Warga Ramai Tonton Penangkapan Buaya di Kali Grogol, Ini Imbauan Petugas

Kepala Seksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta, Bambang Yudi mengungkapkan kerumunan warga membuat petugas kesulitan menangkap buaya.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 28 Jun 2018, 17:02 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2018, 17:02 WIB
Warga berkerumun di Kali Grogol, tempat terlihatnya buaya
Warga berkerumun di Kali Grogol, tempat terlihatnya buaya (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan warga berkerumun di Jalan Latumenten, Grogol Petamburan, Jakarta Barat dekat stasiun Grogol. Mata mereka pada tertuju ke Kali Grogol, tempat terlihatnya beberapa buaya.

Enny, seorang warga yang tidak mau ketinggalan mencari kebenarannya soal buaya juga mendatangi Kali Grogol. Dia mendengar omongan warga sekitar rumahnya bahwa ada buaya di sungai tersebut.

"Lagi iseng saja sama anak. Katanya ada buaya. Jadi mau lihat," ucap dia kepada Liputan6.com, Kamis (28/6/2018).

Enny mengaku ini kali perdananya melihat ada buaya yang bersembunyi di Kali. "Biasanya buaya cuma ada di Kebun Binatang aja kan," kata dia.

Sama halnya dengan seorang bocah asal Latumenten, Faisal. Dia mengaku sudah dua hari menyempatkan diri ke Kali Grogol karena penasaran dengan keberadaan buaya.

"Dari kemarin sudah ke sini. Cuma baru kelihatan moncongnya saja belum keseluruhan," ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Seksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jakarta, Bambang Yudi mengungkapkan kerumunan warga membuat petugas kesulitan menangkap buaya.

"Terlalu banyak masyarakat membuat buaya takut," ujar dia.

Dia pun mengimbau warga tidak terlalu mendekat ke lokasi penangkapan buaya. "Warga paling tidak memberi ruang untuk kita jangan mendekat ke jembatan. Kami yakin dengan kondisi tenang cepat sekali akan kita tangkap," kata Bambang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Buaya Muncul di Kali Grogol

Kawanan buaya terlihat di Kali Grogol, Jakarta Barat
Kawanan buaya terlihat di Kali Grogol, Jakarta Barat. (Merdeka.com/Ronald)

Kawanan buaya di Kali Grogol, Jakarta Barat kembali muncul ke pemukaan hari ini, Kamis (28/6/2018). Salah satu orang melihat adalah Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Rompis Romlih.

Dia mengatakan, sejak kemarin, ada tiga ekor buaya yang telihat berenang di Kali Grogol. Jenisnya seperti buaya muara dengan ukuran yang bermacam-macam.

"Ada yang 1,2 meter. Lalu 2 meter, dan 3 meter," kata Rompis, Jakarta, Kamis.

Setidaknya, lanjut dia, ada dua ekor buaya di Kali Grogol kembali menampakkan wujudnya hari ini. Hanya saja, mereka muncul tidak dalam waktu yang bersamaan.

"Tadi jam 9 pagi muncul satu ekor ukuran 2 meter. Tapi cuma sebentar. Kemudian, sebelumnya jam setengah 7 yang ukuran 1,2 meter juga sampet muncul," ujar Rompis.

Dia mengatakan, pencarian terhadap kawanan buaya di Kali Grogol masih dilakukan. Sedikitnya, 24 personel gabungan dari Pemadam Kebakaran dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dikerahkan.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya