Jokowi Gunakan Bahasa Indonesia Selama KTT

Selain Jokowi, Presiden Myanmar, Perdana Menteri India, Presiden Korea Selatan, Perdana Menteri Jepang juga menggunakan bahasa nasional.

oleh Liputan6 diperbarui 13 Nov 2014, 17:34 WIB
Diterbitkan 13 Nov 2014, 17:34 WIB
Hadiri KTT ASEAN Myanmar, Jokowi Kembali Ajak Kerja Sama Maritim
(BBC)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sejak12-13 November 2014 menghadiri KTT ASEAN ke-25 di ibukota Myanmar, Nay Pyi Taw.

Selama menghadiri acara tersebut, Presiden Jokowi menggunakan bahasa Indonesia dalam setiap pidatonya. Hal yang sama telah dilakukan saat menghadiri rangkaian acara KTT APEC di Beijing, Tiongkok, pada 10-11 November 2014. Presiden Jokowi selalu menggunakan bahasa Indonesia kecuali saat CEO Summit.

Pada CEO Summit yang dihadiri banyak pemimpin negara adidaya dan pemimpin perusahaan besar, Presiden Jokowi menggunakan bahasa Inggris saat mempresentasikan potensi investasi di Indonesia.

Di luar itu, presiden selalu berbahasa Indonesia pada setiap forum internasional dengan membawa serta seorang penerjemah bahasa Inggris.

Tak hanya Jokowi, sejumlah pemimpin negara yang menghadiri KTT ASEAN juga menggunakan bahasa nasional mereka. Di antaranya tuan rumah acara, Presiden Myanmar U Thein Sein.

Pada pembukaan KTT ASEAN, Presiden Thein Sein berpidato menggunakan bahasa nasionalnya untuk memudahkan peserta konferensi tersebut. Terjemahan pidato Sein dalam bahasa Inggris, ditampilkan di layar LCD besar yang ada di belakangnya. Perdana Menteri India Narendra Modi juga berpidato menggunakan bahasa India.

Begitu juga Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan O-cha yang masing-masing menggunakan bahasa nasional mereka.

Tidak hanya saat  pidato, Presiden Jokowi juga berbahasa Indonesia pada pertemuan-pertemuan bilateral dengan negara sahabat.

Bahasa Inggris hanya digunakan oleh para kepala negara yang memang berbahasa Inggris seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh dan Presiden ASEAN Development Bank (ADB)Takehiko Nakao yang hadir pada KTT ASEAN ini. (Ant/Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya