Anak Pertama Putra Mahkota Yordania dan Putri Rajwa Lahir, Langsung Diazani Sang Ayah

Putra mahkota Yordania, Pangeran Hussein dan Putri Rajwa menyambut kelahiran anak pertamanya pada 3 Agustus 2024 yang berjenis kelamin perempuan.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 04 Agu 2024, 09:15 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2024, 09:15 WIB
Anak Pertama Putra Mahkota Yordania dan Putri Rajwa Lahir, Namanya Sederhana tapi Bermakna
Raja Yordania, Raja Abdullah II menimang cucu pertamanya dari pasangan Pangeran Hussein dan Putri Rajwa dan disaksikan Ratu Rania. (dok. Instagram @alhusseinjo/https://www.instagram.com/p/C-NkBBvIcvd/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah ketegangan di Timur Tengah yang dipicu agresi militer Israel, Yordania yang berdekatan dengan kawasan itu baru saja dianugerahi kabar baik. Putra Mahkota Yordania Pangeran Hussein dan Putri Rajwa baru saja dianugerahi anak pertama berjenis kelamin perempuan.

Mengutip laman Hello Magazine, Minggu (4/8/2024), anak pertama Hussein dan Rajwa dinamai Putri Iman binti Hussein. Kabar bahagia itu disampaikan langsung di akun Instagram resmi kerajaan dalam bahasa Arab yang berbunyi, "Yang Mulia Pangeran Hussein bin Abdullah II, penjaga perjanjian, mengumandangkan azan di hari kelahirannya, Yang Mulia Putri Iman binti Hussein, mengikuti sunah Rasulullah SAW."

Adik Hussein yang juga bernama sama dengan putrinya, Iman, sangat senang dengan kelahiran keponakan barunya. Jelang kelahiran sang putri, Pangeran Hussein dan Putri Rajwa mengatakan kepada Hello! Arabia, "Kami sangat gembira untuk memulai babak baru dalam hidup kami. Keluarga kami semakin berkembang, dan kami sangat gembira menyambut si kecil kami ke dunia."

Setelah Iman lahir, sebuah video dibagikan yang menampilkan ayahnya mengumandangkan azan di telinganya. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh seorang ayah sesaat setelah kelahiran anaknya dan melambangkan pentingnya keimanan dalam kehidupan sang anak.

Iman lahir di King Hussein Medical Center; rumah sakit ini telah digunakan untuk kelahiran bangsawan Yordania termasuk Raja Abdullah dan Putri Mahkota Hussein. Dalam bahasa Arab, Iman bermakna 'keyakinan' atau 'kepercayaan'. Di keluarga Hashemite, selain adik Hussein, adik perempuan Raja Abdullah juga bernama Iman. Sudah menjadi tradisi bagi mereka untuk mengikuti budaya Arab dan memberikan nama dengan arti khusus kepada anak mereka.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Reaksi Ratu Rania dan Raja Abdullah II Atas Kelahiran Cucu Pertamanya

Anak Pertama Putra Mahkota Yordania dan Putri Rajwa Lahir, Namanya Sederhana tapi Bermakna
Putra mahkota Yordania, Pangeran Hussein dan Putri Rajwa. (dok. Instagram @alhusseinjo/https://www.instagram.com/p/C8EZ1vwIs-5//Dinny Mutiah)

Seperti anggota Kerajaan Yordania lainnya, Ratu Rania juga merasa bahagia atas kelahiran cucu pertamanya. Ia mengungkapkan kegembiraannya di media sosial dengan menulis, "Alhamdulillah atas anugerah-Nya yang terbesar... Anda telah menerangi hidup kami dengan cucu kami yang berharga, Iman. Semoga Tuhan melindungi kami dari Anda. Selamat kepada Hussein dan Rajwa, dan semoga Tuhan mengisi hidup Anda dengan berkah dan kepuasan."

Ayah Pangeran Hussein, Raja Abdullah, juga merayakannya melalui pernyataan di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. "Alhamdulillah telah memberikan kami cucu perempuan pertama kami, Iman binti Al-Hussein. Saya mengucapkan selamat kepada Al-Hussein dan Rajwa Al-Azizan atas bayi mereka yang baru lahir. Kami memohon kepada Tuhan untuk memberinya pertumbuhan yang baik dan melindunginya untuk orangtuanya. Kamu mencerahkan keluarga kami, kakek."

Dalam pernyataan resmi kerajaan diketahui bahwa Putri Iman binti Hussein lahir pada Sabtu, 3 Agustus 2024. Pihak kerajaan pun menyampaikan selamat dan harapan terbaik bagi kakek dan nenek baru, yakni Raja Abdullah II dan Ratu Rania. 

"Yang Mulia sangat gembira dan berterima kasih atas penyambutan anak pertama mereka, dan menyerukan kepada para simpatisan untuk mempertimbangkan menyumbang ke Dana Al-Aman untuk Masa Depan Anak Yatim sebagai pengganti pengiriman hadiah atau bunga," imbau pihak kerajaan.

 


Pengumuman Kehamila Putri Rajwa dari Yordania

Royal Wedding Putra Mahkota Yordania Hussein dan Rajwa Alseif
Putra Mahkota Al Hussein bin Abdullah II dari Yordania dan Nona Rajwa Alseif. (Sumber: AP/Royal Hashemite Court)

 

Pangeran Hussein dan Putri Rajwa mengumumkan kehamilan anak pertama mereka pada April 2024. Dalam pernyataan yang disampaikan juru bicara Kerajaan Yordania disampaikan, "Pengadilan Kerajaan Hashemite menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Yang Mulia Raja Abdullah II dan Ratu Rania Al Abdullah pada kesempatan ini, dan mendoakan Yang Mulia Putra Mahkota Al Hussein dan Putri Rajwa diberikan kesehatan dan kegembiraan saat mereka menyambut bayi mereka."

Beberapa minggu setelahnya, jelang ulang tahun ke-30 Putri Rajwa, Hussein pun membagikan foto kehamilan istrinya seraya mengucapkan selamat ulang tahun. Tak lama setelah itu, jelang peringatan ulang tahun pertama pernikahan mereka, Putri Rajwa tampil menawan dengan perutnya yang membuncit.

Sang ibu mertua pun memuji menantunya. Ia mengucapkan selamat ulang tahun seraya menyatakan ketidaksabarannya melihat Hussein dan Rajwa menjadi orangtua. Rajwa bahkan menyebut ibu mertuanya sudah mulai berbelanja peralatan bayi beberapa minggu sebelumnya.

"Semua akan berubah dengan anak-anak, pastinya," kata Pangeran Hussein. "Aku tidak tahu apa yang harus diharapkan, tapi terima kasih Tuhan kami semangat dan keluargaku juga bersemangat."


Pernikahan Pangeran Hussein dan Putri Rajwa dari Yordania

Royal Wedding Putra Mahkota Yordania Hussein dan Rajwa Alseif
(Sumber: ROYAL HASHEMITE COURT)

Pangeran Hussein dan Putri Rajwa menikah pada Kamis, 1 Juni 2023. Rajwa merupakan anak seorang arsitek keturunan Arab Saudi. Upacara pernikahan keduanya dihadiri sejumlah bangsawan dan tamu VIP dari seluruh dunia, termasuk Pangeran William dan Kate Middleton, Putri Beatrice dan suaminya, dan Raja Philippe dan Putri Mahkota Elisabeth dari Belgia.

Ibu Negara Amerika Serikat Jill Biden dan putrinya Ahsley Biden juga hadir. Bersama itu ada pula Putra Mahkota Denmark Pangeran Frederik dan Putri Mary; Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda; Putri Mahkota Swedia Victoria dan Pangeran Daniel serta banyak lagi. Dari sekian bangsawan yang hadir, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) dilaporkan absen.

Baik Rajwa Al Saif dan Kate Middleton mengenakan gaun rancangan desainer Lebanon Elie Saab saat upacara pernikahan, menandai penampilan pertama keduanya pada Kamis. Hal ini dikonfirmasi juru bicara rumah mode tersebut, Maryline Mossino. Sementara, sang putra mahkota memakai seragam militer seremonial lengkap dengan pedang bergagang emas.

Perayaan pernikahan Pangeran Hussein dan Rajwa Al Saif disebut sangat penting bagi kawasan, menggarisbawahi kesinambungan di sebuah negara "penjembatan" Barat dan Timur yang mampu menjaga stabilitasnya sekian lama sekaligus menyegarkan citra monarki setelah perseteruan internal di istana. Bahkan, pernikahan ini dinilai dapat membantu Yordania yang miskin sumber daya alam menjalin ikatan strategis dengan Arab Saudi.

 

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19
Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya