Kisah Tragis TikToker Palestina di Gaza yang Dibunuh Tentara Israel Setelah Buat Konten Soal Bertahan Hidup di Tenda

Medo Halimy, seorang TikToker Palestina berusia 19 tahun terkenal dengan catatan hariannya tentang bertahan hidup di tenda selama perang di jalur Gaza.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 01 Sep 2024, 07:00 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 07:00 WIB
Tenda-tenda Pengungsi Palestina Padati Tepi Pantai
Sementara itu, WHO menyatakan, pihaknya mengirimkan satu juta vaksin polio ke Gaza setelah virus polio ditemukan dalam sampel limbah. (AP Photo/Abdel Kareem Hana)

Liputan6.com, Jakarta Hari itu adalah hari lain dari genosida Israel di Gaza yang terkepung. Hari lain dari apa yang disebut TikToker Palestina berusia 19 tahun Muhammed Halimy yang akrab disapa Medo, dengan bertahan hidup di tenda.

Seperti yang sering ia lakukan dalam video yang mendokumentasikan absurditas kehidupan yang biasa-biasa saja di daerah kantong yang diblokade Israel itu. Halimy pada Senin, 26 Agustus 2024 berjalan ke kafe internet setempat yang lebih tepatnya, sebuah tenda dengan Wi-Fi tempat warga Palestina yang mengungsi dapat terhubung dengan dunia luar untuk bertemu dengan teman dan kolaboratornya Talal Murad.

Mereka mengambil swafoto. "Akhirnya Bersatu Kembali," Halimy memberi judul di Instagram dan mulai mengobrol. Kemudian, muncullah kilatan cahaya, kata Murad yang berusia 18 tahun, ledakan panas putih dan percikan tanah. Murad merasakan sakit di lehernya. Halimy berdarah dari kepalanya.

Sebuah mobil di jalan pesisir di depan mereka dilalap api, menjadi sasaran serangan udara Israel. Butuh waktu 10 menit bagi ambulans untuk tiba. Beberapa jam kemudian, dokter menyatakan Halimy meninggal.

"Ia mewakili sebuah pesan," kata Murad pada hari Jumat, yang masih dalam pemulihan dari luka pecahan peluru dan terguncang oleh serangan udara Israel yang menewaskan temannya. Ia mewakili harapan dan kekuatan. Dan seperti biasa, tentara Israel berpura-pura tidak tahu. 

Penghormatan untuk Halimy terus mengalir pada hari Jumat dari teman-teman yang jauh seperti Harker Heights, asal Texas, tempat ia menghabiskan waktu selama setahun pada 2021 sebagai bagian dari program pertukaran yang disponsori oleh Departemen Luar Negeri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Medo Ungkap Kantong Pengungsian yang Terkepung

Perang Israel Palestina di Jalur Gaza
Warga Palestina yang mengungsi akibat pemboman Israel di Jalur Gaza terlihat di tenda-tenda di Kota Khan Younis, Rabu (13/12/2023). Serangan Israel mulai menargetkan kota utama di selatan Gaza, yaitu Khan Younis dan Rafah. (AP Photo/Mohammed Dahman)

"Medo adalah sumber kehidupan di tempat nongkrong... humor, kebaikan, dan kecerdasan, semua hal yang tidak akan pernah terlupakan," kata Heba al-Saidi, koordinator alumni untuk program Pertukaran dan Studi Pemuda Kennedy-Lugar.

Ia ditakdirkan untuk menjadi orang hebat, tetapi ia meninggal terlalu cepat. Pembunuhannya juga memicu curahan kesedihan di media sosial, di mana para pengikutnya mengungkapkan keterkejutan dan kesedihan seolah-olah mereka juga telah kehilangan seorang teman dekat.

"Kami bekerja sama, itu adalah semacam perlawanan yang saya harap dapat terus berlanjut," kata Murad yang bekerja sama dengan Halimy dalam The Gazan Experience, sebuah akun Instagram yang menjawab pertanyaan dari para pengikut di seluruh dunia yang mencoba memahami kehidupan mereka di daerah kantong yang terkepung, tempat yang tidak dapat diakses oleh jurnalis asing. 

Halimy meluncurkan akun TikTok miliknya sendiri setelah berlindung bersama orang tuanya, empat saudara laki-laki dan perempuannya di Muwasi, wilayah pesisir selatan yang telah ditetapkan Israel sebagai zona aman kemanusiaan. Mereka telah melarikan diri dari invasi Israel ke Kota Gaza, selatan Khan Younis sebelum melarikan diri dari pemboman lagi menuju perkemahan yang berdebu.


Ungkap Realita Kehidupan di Gaza

Tenda-tenda Pengungsi Palestina Padati Tepi Pantai
Deir al-Balah di Jalur Gaza telah menjadi tempat berlindung bagi warga Palestina yang melarikan diri dari perang antara Israel dengan Hamas di wilayah yang terkepung. (AP Photo/Abdel Kareem Hana)

"Konten Halimy mengejutkan," kata temannya, Helmi Hirez yang berusia 19 tahun.

Dengan mengarahkan kameranya ke detail intim kehidupannya sendiri di Gaza, ia menjangkau pemirsa di mana-mana. Ia juga mengungkap kebosanan yang menjengkelkan yang sebagian besar tidak pernah diliput oleh liputan berita tentang perang.

"Jika Anda bertanya-tanya seperti apa sebenarnya tinggal di tenda, ikutlah dengan saya untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana saya menghabiskan hari saya," kata Halimy dalam buku harian kehidupan tenda pertamanya dari sekian banyak buku harian yang difilmkan dari perkemahan yang luas itu.

Dia merekam dirinya sendiri saat menjalani harinya. Menunggu dengan gelisah dalam antrean panjang untuk mendapatkan air minum, mandi dengan kendi dan ember yang tentu saja tidak ada sampo atau sabun.

Ia mencari bahan-bahan untuk membuat baba ganoush yang sangat lezat, saus terong asap khas Timur Tengah. Seringkali ia kagum dengan kreasinya dan menjadi sangat, sangat bosan lalu saya kembali ke tenda, dan tidak melakukan apa pun.

Ratusan ribu orang di seluruh dunia terpikat. Videonya menjadi viral, beberapa di antaranya ditonton lebih dari 2 juta kali di TikTok. 


Karyanya Tetap Hidup

Tenda-tenda Pengungsi Palestina Padati Tepi Pantai
Ribuan pengungsi dari Kota Gaza dan bagian utara Jalur Gaza telah mendirikan tenda-tenda hingga menjadi pemukiman yang luas di kota tersebut, termasuk di sepanjang pantai Laut Mediterania. (AP Photo/Abdel Kareem Hana)

Bahkan saat menceritakan tragedi neneknya meninggal, dia menyebutkan pada satu titik, sebagian besar karena kekurangan obat-obatan. Ia mengungkap bahwa peralatan yang parah di Gaza atau khawatir atas pemboman Israel.

Teman-teman Halimy mengatakan bahwa dia menemukan obat mujarab dalam menyalurkan kesedihan dan kecemasannya ke dalam humor datar. Sangat menyebalkan, katanya sambil memutar mata saat dengungan pesawat nirawak Israel mengganggu salah satu video resep TikTok-nya.

"Kami tetap bermain, katanya tentang permainan Monopolinya, saat suara proyektil Israel terdengar di langit di atasnya dan teman-temannya. Pokoknya, saya kalah," seru Halimy 

Dalam video terakhirnya, yang diunggah beberapa jam sebelum ia terbunuh, Halimy merekam dirinya sendiri sedang menulis coretan di buku catatan, halaman-halamannya ditutupi garis-garis hitam misterius. "Saya mulai merancang proyek rahasia baru saya," katanya dari kafe tenda yang kemudian diserang Israel, dengan nada yang sama seperti yang selalu ia gunakan, sebagian bercanda, sebagian serius.

Medo Halimy mungkin telah pergi, tetapi karyanya tetap hidup. Dalam dunia yang penuh dengan kekerasan dan ketidakadilan. Kisah hidupnya adalah pengingat tentang kekuatan kemanusiaan dan ketahanan dalam menghadapi kesulitan. Melalui video-videonya, Halimy menunjukkan kepada dunia sisi lain dari Gaza yang jarang terlihat. 

 

Infografis Tragedi Kemanusiaan 3.000 Lebih Anak Meninggal di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tragedi Kemanusiaan 3.000 Lebih Anak Meninggal di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya