Pengganti JPO Bundaran HI Akan Mudahkan Penyandang Disabilitas saat Menyeberang

Monumen tersebut dibangun 1962 oleh Bung Karno untuk menyambut atlet dari mancanegara yang datang untuk mengikuti Asian Games ke IV di Jakarta.

oleh Maria Flora diperbarui 26 Jul 2018, 13:36 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2018, 13:36 WIB

Fokus, Jakarta - Tak lama lagi jembatan penyeberangan orang (JPO) yang berada di Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan dibongkar oleh Pemprov DKI Jakarta. Alasannya untuk memperlihatkan Monumen Selamat Datang yang ada di Bunderan HI.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (26/7/2018), monumen tersebut dibangun tahun 1962 oleh Bung Karno untuk menyambut atlet dari mancanegara yang datang untuk mengikuti Asian Games ke IV di Jakarta.

Sebagai pengganti, akan dibangun pedestrian light controlled crossing, pelican crossing atau penyeberangan yang diatur dengan tombol dan lampu lalu lintas.

Pelican crossing juga diharapkan dapat membuat kaum lansia dan penyandang disabilitas dapat menyeberang dengan leluasa.

"Harapannya di pelican crossing ini, lansia, disabilitas, warga difabel, berkebutuhan khusus bisa menyebrang dengan leluasa. Dan saya akan menugaskan dishub akan selalu berjada di sana selama 24 jam," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pelican crossing juga bersifat sementara. Karena nantinya, para pejalan kaki dapat menyeberang jalan melalui jalur bawah tanah saat proyek MRT selesai dibangun. (Rio Audhitama Sihombing) 

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya