Uji Coba Balap Sepeda Tour de Jakarta, Transjakarta Terganggu

Sofiyan, pengemudi bus Transjakarta, mengaku tidak ada pemberitahuan dari kepolisian terkait kegiatan ini.

oleh Liputan6 diperbarui 30 Jul 2016, 10:20 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2016, 10:20 WIB
Gangguan Transjakarta
Sofiyan, pengemudi bus Transjakarta mengaku tidak ada pemberitahuan dari kepolisian terkait kegiatan ini. (Liputan6.com/Winda Priscillia Lee)

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 19 regu balap sepeda Tour de Jakarta melakukan uji coba di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Akibatnya, perlintasan bus Transjakarta sedikit terganggu. Sebab, polisi menutup ruas jalan mulai dari Jalan MH Thamrin sampai Sudirman.

"Kok ini jalan ditutup enggak dikasih tahu? Terus kita lewat mana ini?" tanya sopir bus Transjakarta rute Poris Tangerang-Bundaran Senayan, kepada rekannya melalui telepon genggam, Sabtu (28/7/2016).

Sofiyan, pengemudi bus Transjakarta lain juga mengaku jajaran Polda Metro Jaya tidak menginformasikan kepada pengemudi Transjakarta terkait hal ini.

Para pengemudi bus Transjakarta yang tidak tahu informasi ini umumnya dari luar Jakarta seperti koridor Poris Tangerang-Bundaran Senayan, BSD-Grogol, Bekasi Barat-Tosari ICBC, dan Bekasi Timur-Grogol.

"Iya, kalau yang di Jakarta dikasih tahu, ada infonya. Tapi yang dari Tangerang sama Bekasi enggak tahu sama sekali," tandas Sofiyan.

Beberapa penumpang yang hendak berangkat kerja sempat mengeluh kepada pengemudi Transjakarta. "Ini saya kerja jam 8.30 bang. Bisa diturunin aja di sini enggak?" tanya penumpang bus Transjakarta yang terjebak kemacetan di Bundaran Senayan, Jakarta.

Akibat penutupan ini, semua bus Transjakarta yang datang dari arah Tangerang dan Bekasi, mengalami keterlambatan selama kurang lebih satu jam.

"Mengganggu sekali, ya. Kalau ada pemberitahuan sebelumnya kan kita bisa lebih awal berangkatnya," keluh Yanti, pegawai restoran di kawasan Sudirman.

Sementara, Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Budiyanto menuturkan, penutupan jalan ini dilakukan guna memperlancar uji coba balap sepeda ini.

"Untuk memperlancar kegiatan kita lakukan rekayasa arus lalu lintas. Anggota disiagakan di Jalan Sudirman-Thamrin. Ada juga yang melakukan pengawalan rute pengamanan, patroli, melakukan buka-tutup arus lalin, dan pengaturan parkir kendaraan," ungkap dia.

Akibat sistem buka tutup ini, empat rute Transjakarta harus berputar cukup jauh, bahkan ada di antaranya yang tidak bisa masuk ke busway. Rute Poris Tangerang-Harmoni misalnya, terpaksa harus berputar ke arah Kuningan terlebih dahulu.

Lomba Tour de Jakarta 2016 ini rencananya akan dimulai pukul 06.30 WIB hingga 11.00 WIB. Adapun jalur yang dilewati adalah Gedung Bank Indonesia, Putaran Patung Arjuna Wijaya Monas, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Jenderal Sudirman.

Lomba balap sepeda yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ikatan Penggiat Olah Raga Sepeda Jakarta (IPSJ) ini diikuti 13 regu dalam negeri dan 6 regu luar negeri. (Winda Prisilia)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya