Flu Unta Merebak, RI Batasi Pengiriman TKI ke Timur Tengah

Penyebaran virus MERS-CoV atau flu unta di Arab Saudi yang tak henti makan korban membuat sejumlah calon jamaah umrah di tanah air khawatir.

oleh Liputan6 diperbarui 12 Mei 2014, 07:00 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2014, 07:00 WIB
Kemkes Tegaskan Warga Medan Bukan Penderita MERS
Kementerian Kesehatan kembali menegaskan bahwa hingga saat ini kasus virus korona belum ada di Indonesia

Liputan6.com, Depok - Penyebaran virus MERS-CoV atau flu unta di Arab Saudi yang tak henti makan korban membuat sejumlah calon jamaah umrah di tanah air merasa khawatir. Mereka pun menanyakan langsung seputar virus tersebut kepada pengelola atau pemilik jasa keberangkatan umrah dan haji.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (12/5/2014), puas mendapatkan jawaban dari pengelola jasa, sejumlah calon jamaah umrah pun menjadi yakin akan kesehatan mereka ketika mengunjungi Arab Saudi nanti.

Sementara itu, upaya antisipasi penyebaran virus MERS-CoV di Indonesia terus dilakukan pemerintah. Melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans), pemerintah kini tengah membatasi pengiriman TKI ke Timur Tengah, khususnya Arab Saudi.

Selain masih berlakunya moratorium untuk perbaikan sistem, langkah pemerintah dengan membatasi pengiriman TKI ke Timur Tengah juga dimaksudkan untuk meminimalisir penyebaran virus MERS-CoV.

Berdasarkan hasil analisa dan pantauan Kemenakertrans, hingga saat ini belum ada satu pun TKI di Timur Tengah yang terinfeksi virus MERS-CoV. (Ndy)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya