Tiba di Istana Merdeka, Ratu Denmark Disambut 21 Dentuman Meriam

Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam dengan dasi merah itu kemudian mengajak Ratu Margrethe menuju lapangan depan istana.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 22 Okt 2015, 11:49 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2015, 11:49 WIB
20151016-Dialog Hangat Presiden Jokowi Dengan Liputan6.com
Presiden Jokowi berbincang selama Wawancara khusus di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/10/2015). Wawancara berhubungan dengan Pemerintahan Jokowi-JK genap berusia satu tahun pada 20 Oktober 2015 nanti. (Liputan6.com/Immanuel Antonius))

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan pemimpin kerajaan Denmark, Ratu Margrethe II beserta Pangeran Consort Henrik di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Ratu dan Pangeran Denmark juga datang untuk membahas sejumlah agenda mengenai kerja sama antara kedua negara.‎

Pantauan Liputan6.com‎, Kamis (22/10/2015), pimpinan kerajaan Denmark itu tiba di Istana pukul 10.40 WIB. Mercedes Benz S600 berpelat 'Denmark'.

‎Kedatangan keduanya disambut Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana dengan upacara penyambutan yang digelar di halaman depan Istana Merdeka.

Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam dengan dasi merah itu kemudian mengajak Ratu Margrethe menuju lapangan depan istana untuk ‎mengikuti upacara penyambutan kenegaraan.

Upacara diawali iringan lagu kebangsaan kedua negara dan bunyi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Dentuman meriam merupakan bagian dari penyambutan tamu negara setingkat kepala negara.

Setelah mengikuti prosesi tersebut, pemimpin kedua negara itu melakukan jajar kehormatan, d‎iiringi korps musik dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Setelah p‎roses upacara penyambutan selesai, masing-masing memperkenalkan satu per satu para menteri atau pejabat yang hadir.

Beberapa menteri yang diperkenalkan Jokowi, yaitu Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. ‎

Setelah mengenalkan para menteri di Kabinet Kerja, giliran Ratu yang memperkenalkan rombongannya. Ada lebih dari empat menteri atau pejabat setingkat menteri dikenalkan olehnya kepada Jokowi.‎

Makan Malam

Usai sesi perkenalan yang dilakukan di halaman depan Istana Merdeka itu, kedua rombongan delegasi selanjutnya masuk ke dalam ruang pertemuan Istana Merdeka.

K‎unjungan kenegaraan ini akan didahului dengan pertemuan formal yang dilakukan di dalam ruang pertemuan. ‎‎Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara pemerintah Kerajaan Denmark dengan pemerintah RI.

Selanjutnya para tamu bakal menikmati j‎amuan makan malam bersama pada pukul 20.00 WIB di Istana Negara. Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge dalam program The Ambassador Liputan6.com mengatakan Kedatangan Ratu dan Pangeran Denmark merupakan yang pertama kalinya ke Indonesia.

"Faktanya, ini merupakan kunjungan kenegaraan pertama Denmark ke Indonesia. Anda bisa bayangkan, dalam hubungan yang terbina 65 tahun, itu adalah bagian terpenting," kata Casper.

Kunjungan tersebut adalah hal yang istimewa. Pasalnya, Ratu hanya melakukan satu atau dua kunjungan kenegaraan per tahun. "Fakta menarik lainnya, beliau hanya satu kali mengunjungi satu negara dan tidak akan pernah kembali lagi dalam sebuah kunjungan resmi," tambah dia.

Selain ke Jakarta, Sang Ratu juga akan berkunjung ke Surabaya dan Yogyakarta. (Ndy/Yus)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya