DPRD DKI Minta Program Wisata Halal Anies-Sandi Dikaji Ulang

DPRD DKI tak mau ada pertentangan antara konsep syariah dan bisnis yang dijalankan Pemprov DKI.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 02 Nov 2017, 15:39 WIB
Diterbitkan 02 Nov 2017, 15:39 WIB
20160217-Gerindra DKI Jakarta Mulai Dekati Ahmad Dhani
Anggota DPRD DKI Jakarta Syarief bersama artis Ahmad Dhani (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berencana menerapkan wisata halal atau halal tourism. Salah satu konsepnya adalah dengan memperbanyak hotel-hotel syariah.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi A DPRD, Syarief, meminta Sandi mengkaji ulang rencana tersebut.

"Feasibility-nya (kelayakannya) bagaimana? Kalau untuk menegakkan yang berbau syariah sih kita setuju saja. Tapi tolong dikaji feasibility-nya, dalam konteks bisnis apa," ujar Syarief di Gedung DPRD, Kamis, (2/11/2017).

Dia menyatakan, konsep syariah akan bersinggungan dengan bisnis. Padahal, DPRD tak mau ada pertentangan antara konsep syariah dan bisnis yang dijalankan Pemprov DKI.

"Saya khawatir saja kalau feasibility-nya enggak oke. Nanti yang disalahkan syariahnya. Jadi lebih baik kaji matang dulu," ujar dia.

Sebelumnya, Sandiaga berencana menggabungkan program Ok Oce, hotel syariah dan ekonomi syariah seperti di luar negeri.

"Untuk mendorong hadirnya semangat baru untuk konversi hotel-hotel yang sekarang operasi konvensional untuk melirik di mana perhotelan syariah yang sekarang booming di Bangkok dan KL (Kuala Lumpur) dan mulai tumbuh di Seoul dan Tokyo," ujar dia.

Sandi ingin Jakarta tidak ketinggalan dengan negara lain terkait halal tourism. Saat ini baru beberapa hotel di Jakarta yang menerapkan hotel syariah.

"Beberapa yang sudah saya kunjungi langsung seperti Hotel Sofyan di Tebet maupun yang di Menteng itu (syariah), ada juga beberapa hotel yang ada di wilayah Jakarta Timur,’' ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berdayakan Eks Pekerja Alexis

Sandiaga sebelumnya juga mengaku telah mendapat masukan soal rencana pengembangan wisata halal

Salah satu program wisata halal adalah hotel syariah. Sandiaga pun berencana melatih para mantan pekerja Alexis agar bisa terlibat dalam program itu.

"Salah satu kegiatannya adalah bantu Pemprov, begitu kami dapat daftar nama staf Hotel Alexis, grup yang harus di training (latih), MES sudah bersedia bersama Pemprov menjadi pendamping konsultasi dan advokasinya. Akan di-retrain dan akan disalurkan pada hotel berbasis syariah yang sedang berkembang," ucap Sandi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya