PAN: Prabowo Capres Terkuat Koalisi Umat

Hanafi menegaskan, partainya belum menentukan dukungan apakah akan bergabung dalam barisan koalisi umat atau masih dalam koalisi pendukung Jokowi.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Jun 2018, 17:23 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2018, 17:23 WIB
Hanafi Rais
Wakil Ketua Komisi I dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Hanafi Rais, menilai Prabowo Subianto jadi capres terkuat yang diusung koalisi umat. (Liputan6.com/Andina Librianty)

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab mengusulkan dibentuknya koalisi umat yang terdiri dari Partai Gerindra, PKS, PAN dan PBB. Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais mengatakan sejauh ini sosok paling kuat yang diusung capres 2019 koalisi umat yaitu Prabowo Subianto.

"So far Pak Prabowo yang paling kuat. Nanti secara resmi kan masing-masing partai setelah membangun koalisi pasti akan deklarasi capresnya. PAN misalnya so far capresnya adalah Pak Zulkifli Hasan (Ketum PAN)," katanya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Hanafi juga ditanya soal Zulkifli Hasan yang lebih menjagokan Gatot sebagai Capres 2019. Menanggapi itu, Hanafi menilai partainya mempunyai karakter yang terbuka terhadap semua kandidat.

"Pak Zul ini kan sosok figur yang baik dengan semua orang. Jadi saya kira Pak Zul apresiasi kepada siapapun calon pemimpin nasional kita kami gak masalah," ucap Hanafi.

Putra Amien Rais ini menambahkan, hingga kini pihaknya belum memtuskan apakah akan bergabung dalam barisan Gerindra, atau tetap berada dalam koalisi pengusung Jokowi. Namun, Hanafi mengisyaratkan, dukungan PAN akan berlabuh pada Prabowo yang dianggap cukup kuat. 

"Nanti ada saatnya, yang penting koalisi partai harus solid dulu, baru kita keluar dengan nama yang resmi. Pak prabowo paling kuat sekarang," tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aspirasi Koalisi Umat

Putra Amien Rais Beri Prototipe Becak Listrik untuk Anies
Putra Amies Rais yang juga anggota DPR RI Hanafi Rais (kiri) mengayuh becak listrik di Jakarta, Minggu (11/3). Hanafi menyatakan, dinamo pada becak tersebut dapat menempuh jarak 40 kilometer dalam sekali mengisi daya. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Lebih lanjut, dia menyambut positif soal adanya koalisi umat ini. Koalisi umat, kata dia juga merupakan aspirasi dari banyak pihak.

"Ya aspirasi banyak orang. Kemudian Habib Rizieq, tentu juga punya pandangan ya dan kalau itu kemudian di proses lebih lanjut di masing masing partai politik melalui mekanisme, ya tentu itu patut dipertimbangkan," kata dia. 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Liputan6.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:  

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya