Menjenguk Rumah Feriyani Lim di Pontianak

Ketua RT dan lurah setempat membenarkan Feriyani Lim beralamat di Gang Suez Dalam No 116, Jalan Tanjungpura, Kota Pontianak.

oleh Aceng Mukaram diperbarui 04 Feb 2015, 20:00 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2015, 20:00 WIB
Feriyani Lim
Rumah Feriyani Lim di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. (Liputan6.com/Raden AMP)

Liputan6.com, Pontianak - Rumah berlantai dua itu tampak sepi. Tak ada aktivitas apa pun di rumah yang terletak di Gang Suez Dalam No 116, Jalan Tanjungpura, RT 005/RW 16, Kelurahan Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Di rumah itulah Feriyani Lim itu tinggal.

Nama wanita pengusaha itu santer diperbincangkan di lini masa media sosial menyusul adanya sejumlah foto mesra yang diduga mirip dia bersama pria yang mirip Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad.

Ketua RT setempat membenarkan Feriyani Lim tinggal di rumah tersebut. "Kalau dia (Feriyani Lim) memang asli sini. Itu rumahnya," kata Ketua RT 005 Rida M di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (4/2/2015) siang.

Rida menjelaskan, sejak kecil Feriyani Lim tinggal di wilayah itu. "Dia kecil di sini. Dia orang baik-baik. Orangtuanya baik. SMP di Pontianak. Habis SMP ke Jakarta. Orangtuanya ke Jakarta. Sejak anak-anaknya ke Jakarta, dia nggak pernah ke sini," ujar Rida.

Sehari-hari, lanjut Rida, Feriyani Lim dipanggil Aling. "Panggilannya Aling di sini. Biasanya panggilan di KTP beda dengan nama panggilan sehari-hari,".

Rida mengaku tidak menyangka jika Feriyani Lim yang disebut-sebut selama ini adalah warganya. "Bahkan kami terkejut pas ada orang nyari ke sini. Ada anggota Polsek Selatan (Pontianak Selatan) datang kemari. Kami shock dengar itu. Saya kaget. Kok yang disebut-sebut ternyata warga kita. Keluarganya baik-baik. Biasa dia main ke tetangga. Cantik dia," ucap Rida.

Di Jakarta, ia berujar, Feriyani Lim jualan baju butik. "Jual baju butik di Jakarta. Kalau bapaknya jualan sembako. Tak terduga sih, kok bisa. Kok bisa seperti itu. Bisa buat data palsu. Bagaimana caranya. Kalau foto syur, saya belum lihat. Kami nggak lihat juga foto syurnya. Kalau seandainya dia ke sini, kami terima. Silakan saja datang. Kami tidak tahu masalahnya apa," imbuh dia.

"Dia orang bagus kok. Mamaknya tinggi besar, Mamaknya cantik," lanjut Rida.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Disebut Pindah Tidak Lapor


Senada dengan Rida, Kepala Kelurahan Benua Melayu Darat Fransiskus X Ijuk membenarkan Feriyani Lim adalah warganya. Bahkan, pihak kelurahan sudah berkunjung ke rumah tersebut.

"Kami sudah ke sana. Memang benar Feriyani Lim tinggal di sana. Tetapi, sudah beberapa tahun ini tidak ada di tempat. Satu sekali setahun pas sembahyang kubur biasanya mereka pulang," papar sang lurah.

Selain itu, Ijuk mengaku sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak. "Monitor dengan ketemu RT setempat dalam setahun ini rumah kosong. Menurut keterangan warga sekitar nggak ada di tempat," kata dia.

Namun demikian, Ijuk menegaskan, Feriyani Lim adalah warganya. "Dia betul warga kami di sini. Kita belum buka data kependudukan apakah sudah menikah apa belum. Karena nggak pernah berurusan dengan pemerintah lurah di sini terkait fakta sebenarnya."

"Lurah lama pun jarang berurusan dengan Feriyani Lim itu. Menurut ketua RT setempat, ada anak, ada bapak. Itu saja. Apa pun arsipnya dari RT, biasanya RT megang. Ya tetap harus dipegang oleh ketua RT. Karena administrasi harus dari RT terlebih dahulu," lanjut dia.

Terkait sosok siapa Feriyani Lim, ia tidak mengetahuinya. "Saya baru mendengar info ini dari media. Saya tahunya baru dua hari ini. Jadi, saya menugaskan ke staf saya untuk melacak siapa Feriyani Lim itu."

Hingga saat ini, ia menjelaskan, ketua RT setempat kewalahan untuk menjawab semua pertanyaan media. "Tidak mengira ini ada kaitan dengan KPK. Sementara status kependudukannya belum jelas. Tapi, dia masih tercatat sebagai warga di sini. Artinya, tidak ada surat pindah dia," urai dia.

Selama ini, Feriyani Lim tidak pernah berurusan dengan pihak pemerintah. "Dia tidak ada lapor pindah. Ini menjadi tanda tanya bagi kita. Mungkin ini akan dibekukan. Karena berapa tahun ini tidak ada laporan. Kita merasa kecolongan kasus ini terkait administrasi. Karena dia tak pernah lapor ke RT setempat," ujar Ijuk.

"Kita pihak kelurahan cross check data. Keputusannya ada di Capil (Catatan Sipil). Kami membantu Capil. Dalam 5 tahun yang lalu belum online. Jadi, ini yang menyulitkan kita," jelas Ijuk.

'Teman' Abraham Samad Muncul ke Publik

Sementara di Jakarta, seseorang yang mengaku teman Abraham Samad, Zainal Tahir tiba-tiba muncul ke publik. Ia mengungkapkan foto mirip Samad bersama seorang wanita mirip pengusaha Feriyani Lim di atas tempat tidur adalah foto asli.  

Saat menggelar konferensi pers di Restoran Pulau Dua, Jakarta hari ini, ia mengaku mengambil foto mesra tersebut menggunakan ponsel Nokia Communicator E90.

"‎Saya iseng-iseng foto pakai HP Nokia Communicator E90," kata Tahir yang juga mantan caleg Partai Nasdem itu dalam konferensi pers, Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Ketua KPK Abraham Samad sebelumnya membantah kebenaran foto mesra mirip dirinya bersama seorang perempuan mirip pengusaha Feriyani Lim yang kini beredar di publik. Bantahan itu mengacu kepada hasil analisis tim forensik internal KPK.

"Tim forensik telah mengidentifikasi ini hasil rekayasa, tim kami bisa dipertanggungjawabkan," kata Abraham Samad saat menggelar jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Senin 2 Februari 2015. (Ans/Yus)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya