Kunjungan ke Jepang, Wakapolri Bahas Kerja Sama Atasi Terorisme

Menurut Syafruddin, Polri sangat terbuka tentang kerja sama dengan Kepolisian Jepang.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 08 Des 2016, 07:28 WIB
Diterbitkan 08 Des 2016, 07:28 WIB
20161201-Wakapolri Syafruddin Pimpin Upacara HUT Pol Airud ke-66-Jakarta
Wakapolri Komjen Pol. Syafruddin mengecek pasukan pada upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Kepolisian Perairan dan Udara (Pol Airud) yang ke-66 di Jakarta, Kamis (1/12). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Wakapolri Komjen Syafruddin kunjungan kerja ke National Police Agency atau Kepolisian Jepang, Rabu 7 Desember kemarin. Dalam kegiatan itu, Syafrudin dimintai saran tentang penanggulangan terorisme oleh Commissioner General NPA, Masayoshi Sakaguchi‎.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, disebutkan bahwa kepolisian Jepang ingin meningkatkan kerja sama dalam hal pemberantasan terorisme.

"Kami mohon saran dan teknis, mengingat Tokyo akan menyelenggarakan Olimpiade 2020 supaya lepas dari gangguan teror," ujar Masayoshi.

Menurut Syafruddin, Polri sangat terbuka tentang kerja sama dengan Kepolisian Jepang. Termasuk soal kerja sama penanggulangan terorisme. Ia mengatakan, hal ini juga bertujuan meningkatkan keamanan baik di Indonesia maupun di Jepang.

"Apapun yang kita kerja samakan sampai dengan hari ini bertujuan untuk keamanan RI sendiri," ucap Syafruddin, Rabu 7 Desember 2016.

Di samping itu, sambung Syafruddin, pihaknya juga membahas tentang kerja sama pengamanan di bidang infrastruktur dan transportasi. Polri, masih kata Syafruddin, sangat membutuhkan support dan guidance dari pemerintah Jepang khususnya terkait dengan manajemen keamanan secara khusus.

"Kami mohon komisioner mempertimbangkan kerja sama lanjutan di bidang keamanan transportasi," terang Syafruddin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya