Calo Ikut Manfaatkan Antrean Penukaran Uang di Monas

Antrean panjang penukaran uang di Lapangan IRTI Monas ini dimanfaatkan oleh sejumlah calo.

oleh Winda Ayu Larasati diperbarui 07 Jun 2017, 17:37 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2017, 17:37 WIB

Fokus Indosiar, Jakarta Antrean panjang penukaran uang di Lapangan IRTI Monas ini dimanfaatkan oleh sejumlah calo.

Proses penukaran uang baru dan pecahan yang digelar di IRTI Monas, Jakarta Pusat diwarnai aksi saling dorong. Membludaknya antrean pun kerap dimanfaatkan oleh sejumlah calo.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Rabu (7/6/2017), tidak tertib dan main serobot itulah yang terjadi saat antrean penukaran uang baru yang digelar di IRTI Monas, Jakarta Pusat sejak Rabu pagi. Demi kelancaran penukaran uang, petugas tak lagi menggunakan sistem nomor antrean, melainkan para penukar langsung mengantre ke loket yang tersedia. Jumlah penukaran uang dibatasi yakni Rp 3.700.000 per-orang.

Membludaknya antrean dimanfaatkan sejumlah calo, mereka menjajakan uang baru berbagai pecahan dengan komisi 10 persen dari setiap bundel uang yang ditawarkan.

Sementara itu pihak Bank Indonesia berharap masyarakat memanfaatkan tempat penukaran resmi yang telah disiapkan seperti di lapangan IRTI Monas. Demi mencegah kejahatan seperti uang palsu saat ini Bank Indonesia telah memperbanyak pelayanan dengan menjalin kerja sama dengan perbankan.

Bank Indonesia juga memastikan kecukupan pengedaran uang jelang Hari Raya Idul Fitri. Diprediksi kebutuhan uang jelang Lebaran akan mencapai Rp 167 triliun.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya