Interior Rumah Bernuansa Liburan Jadi Tren, Bisa Menyatukan Ruang Tamu, Keluarga dan Pantry

Tajuk Summer Home dipilih pameran The Colours of Indonesia untuk menciptakan suasana liburan baik di rumah utama maupun di rumah kedua. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan akan ruang yang lebih leluasa di rumah.

oleh Henry diperbarui 07 Sep 2024, 09:01 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2024, 16:00 WIB
Pameran interior rumah The Colours of Indonesia (TCOI) Chapter VI bertajuk Summer Home.
Pameran interior rumah The Colours of Indonesia (TCOI) Chapter VI bertajuk Summer Home.  (Liputan6.com/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Pameran karya 12 desainer interior ternama yang tergabung dalam ID12 digelar di Main Atrium Senayan City, Jakarta pada 1-15 September 2024. Bertemakan “Summer Home,’ The Colours of Indonesia (TCOI) Chapter VI , pameran yang juga menggandeng perusahaan penyedia solusi interior dari Indonesia TACO ini terinspirasi dari konsep rumah kedua atau rumah bernuansa liburan yang jadi tren terbaru.

Pengunjung pameran bakal disuguhkan karya-karya dengan desain yang beragam, mulai dari area ruang tamu dengan gaya kasual dan formal, kamar tidur, bar, hingga spa. Ada 12 desainer yang tergabung dalam ID12,yang menampilkan karyanya di pameran ini yaitu i Agam Riadi, Anita Boentarman, Ary Juwono, Eko Priharseno, Joke Roos, Prasetio Budhi, Reza Wahyudi, Roland Adam, Sammy Hendramianto, Shirley Gouw, Vivianne Faye, dan Yuni Jie.

Tajuk 'Summer Home' dipilih untuk menciptakan nuansa liburan baik di rumah utama maupun di rumah kedua. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan akan ruang yang lebih leluasa di rumah utama, begitupun dengan menciptakan rumah vakansi yang berfungsi untuk menghabiskan waktu liburan bersama.

"Sejak pandemi ada tren baru, sebagian besar dari klien saat ini ingin lebih memiliki rumah dengan area terbuka yang lebih banyak, ruang yang lega supaya bisa lebih leluasa berinteraksi bersama keluarga, atau untuk menjalankan hobi bersama,” terang Sammy Hendramianto S. selaku Interior Designer di SHS Associates, dalam jumpa media di Senayan City, Selasa, 3 September 2024.

Sammy menambahkan, sekarang ini rumah jadi lebih akrab dan hangat untuk dinikmati keluarga inti maupun bersama orang-orang terdekat saja. Termasuk, ada sebagian orang yang membangun rumah kedua yang berfungsi sebagai rumah vakansi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keuntungan Menyatukan Beberapa Ruangan

Pameran interior rtumah The Colours of Indonesia (TCOI) Chapter VI bertajuk Summer Home.
Anita Boentarman dan Sammy Hendriatmo di pameran interior rumah The Colours of Indonesia (TCOI) Chapter VI bertajuk Summer Home. (Liputan6.com/Henry)

"Demand [permintaan] rumah kedua, rumah berlibur, rumah untuk merefleksikan diri, bersantai, dan sebagainya memang sedang banyak dicari dan teman-teman desainer juga mulai banyak mendapatkan pesanan seperti itu," kata Sammy.

Menurut Sammy, penyatuan beberapa ruangan menjadi satu juga termasuk dalam konsep tren terbaru ini. Hal itu juga banyak jadi pilihan karena punya beberapa keuntungan, seperti menghemat peralatan rumah seperti furnitur. Kesan luas bisa tercipta meski ukuran rumah tersebut tidak terlalu besar.

"Siapa bilang konsep ini cuma bisa diterapkan di rumah yang besar, yang ukurannya kecil pun bisa disiasati dengan penyatuan ruangan ini. Misalnya, pantry atau dapur bisa disatukan dengan ruang tamu dan ruang keluarga. Jadi meja pantry bisa digunakan untuk makan, mengobrol atau bahkan menerima tamu sehingga kesannya tidak terlalu formal,” jelas Sammy.

"Dengan konsep seperti ini kita tidak perlu banyak meja lemari atau kursi di dalam ruangan. Makanya kesannya jadi lebih luas jadi memudahkan penghuninya buat berinteraksi atau melakukan banyak aktivitas," tambahnya.


Ruangan Berkonsep Pantai

Pameran interior rtumah The Colours of Indonesia (TCOI) Chapter VI bertajuk Summer Home.
Pameran interior rumah The Colours of Indonesia (TCOI) Chapter VI bertajuk Summer Home. foto: Instagram @taco.id

Sementara itu, satu hal yang menonjol dalam pameran Summer Home adalah terciptanya rumah dengan atmosfer yang beraroma santai, jauh dari kesan formal, serta dapat memberi kenyamanan dan ketenteraman saat diterapkan ke dalam ruang-ruang ciptaan tiap desainer.

Kesan hangat dan jauh dari formal dihadirkan dengan pemilihan dan penggunaan material yang berkesan kasual seperti katun atau linen untuk upholstry. Warna-warna yang dipilih juga memberikan efek natural dan memancarkan kehangatan.

Nuansa liburan juga terasa dalam konsep di beberapa ruangan, salah satunya ruangan mini bar yang berkonsep pantai atau laut karya Anita Boentarman. Interior Designer di Millenia Tata Aria dan Anita Boentarman Studio ini mengatakan banyak mendapat inspirasi dari hobinya yaitu traveling.

"Saya memang suka traveling ke banyak tempat, termasuk ke pantai. Jadi itu saya tuangkan dengan mengahadirkan nuansa pantai dan laut termausk benda-benda dan hewan yang biasa kita jumpai di sana," terang Anita.


Atmosfer Bali dan Prodiuk TACO

Pameran Instalasi Desain Interior Bakal Hadirkan 12 Karya Interior Designer di The Colours of Indonesia
Pameran Instalasi Desain Interior Bakal Hadirkan 12 Karya Interior Designer di The Colours of Indonesia.

"Ada juga rajutan berbentuk tanaman luat yang ditempelkan di dinding, ini warnanya beragam banget dan jadi salah satu highlight di ruangan mini bar ini. Ciri khas lainnya, meja bar dibuat lebih pendek tidak tinggi seperti di bar pada umumnya, supaya kesannya lebih kasual dan tidak terlalu formal," lanjutnya.

Sementara itu, Sammy Hendramianto mendesain instalasi kamar mandi. Seperti dalam pameran-pamerannya yang terdahulu, Sammy selalu memasukkan unsur-unsur keindonesiaan dalam karyanya. Untuk Summer Home, atmosfer Bali akan terasa sebagai referensi dalam karyanya.

Sammy, Anita dan para desainer lainnya di pameran ini menggunakan produk TACO di masing-masing instalasi mereka. TACO merupakan penyedia produk interior seperti lantai vinil dan perangkat furnitur lainnya.

Bagi yang ingin mengunjungi pameran bisa langsung membuka laman The Colours of Indonesia. Kemudian mendaftar dan memilih hari yang diinginkan. Setiap pengunjung akan mendapatkan barcode yang akan menjadi tiket kunjungan. Pameran itu pun tidak dikenakan biaya alias gratis.

Ada sejumlah aktivitas di lokasi, seperti podcast yang berbicara tentang desain dan lingkungannya, ada talkshow, launching buku tentang interior dari salah satu designer interior ID12, lalu ada table discussion juga yang akan dibagikan ke publik berupa video.

 

Infografis desain-desain interior rumah
Infografis desain-desain interior rumah yang bisa menjadi ide untuk menata kembali rumah Anda. (Dok: Liputan6/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya