Dewan Transportasi: Ganjil-Genap di Cikampek Tidak Efisien

Ketua DTKJ Iskandar Abubakar menilai rencana pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil-genap di Tol Cikampek tidak efisien

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 20 Agu 2017, 19:07 WIB
Diterbitkan 20 Agu 2017, 19:07 WIB
Kemacetan di Tol Cikampek
Kemacetan di Tol Cikampek

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Iskandar Abubakar menilai rencana pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil-genap di Tol Cikampek tidak tepat. Menurut dia, penerapan tersebut tidak efisien.

Sebab, angkutan yang banyak lewat di tol tersebut adalah angkutan barang. "Nanti logistik bisa terganggu, tidak efisien," kata Iskandar saat dihubungi, Minggu (20/8/2017).

Pembatasan kendaraan berdasarkan nomor polisi ganjil-genap direncanakan berlaku pada akhir Agustus 2017. Ruas jalan tol Jakarta-Cikampek akan menerapkannya, dari gerbang jalan tol Bekasi Barat sampai Semanggi, pada jam sibuk.

Iskandar menyebut kebijakan itu bisa saja diterapkan. Hanya saja, pemberlakuannya hanya untuk kendaraan pribadi. "Kecuali angkutan pribadi, masih bisa," ucapnya.

Jalan Tol Cikampek, kata Iskandar, merupakan jalan arteri utama. Lajur itulah yang menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi dan distribusi logistik.

"Kalau diberlakuakan untuk mobil barang karena arteri utama, kan kita butuh pertumbuhan ekonomi, saya enggak setuju," tegas dia.


Saksikan Video Menarik Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya