Presiden Jokowi Lantik 3 Pimpinan Sementara KPK Jumat

Salah satu pimpinan KPK terpilih, Johan Budi mengaku tak memiliki persiapan khusus jelang pelantikan.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 19 Feb 2015, 20:38 WIB
Diterbitkan 19 Feb 2015, 20:38 WIB
Keputusan Presiden Jokowi Terkait KPK dan Polri
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mensesneg Pratikno (Liputan6/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik 3 pimpinan sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sudah ditunjuk pada Jumat 20 Februari 2015. Mereka yaitu Johan Budi Sapto Prabowo, Taufiequrachman Ruki, dan Indriyanto Seno Aji.

"Jam 08.00 WIB pagi besok. Di Istana," kata Deputi Bidang Pencegahan KPK, Johan Budi di Jakarta, Kamis (19/2/2015).

Johan menambahkan, dia menerima kabar mengenai pelantikan itu dari pihak Istana pada Kamis siang. Ia juga mengaku tak ada persiapan khusus saat pelantikan esok pagi.

"Tidak ada persiapan khusus, biasa saja," ucap Johan.

Presiden Jokowi menunjuk 3 orang menjadi pimpinan sementara KPK. Mereka adalah mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, Indriyanto Seno Adji, dan Deputi Bidang Pencegahan KPK Johan Budi.

Pengangkatan ketiganya menjadi pimpinan sementara KPK akan diatur dalam Perppu yang akan segera dikeluarkan Presiden Jokowi.

"Diikuti dengan penerbitan Keppres pengangkatan 3 orang pimpinan sementara KPK yaitu Taufiequrachman Ruki, Indriyanto Seno Adji dan Johan Budi," jelas Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Rabu 18 Februari 2015.

Presiden Jokowi juga menginstruksikan KPK dan Polri menaati rambu-rambu hukum dan kode etik serta menjaga kehormanisan antarlembaga negara. (Ali/Mvi)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya