21 Kepala Negara Siap Hadiri KAA

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, sampai saat sudah ada 21 kepala negara yang mengkonfirmasi hadir.

oleh Andreas Gerry Tuwo diperbarui 08 Apr 2015, 20:44 WIB
Diterbitkan 08 Apr 2015, 20:44 WIB
3 Poin Keputusan yang Dipertimbangkan di KAA ke-60
Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 yang nantinya akan bertempat di DKI Jakarta dan Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Konferensi Asia-Afrika (KAA) di Jakarta dan Bandung tinggal menghitung waktu. Segala persiapan baik secara substantif maupun infrastruktur terus dikebut.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, sampai saat sudah ada 21 kepala negara yang mengkonfirmasi hadir. Selain kepala negara beberapa wakil pemerintahan serta utusan khusus juga telah memastikan hadir.

"Untuk pertemuan (Konferensi Tingkat Menteri) KTM, (Konferensi Tingkat Tinggi) KTT pada tingkat commemorative summit Konfirmasi terus berlangsung. 54 negara di berbagai tingkatan, 21 kepala negara, 3 wakil kepala negara sisanya tingkat menteri maupun special envoy," ujar Arrmanatha Nasir di kantornya, Rabu (8/4/2015).

Meski demikian pria yang karib disapa Tata itu menyatakan, kemungkinan jumlah kepala negara yang hadir di KAA bakal bertambah. Sebab, secara tidak resmi sudah ada sejumlah pemimpin yang bersedia hadir.

"Beberapa kepala negara telah mengindikasikan secara informal, namun belum bisa disampaikan. Baru bisa dihitung yang akan hadir di KAA," tambah dia.

"Diharapkan akan terus bertambah selama 11 terakhir ini. Sudah ada beberapa mengindikasikan secara lisan, baik kepada Presiden maupun kepada Menlu."

Selain negara Asia-Afrika, Arrmanatha menjelaskan, ada beberapa negara lain di luar dua benua itu yang menyatakan hadir. Di KAA, mereka akan berperan sebagai peninjau. "Ada beberapa negara dari Amerika Latin, Eropa, dan Australia telah disampaikan undangan," tandas Arrmanatha.

KAA ke-60 ini akan dilaksanakan di 2 kota yaitu Jakarta pada 19-23 April dan Bandung pada 24 April. Agenda KAA meliputi "Asia Afrika Bussiness Summit" dan "Asia Africa Carnival".

Tema yang dibawa Indonesia dalam acara yang akan dihadiri 109 pemimpin negara dan 25 organisasi internasional tersebut adalah peningkatan kerja sama negara-negara di kawasan Selatan, kesejahteraan serta perdamaian. (Riz)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya