Polda: Pesta Rakyat Usai Pelantikan Jokowi Belum Ada Izin

Relawan Jokowi-JK berencana menggelar acara seremonial usai pelantikan keduanya sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 15 Okt 2014, 18:24 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2014, 18:24 WIB
rikwanto

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) berencana menggelar acara seremonial usai pelantikan keduanya sebagai Presiden dan Wakil Presiden, pada 20 Oktober 2014 mendatang. Namun Kepolisian Daerah Metro Jaya hingga kini belum menerima surat izin resmi keramaian terkait adanya acara tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan, izin yang diajukan pihak panitia ataupun grup band yang akan mengisi acara usai pelantikan Jokowi-JK hingga kini belum diterima pihaknya.

"Untuk Slank harus ada izin keramaian. Mereka sedang mengurus. Di kami belum ada pengajuan izinnya yang masuk. Karena kan harus mengurus dulu soal booking tempat, dan pajak," kata Rikwanto di Polda Metro Jaya, Rabu (15/10/2014).

Rikwanto menambahkan, minimal pengajuan izin keramaian diajukan tiga hari sebelum hari H. Namun sampai saat ini kepolisian belum menerima pengajuan izin dari panitia acara.

"Yang jelas kalau mau izin keramaian itu urus pertamanya di Pemda DKI, Dinas Pariwisata, Perpajakan. Setelah itu baru ke kepolisian," tambah Rikwanto.

Acara yang digelar oleh relawan itu diutarakan oleh Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Andi Widjajanto. Ia menjelaskan, serangkaian seremonial itu akan diikuti oleh Jokowi-JK sejak pengambilan sumpah jabatan hingga menghadiri acara Kirab Budaya di Monas, Jakarta Pusat.

Andi menuturkan, terlebih dahulu Jokowi-JK akan menghadiri pelantikan di Gedung MPR/DPR/DPD sekitar pukul 10.00 WIB.

"Yang pertama SBY-Boediyono, Jokowi-JK masing-masing akan ke MPR. Jokowi-JK akan disambut oleh SBY dan Boediyono kemudian mereka akan menyambut para perwakilan luar negeri," kata Andi saat memberikan keterangan pers di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Andi menambahkan, dalam seremonial pelantikan Jokowi-JK juga akan menyampaikan pidato kenegaraan. Pembacaan pidato itu diperkirakan Andi akan berlangsung selama 10 menit. Setelah itu akan ada acara resepsi pertama penyambutan Presiden dan Wakil Presiden.

"Pak Jokowi akan membacakan pidato kenegaraan. Pembacaan pidato ini diperkirakan tak sampai 10 menit, Pak Jokowi telah menyiapkan pidato kenegaraannya," ucap Andi.

Setelah selesai acara resepsi penyambutan Presiden dan Wakil Presiden, kemudian Jokowi-JK langsung menuju Bundaran HI, Jakarta Pusat untuk menghadiri acara Pesta Rakyat yang digelar oleh para relawan.

"Siangnya setelah selesai pelantikan, Pak Jokowi akan masuk ke Istana sekitar pukul 14.00 WIB," tambah Andi terkait acara yang akan diadakan relawan Jokowi-JK usai pelantikan keduanya menjadi orang nomor 1 dan 2 di Indonesia. (Sss)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya