Pesta Kebun ala Jokowi Sambut Tamu 17 Agustus di Istana

Pemerintah meminta masyarakat memasang bendera Merah Putih selama 5 hari berturut-turut, dari 14-18 Agustus 2015.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 10 Agu 2015, 21:09 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2015, 21:09 WIB
20150810-Sambut HUT RI, Istana Kepresidenan Mulai Dipercantik-Jakarta
Sejumlah pekerja menyelesaikan pemasangan tenda di lingkungan komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/8/2015). Istana Kepresidenan mulai dipercantik untuk menyambut perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-70. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Sepekan menjelang peringatan Kemerdekaan ke-70 RI yang jatuh pada 17 Agustus 2015, Kompleks Istana Kepresidenan di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, mulai bersolek. Tenda tempat pelaksanaan ‎Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka dan untuk acara ramah tamah dan resepsi kenegaraan di lapangan belakang Istana Negara mulai didirikan.

Pantauan Liputan6.com, Senin (10/8/2015), tenda berukuran besar yang terbuat dari bahan plastik tebal berwarna transparan tampak telah berdiri kokoh menutupi seluruh halaman belakang Istana Merdeka. Tenda tersebut terlihat beralaskan tripleks tebal yang nantinya akan dilapisi oleh karpet berwarna merah. ‎‎Tampak pula para petugas pemasang tenda dan tanaman hijau dipasang di langit-langit tenda.

Salah seorang petugas mengatakan, butuh 4 truk berukuran sedang untuk mengangkut tanaman-tanaman yang dipasang di atap tenda. ‎

Sejumlah pekerja menyelesaikan pemasangan tenda di lingkungan komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/8/2015). Istana Kepresidenan mulai dipercantik untuk menyambut perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-70. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Ini karena banyak, jadinya diangkut pakai 4 truk. Ya memang kalau dilihat dari konsepnya, sepertinya ini kayak pesta kebun," ucap petugas.

Warna atap yang transparan, menurut petugas tersebut juga ditujukan agar para tamu yang hadir dapat melihat langit agar lebih terlihat natural. ‎"Tenda ini tembus pandang, jadi malam-malam bisa lihat bintang," kata dia.‎

Sementara di belakang tenda besar, persis di depan Istana Negara terdapat tenda yang lebih tinggi, berukuran 20 x 20 meter. Selain para pekerja yang bertugas memasang tenda, terlihat pekerja lain yang membersihkan taman dan mendekorasi air mancur di depan Istana Negara.‎

Pekerja membersihkan patung di lingkungan komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/8/2015). Istana Kepresidenan mulai dipercantik untuk menyambut perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-70. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Untuk persiapan pelaksanaan upacara, di halaman depan Istana Merdeka telah dibangun tenda dan panggung yang disediakan bagi para tamu yang hadir. Salah satu panggung dibangun di ruas jalan Medan Merdeka Utara yang berada di depan halaman Istana Merdeka.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kementerian Sekretariat Negara, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, 17 Agustus 2015 digelar pukul 10.00 WIB.

Setelah upacara selesai, acara akan dilanjutkan dengan Ramah Tamah Presiden Jokowi bersama para Perintis Kemerdekaan, Veteran, Purnawirawan, Wredhatama, Warakawuri, dan Angkatan 45 di Istana Negara, pada pukul 12.00 WIB.

Pada sore harinya, Presiden kembali akan mengikuti upacara penurunan bendera Sang Saka Merah Putih, di halaman Istana Merdeka, pada pukul 17.00 WIB dan dilanjutkan dengan resepsi kenegaraan di Istana Merdeka, pada pukul 20.00 WIB.

Mensesneg Pratikno selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-Hari Nasional dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/Pimpinan Organisasi Internasional meminta seluruh masyarakat, Instansi Pemerintah, dan Lembaga Swasta mengibarkan Bendera Merah Putih selama 5 hari berturut-turut, dari 14-18 Agustus 2015. (Mvi)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya