Tips Meratakan Warna Kulit Belang Secara Efektif, Cobain dan Rasakan Hasil Baiknya

Apabila tips meratakan warna kulit belang diterapkan setiap hari dengan rajin, maka hasil baiknya akan dapat kamu rasakan.

oleh Gloria Trivena May Ary diperbarui 27 Agu 2024, 09:15 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 09:15 WIB
Merawat Kulit
Ilustrasi Merawat Kulit/copyright shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Tips meratakan warna kulit belang pada beberapa bagian tubuh nyatanya nggak sesulit yang dibayangkan. Selain itu, perawatan untuk menghilangkan kulit wajah belang ini pun juga bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa memakan biaya yang besar. Hanya saja, kamu wajib melakukannya secara tekun dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ya, memang sudah bukan rahasia lagi bahwa kulit wajah belang dan masalah kulit belang yang menimpa bagian-bagian tubuh lainnya bisa bikin seseorang nggak percaya diri. Adapun kulit belang ini biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih, masalah pigmentasi, atau bekas jerawat yang sukar menghilang. Lantas, apakah kulit belang bisa kembali normal dan berapa lama kulit belang kembali normal?

Kulit belang ini tentunya dapat kembali normal asal ditangani sesegera mungkin dengan menggunakan beberapa tips tepat. Untuk lamanya proses penyembuhan, kulit belang bisa hilang tergantung seberapa rutin kamu merawatnya. Apabila tips meratakan warna kulit belang diterapkan setiap hari dengan rajin, tentu permasalahan tersebut akan hilang secepatnya. Sebaliknya, apabila kamu abai dan menganggap kulit belang bukan sesuatu yang penting untuk diurus, maka permasalahan tersebut justru akan lama hilangnya dan bertahan terus-menerus.

Oleh karena itu, biar warna kulit tubuh tetap rata dan tampilan bisa semakin maksimal, kamu wajib mencoba beberapa strategi jitu menghilangkan kulit belang, termasuk cara menghilangkan belang di wajah akibat berjilbab. Apa saja itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

1. Eksfoliasi Kulit Belang Secara Rutin 

ilustrasi eksfoliasi kulit/pexels
ilustrasi eksfoliasi kulit/pexels

Tips meratakan warna kulit belang yang pertama adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi kulit belang ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati, yang mana merupakan penyebab warna kulit terlihat nggak merata. Selain itu, eksfoliasi kulit wajah belang juga mampu bikin kulit tampak lebih cerah dan bercahaya.

Meski begitu, tips meratakan warna kulit belang dengan eksfoliasi kulit belang nggak bisa dilakukan secara sembarangan, ya. Pertama, kamu wajib mencari produk eksfoliasi kulit belang yang tepat. Misalnya saja, kamu bisa memilih produk yang memiliki kandungan AHA, BHA, dan PHA yang berkhasiat menghilangkan sel-sel kulit mati, serta menjadikan kulit lebih halus dan glowing.

Selanjutnya, cuci wajah dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan yang dialami. Barulah, setelah itu kamu bisa menggunakan produk eksfoliasi selama kurang lebih 60 detik. Jika sudah, cuci kembali wajah dengan air biasa dan aplikasikan moisturizer secara merata. Ingat, keesokan harinya, kamu wajib menggunakan sunscreen yang ringan. Pasalnya, kulit yang baru dieksfoliasi cenderung menjadi lebih sensitif dan rentan terkena efek buruk sinar UV matahari. Lakukan cara menghilangkan belang di wajah akibat berjilbab ini 1-2 kali seminggu untuk dapatkan hasil baiknya. 

2. Gunakan Masker untuk Meratakan Kulit Belang

Selain melakukan eksfoliasi kulit belang, kamu pun juga harus rutin menggunakan masker yang tepat. Masker untuk meratakan kulit belang biasanya mengandung vitamin C yang dapat diandalkan untuk membantu mengurangi pigmentasi pada kulit. Jika ingin meratakan kulit wajah belang secara alami pun, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai bahan yang dapat ditemukan dengan mudah.

Beberapa masker untuk meratakan kulit belang secara alami bisa kamu peroleh lewat lidah buaya, kunyit, hingga lemon. Dengan berbagai berkhasiat yang baik, seperti antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya, kamu bisa mewujudkan warna kulit lebih merata dan berkilau. 

Nah, untuk tips meratakan warna kulit belang yang satu ini, kamu bisa langsung saja membuat masker dari bahan-bahan tersebut dan aplikasikan ke area yang belang selama 15-20 menit sebelum dibilas. Lakukan secara rutin setiap 2-3 hari sekali untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Manfaatkan Serum yang Mengandung Vitamin C

Cara Tepat Menggunakan Serum
Ilustrasi Menggunakan Serum Credit: pexels.com/Shiny

Tips meratakan warna kulit belang berikutnya yaitu dengan memanfaatkan serum yang mengandung vitamin C. kandungan seperti vitamin C sendiri memang sering diandalkan dalam mengatasi kulit wajah belang, mengatasi flek hitam, hingga mencerahkan kulit wajah. Tetapi, apakah kulit belang bisa kembali normal dengan serum ini dan berapa lama kulit belang kembali normal seperti sedia kala?

Untuk diketahui, pemakaian serum vitamin C yang tepat dan rutin tentu saja bisa memberikan hasil efektif dalam menghilangkan kulit wajah belang. Sementara itu, serum ini bisa memperlihatkan hasil mulai di minggu ke 4 pemakaian. Tetapi, bila ingin hasil yang lebih signifikan, biasanya serum ini akan memakan waktu hingga 12 minggu lamanya.

4. Menggunakan Toner yang Tepat

Tips meratakan warna kulit belang yang bisa kamu coba selanjutnya adalah menggunakan produk toner yang tepat. Toner sendiri bekerja dengan membersihkan kotoran dan sisa-sisa makeup yang menempel pada kulit wajah belang. Selain itu, produk toner yang dilengkapi dengan kandungan AHA atau BHA dinilai ampuh mengangkat sel-sel kulit mati.

Nah, untuk berapa lama kulit belang kembali normal dengan penggunaan toner biasanya relatif memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, tergantung seberapa rutin kamu memakainya. Selain itu, cara menghilangkan kulit belang di wajah dengan cara ini pun juga perlu dukungan dari produk skincare lainnya biar hasil yang didapatkan lebih maksimal. 

5. Produk Skincare dengan Kandungan Niacinamide Bisa Menjadi Solusinya

15 Cara Meratakan Kulit Belang Akibat Terbakar Sinar Matahari, Nggak Perlu Galau Lagi
Skincare niacinamide untuk meratakan kulit belang (c) Shutterstock

Niacinamide atau dikenal juga sebagai vitamin B3 telah menjadi salah satu bahan aktif perawatan kulit yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Bahan ini terkenal karena berbagai manfaatnya bagi kulit, salah satunya adalah meratakan warna kulit wajah belang. 

Dalam mengatasi kulit belang, niacinamide sendiri bekerja dengan menghambat transfer melanin ke permukaan kulit, sehingga mencegah penggelapan lebih lanjut. Selain itu, kandungan ini juga dikenal dapat mencerahkan kulit secara keseluruhan, dengan cara mengurangi produksi melanin dan meratakan distribusinya. 

Dengan penggunaan rutin skincare yang mengandung niacinamide, seperti handbody untuk meratakan kulit belang, penampilan kulitmu pasti akan lebih cerah dan nggak belang. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakan produk yang mengandung niacinamide sebagai cara menghilangkan belang di wajah akibat berjilbab.

6. Gunakan Sunscreen Secara Rutin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa paparan sinar matahari dapat menjadi penyebab utama kulit wajah belang. Nah, untuk mencegahnya semakin parah, penting sekali untuk menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan. Produk skincare ini dapat berguna untuk menangkal paparan sinar UV matahari, yang pada dasarnya memiliki banyak sekali dampak buruk bagi kulit. 

Penggunaan sunscreen dalam meratakan kulit wajah belang ini memang begitu penting. Bahkan pada saat cuaca mendung pun, produk ini tetap harus digunakan. Sebab, sinar UV matahari masih bisa menembus awan dan mempengaruhi kulit kamu. Maka dari itu, untuk cara menghilangkan kulit belang di wajah dan bagian tubuh lainnya, kamu nggak boleh sekali-kali melewatkan produk sunscreen dalam rangkaian sunscreen sehari-hari. 

Namun, apabila nggak ingin menggunakan sunscreen karena alasan tertentu, kamu bisa saja memanfaatkan handbody untuk meratakan kulit belang yang mengandung UV protection di dalamnya. 

7. Gunakan Handbody untuk Meratakan Kulit Belang

Body Lotion
Ilustrasi/copyright shutterstock

Cara mengembalikan warna kulit tangan yang belang selanjutnya adalah dengan menggunakan handbody. Skincare satu ini berfungsi melembapkan kulit secara mendalam, membuatnya lebih halus dan elastis. Dengan menjaga kelembapan, kulit pun akan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk memperbaiki dirinya sendiri, sehingga warna kulit dapat terlihat lebih merata seiring bertambahnya waktu.

Untuk berapa lama kulit belang kembali normal setelah menggunakan handbody sebenarnya juga sangat bervariasi, dengan rentang waktu mingguan hingga bulanan. Semakin rutin dan intens penggunaannya, maka semakin cepat pula pemulihan kulit belang yang terjadi.

8. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Kulit wajah belang nyatanya juga bisa dihilangkan dengan rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Ya, nutrisi seperti antioksidan sendiri memiliki peranan yang penting untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan pigmentasi nggak merata.

Untuk cara mengembalikan warna kulit tangan yang belang, kamu bisa mengonsumsi aneka makanan dengan kandungan antioksidan, seperti buah beri, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain dengan antioksidan, kamu pun juga bisa menyantap aneka makanan yang kaya vitamin C dan E untuk membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak, serta sebagai cara menghilangkan kulit belang di wajah yang efektif.

9. Aplikasikan Minyak Kelapa

Bumbui talenan dengan minyak kelapa
Minyak Kelapa. (Foto: Freepik/jcomp)

Cara mengembalikan warna kulit tangan yang belang berikutnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan minyak kelapa. Apakah kulit belang bisa kembali normal dengan pemakaian rutin minyak kelapa? Jawabannya bisa banget. Di dalam minyak kelapa sendiri terkandung berbagai khasiat yang baik bagi kesehatan kulit, misalnya saja seperti antiinflamasi, antioksidan, hingga kemampuan melembapkan yang baik.

Dengan semua itu, tentunya minyak kelapa dapat diandalkan untuk membantu kulit pulih dari kerusakan, mencerahkan noda, dan merangsang regenerasi sel. Selain itu, penggunaan rutin minyak kelapa pun juga bisa menjadi bagian dari perawatan kulit sehari-hari untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan warna kulit merata. Namun, hasilnya mungkin memerlukan waktu dan konsistensi, jadi kesabaran dalam pemakaian adalah kunci. Yuk, terapkan cara menghilangkan belang di wajah akibat berjilbab yang satu ini.

10. Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengembalikan warna kulit tangan yang belang yang nggak kalah pentingnya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Nyatanya, kulit yang terhidrasi dengan baik akan lebih sehat dan membuatnya tampak cerah. Oleh karena itu, cara menghilangkan kulit belang di wajah bisa kamu coba dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Melakukannya secara rutin tentu akan dapat membantu kulit kamu tetap lembap, mencegah kekeringan, dan mempercepat proses penyembuhan area kulit yang belang.

Well, itulah dia sejumlah tips ampuh dan mudah untuk mengatasi warna kulit belang. Meratakan warna kulit yang belang sendiri memang membutuhkan waktu dan konsistensi. Namun, dengan perawatan yang tepat menggunakan produk skincare, bahan-bahan alami dan perubahan gaya hidup, kulit yang belang pasti bisa kembali cerah dan merata. 

Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan sunscreen. Semoga tips di atas bermanfaat untuk kamu!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya