4 Cara Mengolah Paprika untuk Menurunkan Kolesterol secara Alami dan Cepat

Makan paprika dapat membantu menurunkan kolesterol.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 05 Okt 2024, 17:18 WIB
Diterbitkan 05 Okt 2024, 17:18 WIB
paprika
Ilustrasi 4 Metode Mengonsumsi Paprika untuk Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Cepat/Foto oleh Vishang Soni di Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Paprika, sering kali dikenal sebagai bumbu yang memberikan cita rasa dan warna yang menggugah selera pada berbagai hidangan, ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Selain memperkaya rasa masakan, paprika mengandung nutrisi penting yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kandungan beta-sitosterol dalam paprika berperan dalam menghambat penyerapan kolesterol di usus, sehingga membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Memasukkan paprika ke dalam menu harian Anda bisa menjadi langkah alami dan efektif untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi paprika secara rutin dapat menjadi bagian dari strategi diet sehat untuk menurunkan kolesterol.

Selain kaya akan beta-sitosterol, paprika juga mengandung antioksidan, vitamin C, dan serat yang mendukung kesehatan secara keseluruhan. Memanfaatkan paprika dalam berbagai hidangan tidak hanya menambah kelezatan tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Berikut ini adalah empat cara mengolah paprika yang dapat Anda coba untuk membantu menurunkan kolesterol secara alami dan cepat, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu(5/10/2024).


Metode Mengonsumsi Paprika untuk Menurunkan Kolesterol

paprika
Ilustrasi cara makan paprika untuk membantu menurunkan kolesterol. Foto oleh Unsplash/@midmidma

1. Paprika Mentah sebagai Camilan Sehat

Salah satu cara termudah untuk menikmati paprika adalah dengan mengonsumsinya mentah sebagai camilan yang menyehatkan. Iris paprika menjadi bagian-bagian kecil dan nikmati sebagai kudapan di antara waktu makan utama atau saat merasa lapar. Paprika mentah sebagai camilan mengandung banyak serat, vitamin, dan antioksidan, yang semuanya berperan dalam mengatur kadar kolesterol.

2. Tumis Paprika dalam Masakan

Paprika juga bisa ditumis bersama sayuran lain atau daging tanpa lemak sebagai bagian dari hidangan sehari-hari. Tumislah paprika pada suhu tinggi menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa ekstra virgin. Studi menunjukkan bahwa memasak paprika dapat meningkatkan kadar capsaicin di dalamnya, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.


Metode Mengonsumsi Paprika untuk Mengurangi Kolesterol

Paprika
Contoh cara mengonsumsi paprika untuk membantu menurunkan kolesterol. Sumber: pexels.com/Kai

3. Tambahkan Paprika ke Sup atau Salad

Menambahkan paprika ke dalam sup atau salad adalah cara yang lezat untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari paprika. Anda bisa menambahkan potongan paprika segar ke dalam sup sayuran atau sup kacang, atau mencampurkannya dalam salad bersama dengan sayuran lainnya. Ini tidak hanya akan menambah cita rasa pada hidangan, tetapi juga meningkatkan kandungan serat dan antioksidan, yang bermanfaat bagi kesehatan.

4. Buat Saus Paprika Sendiri

Cobalah membuat saus paprika sendiri sebagai alternatif dari saus tomat yang biasa digunakan pada hidangan seperti pasta atau pizza. Campurkan paprika segar dengan bawang putih, minyak zaitun, sedikit garam, dan merica hingga menjadi saus yang halus. Saus paprika ini adalah pilihan yang lebih sehat karena mengandung lebih sedikit gula dan lemak dibandingkan saus tomat. Selain memberikan rasa yang pedas dan unik pada makanan, saus ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya