Menko Puan: Prioritas Pemerintah Majukan Kawasan Perbatasan

Puan mengingatkan kembali bahwa masyarakat yang tinggal di Sota, Merauke, adalah warga Indonesia

oleh Taufiqurrohman diperbarui 29 Okt 2017, 15:00 WIB
Diterbitkan 29 Okt 2017, 15:00 WIB
Menteri Puan
Menko PMK Puan Maharani saat berada di Merauke. (Liputan6.com/Taufiqurrohman)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyempatkan diri berkunjung ke Distrik Sota, Kabupaten Merauke, yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Dia menegaskan, pemerintah yakin kawasan perbatasan akan bangkit menjadi beranda terdepan Indonesia yang berkemajuan.

"Menjadi prioritas pemerintahan saat ini bahwa kita akan mulai masuk dari daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Setiap daerah perbatasan selalu diupayakan agar dibangun sekolah, Puskesmas dan pos lintas batas negara (PLBN)," jelas Puan di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Sabtu 28 Oktober 2017.

Dia menambahkan, pembangunan PLBN yang selesai paling lambat pada 2020 ini sedang diupayakan untuk dipercepat menjadi 2019. Pemerintah juga terus berkomitmen mengembangkan ekonomi daerah-daerah perbatasan sebagai upaya mengurangi kesenjangan antar wilayah.

Di Merauke, Puan membagikan bantuan berupa sembilan paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu hamil, 24 paket PMT untuk balita, dan 150 Paket PMT untuk Anak Sekolah.

Selain itu, juga diserahkan bantuan berupa 10 buah toren air, 50 buah jerigen, 1 buah penjernih air dan tenda posko, 75 paket makanan siap saji, 10 buah hidran air, 10 unit RUTILAHU, Alat Permainan Edukatif, Bantuan Kearifan Lokal sebesar Rp 50 Juta yang akan digunakan untuk membeli peralatan musik serta Program Keserasian Sosial sebesar Rp 109 juta untuk pembangunan balai musyawarah adat, penyuluhan hidup toleransi, dan revolusi mental.

Di akhir sambutan, Puan mengingatkan kembali bahwa masyarakat yang tinggal di Sota adalah warga Indonesia yang merupakan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Anak-anak dan semua yang tinggal disini adalah orang perbatasan. Tapi janganlah sekalipun pernah lupa bahwa kita ini tetap Indonesia," ucap Puan.

Usai memberikan bantuan, Puan dan rombongan bergerak menuju lokasi pembangunan Puskesmas Sota. Dia meninjau pembangunan Puskesmas yang direncanakan akan selesai pada akhir tahun ini.

Turut mendampingi Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Yembise, Kepala BNPB, Kepala BKKBN, Anggota DPR Alfia Reziani, dan pejabat daerah setempat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya