KPK Lantik 2 Pejabat Baru Siang Nanti

Sementara untuk posisi Direktur Penyidikan, KPK belum mendapatkan sosok yang tepat untuk menduduki jabatan tersebut.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Apr 2018, 07:45 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2018, 07:45 WIB
KPK Tetapkan Komisi V DPR RI Yudi Widiana Tersangka TPPU
Suasana saat Juru Bicara KPK Febri Diansyah gelar konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (7/2). KPK menduga Yudi beberapa kali menerima hadiah atau janji dari Direktur PT Cahaya Mas Persada So Ko‎k Seng alias Aseng. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melantik dua pejabat baru, yaitu Deputi Bidang Penindakan dan Direktur Penuntutan di gedung KPK, Jakarta, Jumat siang.

"Kami sampaikan, besok sekitar pukul 14.00 WIB dilakukan pelantikan terhadap dua pejabat KPK. Dua pejabat ini dipilih oleh pimpinan KPK setelah mengikuti proses seleksi sebelumnya," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis 5 April 2018.

Sebelumnya, lanjut dia, terdapat 10 calon Deputi Bidang Penindakan yang diterima KPK dari institusi kepolisian dan Kejaksaan Agung.

"Dari 10 calon yang kami terima dan diproses seluruhnya, baik dari kepolisian dan kejaksaan, pimpinan sudah menentukan satu orang yang menduduki jabatan Deputi Bidang Penindakan tersebut," kata Febri.

Selain itu, Febri menyatakan hari ini lembaganya juga akan melantik Direktur Penuntutan.

"Kedua juga akan dilantik besok satu orang Direktur Penuntutan, ini proses seleksi sudah berjalan sebelumnya. Pimpinan memutuskan satu orang sebagai Direktur Penuntutan, besok dilantik," ucap Febri.

Sementara untuk posisi Direktur Penyidikan, KPK belum mendapatkan sosok yang tepat untuk menduduki jabatan tersebut.

"Jadi, nanti akan dipelajari lebih lanjut, kemudian pimpinan melakukan proses seleksi ulang terhadap posisi itu," ungkap Febri seperti dikutip Antara.

Namun, dia belum bisa merinci lebih jauh soal nama-nama yang akan menduduki posisi sebagai Deputi Bidang Penindakan dan Direktur Penuntutan itu. "Soal nama, besok ya agar bisa kami lihat semua," kata Febri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Deputi Bidang Penindakan

Heru Winarko
Kepala BNN Irjen Pol Heru Winarko memberi sambutan dalam acara Kenal Pamit di Gedung BNN, Cawang, Jakarta, Senin (5/3). Heru menggantikan Komjen Pol Budi Waseso atau Buwas yang mulai pensiun. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Berdasarkan informasi, Deputi Bidang Penindakan KPK akan dijabat oleh Brigken Pol Firli yang saat ini sebagai Kepala Kepolisian Daerah Busa Tenggara Barat (NTB).

Sebelumnya, KPK telah mengumumkan 13 calon Deputi Bidang Penindakan dan Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK yang berasal dari institusi Polri dan Kejagung.

KPK pun telah melakukan sesi wawancara terhadap tiga calon Deputi Bidang Penindakan KPK. Tiga calon Deputi Penindakan KPK itu antara lain Brigjen Pol Firli dari Polri serta dua calon dari Kejaksaan Agung masing-masing Wisnu Baroto dan Witono.

Posisi Deputi Bidang Penindakan KPK sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol Heru Winarko yang telah dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala BNN menggantikan Komjen Pol Budi Waseso yang memasuki masa pensiun. Heru menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK sejak 15 Oktober 2016.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya