usaha di Indonesia melakukan ekspansi dan eskalasi bisnis, sekaligus meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi daring," Stephanie menyebut.

Di Tokopedia, ia menjelaskan, sejumlah pelaku bisnis fesyen mengalami rata-rata peningkatan penjualan hingga tiga kali lipat setelah jadi Official Store, menurut data Tokopedia semester I 2024. Hal tersebut melatarbelakangi ShopTokopedia meluncurkan ShopTokopedia Mall.

"Penjual di ShopTokopedia yang berstatus 'Mall' bisa meningkatkan kepercayaan pembeli dan visibilitas toko maupun produk lewat sederet keuntungan, termasuk pengelolaan toko maupun produk lebih eksklusif dan voucer pengiriman spesial. Penjual bisa menikmati solusi pemasaran komprehensif untuk mendapat eksposur lebih tinggi, dengan hadir di berbagai posisi strategis pada consumer purchase journey," klaimnya.

Di sisi lain, konsumen bisa mendapatkan berbagai keuntungan lewat ShopTokopedia Mall. Ini termasuk beragam produk kebutuhan sehari-hari dengan jaminan 100 persen asli, gratis ongkos kirim (ongkir), dan gratis 15 hari pengembalian.

Infografis Destinasi Belanja di Indonesia
Infografis Destinasi Belanja di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya