Turun di SEA Games 2023, 5 Pegolf Bersaing Rebut Emas PON Aceh-Sumut 2024

Lima atlet golf yang menjajal SEA Games 2023 Kamboja turut berpartisipasi dalam ajang Pekan Olahraga Nasional PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024. Para pegolf ini akan bertanding melawan 79 peserta lainnya yang mewakili daerah masing-masing.

oleh Rahmat Fathurahman diperbarui 13 Sep 2024, 22:30 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 22:30 WIB
Ilustrasi lapangan golf (iStockphoto)
Ilustrasi lapangan golf (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Lima atlet golf yang menjajal SEA Games 2023 Kamboja turut berpartisipasi dalam ajang Pekan Olahraga Nasional PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024. Para pegolf ini akan bertanding melawan 79 peserta lainnya yang mewakili daerah masing-masing. 

Ketua Panitia Pelaksana cabor golf PON 2024 Ichsan Hakim Batubara menyampaika,n bahwa persaingan akan semakin seru dengan hadirnya atlet-atlet yang sudah berpengalaman di tingkat Asia Tenggara. "Kelima atlet ini tentunya membawa pengalaman berharga dari SEA Games dan akan menjadi lawan tangguh bagi peserta lainnya," ujarnya.

"Dari 84 golfer, ikut ambil bagian lima pegolf SEA Games Tahun 2023 di Kamboja. Mereka mewakili masing-masing daerah," kata Ichsan saat ditemui di Royal Sumatera Golf Course, Medan, Sumatera Utara.

Lima atlet muda yang siap bersinar di ajang PON Aceh-Sumut 2024 disebutkan, yakni Rayhan Abdul Latief (Sumatera Utara), Amadeus Christian Susanto (Jawa Tengah), Randy Arbenata Bintang (Jawa Barat), Kristina Natalia Yoko (DKI Jakarta), dan Rayi Geulis Zullandari (Jawa Barat).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Telah Mencatatkan Rekor di Berbagai Pengalaman

Sejarah Tercipta, 2 Pegolf Indonesia Kawinkan Gelar di Kejuaraan Dunia Junior
Prestasi membanggakan diukir dua pegolf muda Indonesia, Rayhan Abdul Latief dan Elaine Widjaja pada Kejuaraan Dunia Golf Junior, Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship 2024.

Pertandingan golf PON 2024 sudah mulai digelar sejak 12 hingga 18 September 2024, dengan hari pertama menampilkan persaingan ketat di nomor perorangan putra dan putri.

Pada nomor perorangan putra, Rayhan dan Randy berada di posisi T7 klasemen sementara ronde pertama, masing-masing mencatat 74 pukulan, atau dua pukulan di atas par. Meski belum ideal, masih ada banyak peluang bagi keduanya untuk memperbaiki posisi dan bersaing memperebutkan medali di ronde-ronde berikutnya.

Amadeus saat ini menempati posisi T12 dengan total 75 pukulan, atau tiga pukulan di atas par. Jumlah par yang ditetapkan untuk pertandingan ini adalah 72, jadi setiap pukulan benar-benar menentukan nasibnya di klasemen. 

Sementara di nomor perorangan putri, Kristina memimpin dengan 72 pukulan, tepat di par. Sementara itu, Rayi berada di posisi T12 dengan 79 pukulan, tujuh di atas par, namun masih memiliki peluang untuk memperbaiki posisinya di pertandingan selanjutnya.

Menurut Nino Nasution, Ketua Bidang Pertandingan Panitia Pelaksana Golf PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, para atlet yang berkompetisi adalah yang terbaik dari masing-masing provinsi. Mereka datang dengan semangat tinggi, membawa nama baik daerah, dan siap bersaing ketat untuk meraih prestasi, menjadikan ajang ini sebagai unjuk kemampuan dan kebanggaan.

"Memang mereka ini yang top, terutama yang dari DKI, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Kalau Untuk turnamen internasional saya rasa memang sudah rutin mereka ikut," ucap Nino dalam kesempatan terpisah, dilansir oleh ANTARA NEWS.

 


Beberapa Peserta Telah Bermain di Laga Internasional

Ilustrasi bermain golf (pixabay)
Ilustrasi bermain golf (pixabay)

Dengan 84 pegolf yang turut serta, hampir semua atlet di ajang ini memiliki pengalaman di turnamen internasional, membawa nama Indonesia ke pentas dunia.

PON XXI 2024 akan berlangsung selama tiga hari, dari 12 hingga 14 September 2024, dan akan menampilkan dua kategori utama: perorangan putra dan perorangan putri.

Pada 15-16 September 2024, siap-siap untuk menyaksikan pertandingan yang mendebarkan di kategori beregu putra dan beregu putri. Atlet golf dari 23 provinsi akan bersaing dengan penuh semangat dan strategi untuk meraih kemenangan.

Tak kalah serunya, pada 17-18 September 2024, kita akan melihat aksi menarik di kategori foursome putra, foursome putri, dan mix foursome. Di sini, kerjasama tim dan keahlian individu akan diuji dalam setiap pukulan dan strategi. Dengan tujuh medali emas, perak, dan perunggu diperebutkan di setiap kategori, persaingan akan semakin ketat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya